Cara Merawat Burung Flamboyan

Cara Merawat Burung Flamboyan– Bagi teman-teman semuanya khususnya penggemar unggas terutama penggemar burung, tentunya sobat sekalian telah mengenal dengan nama burung Flamboyan ya teman-teman. Mengenai burung flamboyan ini, ia termasuk jenis burung yang mempunyai ukuran tubuh yang kelihatan kecil. Umumnya ukuran tubuhnya ini tak lebih dari 14cm, serta bulu dari burung ini sendiri warnanya kecoklat-coklatan cenderung kemerah-merahan.

Burung tersebut adalah species burung yang kecil, dari keluarga Burung Pellorneidae. Yang habitatnya hanya ada didaerah Indonesia saja. khususnya dipulau Jawa dibagian barat serta tengah indonesia. Nach teman-teman semuanya, sehubungan burung flamboyan ini, sebagai satu diantara burung yang hanya ada diIndonesia. Serta merupakan hewan khas Indonesia. sudah sepantasnya kita melindungi habitatnya atau perkembangbiakan burungnya ya teman-teman.

Jangan berniat untuk melakukan penembakan atau perburuan liar pada burung ini ya teman-teman. Sebab hal semacam itu adalah suatu sikap yang tak terpuji, serta tentu saja dapat menghancurkan ekositem untuk alam. Nach bagi teman-teman semuanya yang benar-benar mau memilki burung jenis flamboyan ini, sah-sah saja ya teman-teman asalkan kalian memang betul – betul menjaganya.

Cara Merawat Burung Flamboyan

Janganlah sampai sobat membeli dipasar namun tidak dirawat, kedepannya akan menyebabkan burung flamboyan mati. Nach teman-teman semua, bagi teman-teman yang memanglah belum memahami bagaimanakah cara merawt burung flamboyan tersebut. sebaiknya teman-teman semuanya memerhatikan penjelasan berikut. sebab penulis Haragaburung.id bakal memberi panduan atau langkah bagaimanakah caranya merawat burung flamboyan. Yok teman-teman sekalian silahkan baca dengan cermat artikel berikut ini.

BACA JUGA :  [Update]Daftar Harga Burung Cabak Terbaru 2022

1. Rawatlah Burung Flamboyan Dari Anakannya

Sebaiknya sobat menjaga burung flamboyan dari sejak umurnya masih bayi ya sob. Ini mempunyai tujuan supaya hubungan antara sobat serta burung falmboyan peliharaan sobat lebih intensif. Sebab jika sobat memeliharanya saat telah berumur dewasa akan tidak menutup kemungkinan burung itu lari dari sangkarnya sebab selain berasa terjebak dalam sangkarnya, burung itu sulit untuk menyesuaikan dengan lingkungan barunya.

2. Mengganti Air Minumnya Secara Rutin

Biasanya air minum yang hendak di minum oleh burung flamboyan ini ialah air biasa teman-teman ya. Namun yang sebaiknya sobat perhatikan ialah kebersihan pada air minumnya itu. Burung falmboyan sebagai jenis burung yang sangat bersih, oleh karena itu lakukan pergantian secara rutin untuk air minum dari burung flamboyan sobat tersebut, tiap harinya.

3. Mengganti Pakannya Secara Rutin

Selain menukar air minumnya secara rutin, pakan yang akan sobat berikan untuk burung flamboyan ini. sobat harus juga gantikan tiap harinya. Meskipun ada tersisa makanannya dalam wadah makanannya, upayakan sobat menggantinya dengan yang baru. Agar supaya burung flamboyan ini terjaga kesehatannya, dan kecintaan sobat terhadap burungnya dapat terjaga.

4. Pengadaan Sangkar Burung Flamboyan

Tempatkanl burung flamboyan dalam sebuah sangkarnya serta tidak digabungkan dengan burung yang lain. Hal ini mempunyai tujuan agar tidak akan terjadinya adu patuk antara burung tersbeut. serta agar supaya lebih terjaganya kesehatan burung.

BACA JUGA :  10 Jenis Burung Branjangan Gacor Populer Di Indonesia

5. Gantunglah Sangkar Burung Sobat di Teras Rumah

Menggantung sangkar burung mempunyai tujuan, supaya burung flamboyan kesayangannya terhembus langsung dengan angin dari luar kandang. Sebab memang pada habitatnya burung ini hidup dialam bebas serta udara sejuk. karena itu semestinya sobat memberinya udara bebas agar burung tidak mudah stress.

6. Menjaga Kebersihan Sangkarnya

Burung flamboyan merupakan golongan species burung yang selalu bersih, karenanya selain untuk menghindari burung flamboyan sobat terkena penyakit, maka semestinya sangkar burung serta seluruh perlengkapannya, selalu harus sobat jaga kebersihannya.

7. Memberinya Vaksin

Selain memberinya makanan serta minuman dengan teratur pada burung flamboyan ini, sebaiknya sobat berikan ia vaksin, hal ini buat mengantisipasi burungnya terkena penyakit unggas yang kerap di alami oleh kebanyakan unggas.

8. Memberinya Vitamin

Selain memberinya vaksin, sobat sebaiknya memberinya vitamin untuk burung flamboyan kesayangan sobat, hal ini buat menstimulasi pertumbuhan bulunya yang berwarna coklat cenderung kemerahan mengkilat itu. karena memang biar pun bagaimana jumlah makannya yang burung tersebut peroleh, akan cenderung lebih sedikit variasinya jika dibanding dengan burung tersebut hidup dialam bebas.

9. Mandikan Burung Flamboyan Sobat Secara Rutin

Agar burung flmboyan sobat bulu-bulunya selalu cerah warnanya, maka dari itu sobat harus juga memandikannya dengan teratur dan secara rutin. tidak hanya manusia saja yang selalu rutin mandi, tapi juga burung flamboyant kesayangannya sobat pastinya.

10. Berikan Jangkrik

Salah satu makan yang banyak disukai unggas khususnya burung ini ialah jangkrik. Nach teman-teman, agar supaya burung flamboyant sobat tidak merasa bosan hanya diberi makanan pellet terus menerus, semestinya berikan ia makanan jangkrik buat burung kesayangan sobat.

BACA JUGA :  Cara Merawat Burung Robin

11. Memberinya Obat Kutu

Nach teman-teman burung flamboyan ini bisa jadi terserang kutu jika sobat tidak menjaganya secara baik. Salah satunya yang penting sobat kerjakan dengan memberinya obat anti kutu terhadap burung sobat. Adapun kutu-kutu ini ialah terhitung jenis serangga yang hinggap serta akan menggerogoti badan burung flamboyan sobat, jadi saat sebelum terjadi hal itu sebaiknya sobat kerjakan pencegahannya ya teman-teman.

12. Mengajak Berkomunikasi

Kerap sering-seringlah berkomunikasi dengan burung flamboyan sobat itu. Maksud berkomunikasi dalam konteks ini ialah mengajaknya bersiul, mengelus-elus bulu-bulunya maupun parunya, agar supaya burung flamboyan sobat bisa ia rasakan hubungan emosionalnya dengan sobat, seperti layaknya hewan-hewan peliharaan sobat yang lain.

13. Proses Pengujian

Kerjakan pengujian dengan teratur serta berkala pada semua anggota badan/tubuh burung flamboyan sobat tersebut. ada banyak kasus burung piaraan yang mati disebabkan karena tidak peka atau mungkin tidak pedulinya sang pemilik burung pada hewan piaraannya itu sendiri.

Kerap kali apabila telah terjadi hewan piaraannya mati, barulah si pemilik burung tersebut menyadari sesungguhnya ada luka atau anggota badan hewan yang memiliki masalah. Nach teman-teman semua, sebelum terjadi hal yang tidak diinginkan tersebut sebaiknya sobat melakukan pengecekan atau pengujian dengan teratur terhadap burung kesayangan sobat itu.

Akhir Kata

Sampai di sini dulu ulasan artikel ini kami buat, terkait dengan Cara Merawat Burung Flamboyan. Sampai jumpa diartikel seterusnya dengan topik yang sangat menarik lainnya, Terimakasih.