5+ Cara Menaikan Emosi Kacer Dengan Cepat Agar Gacor

Punya kacer yang hanya ngeriwik saja saat atau bahkan tidak mau berbunyi sama sekali? Tentu para kicau mania tidak mau hal ini terjadi. Tenang saja, Anda bisa pelajari cara menaikan emosi kacer dengan mudah. Burung kacer yang disukai kicau mania adalah kacer yang mudah emosi dan cepat fighter. 

Maksudnya ketika dihadapkan lawan, kacer bisa segera ngeplay dan membuka ekornya. Namun, mendapatkan kacer yang demikian tidaklah mudah, karena ada perawatan setiap harinya yang tidak boleh ditinggalkan. Lalu kenapa kacer mudah emosi sangat disukai dan bagaimana cara membuat kacer cepat emosi?.

Baca Juga : Cara Merawat Kacer Bakalan

Tujuan menaikkan Emosi Kacer

Cara Menaikan Emosi Kacer Dengan Cepat Agar Gacor
Sumber : petpintar.com

Cara menaikan emosi Kacer mempunyai tujuan supaya ketika ikut lomba kacer bisa fit, dan akhirnya bisa berkicau dengan baik. Jika kacer kurang emosi, maka ketika ada juri yang mendekat, kacer akan ketakutan. 

Asal Anda tahu hal ini bisa terjadi, sebab burung merasa kurang nyaman dengan lingkungannya. Jadi, sebenarnya burung tidak takut dengan juri. Cara efektif adalah menjauhnya burung dari area lomba terlebih dulu.

Cara menaikan emosi kacer

Menaikkan emosi kacer sebenarnya mudah. Namun, Anda harus melakukan dengan penuh kesabaran. Hal ini, karena menaikkan emosi kacer tidak bisa dilatih sekali maupun dua kali. Harus berkali-kali. 

Hal yang penting lagi adalah jangan lupa jemur dan berilah pakan ulat Hongkong sebanyak mungkin. Ada baiknya jangan diberi jangkrik dan kroto dulu, hingga emosi kacer kembali stabil. 

Ada juga perawatan di rumah yang tidak kalah penting, yakni ganti pakan memakai ulat Hongkong dan kurangi mandi juga jemur burung lebih lama. Hal lain yang harus Anda lakukan supaya kacer emosi bisa naik adalah : 

1. Memandikan kacer

Cara menaikan emosi kacer yang pertama adalah mandikan burung kacer. Proses memandikan juga tidak bisa sembarangan, karena proses memandikan yang benar bisa membuat kacer lebih lantang dan merdu ketika berkicau. 

Anda hanya perlu memandikan kacer dengan cara disemprot air memakai sprayer. Sebelumnya setting sprayer supaya bisa mengeluarkan air yang lembut. Anda semprotkan perlahan-lahan dan merata ke seluruh tubuh kacer. Anda bisa memandikan kacer di waktu-waktu yang tepat, yakni antara pukul 8-10 pagi.

2. jemur kacer

Selanjutnya  cara menaikan emosi kacer, Anda bisa lakukan perawatan harian dengan proses penjemuran kacer. Jemur kacer minimal 1-2 jam. Tergantung kebiasaan kacer itu sendiri. Jika ada kondisi tertentu, biasanya burung kacer harus dijemur dengan durasi yang berbeda. Misalnya : 

  • Jemur kacer lebih lama dari biasanya saat kacer tidak mau naik emosi/birahinya karena kegemukan. Kurangi durasi penjemuran saat kacer stres dan sedang over birahi. Cukup jemur 20-30 menitan saja. 
  • Ketika mabung jangan jemur kacer. Anda bisa menjemur kacer saat bulu baru telah lebat dan penjemuran itupun sebaiknya dilakukan ketika awal matahari muncul dan lakukan hanya beberapa menit. 

Baca Juga : Makanan Burung Kacer

3. setting pakan harian

cara menaikan emosi kacer selanjutnya Anda bisa berikan kacer voer dengan kandungan protein yang tinggi. Tujuannya untuk membuat kacer bisa naik birahi dan emosinya. Anda bisa cek kadar protein dalam voer dengan cek nilai gizi yang ada di bungkus belakang voer tersebut. 

Kadar protein yang baik bagi kacer biasanya 12-21%, misalnya voer mengandung protein tinggi adalah chirpy coklat juga topsong coklat. Sebaiknya Anda tambahkan juga sedikit voer dengan kandungan rumput laut demi mendongkrak birahi dan emosi kacer. 

Voer ini paling baik untuk diberikan kepada kacer, utamanya yang kacer tipe dingin. Seperti voer supervit merah yang diracik khusus untuk burung yang ikut lomba. Voer ini dibuat dari full murni EF, contohnya kroto, jangkrik, juga jenis serangga yang lain. 

Jangan lupa berikan EF untuk dongkrak birahi dan paling cepat adalah ulat kandang dan kroto. Kedua jenis EF ini telah banyak dipakai para peternak kacer atau murai agar bisa maksimal menaikkan birahi dan emosi induknya. 

Setiap hari Anda bisa berikan makanan ini, supaya tidak bingung contohlah cara berikut. Minggu pertama pemberian EF bisa ditambahkan kroto 1 sendok teh 3x dalam seminggu. Lanjut di minggu kedua Anda beri kacer 10 ekor ulat kandang beri 3 kali dalam seminggu. 

4. Ajak kacer latihan

Cara menaikan emosi kacer selanjutnya jangan lupa untuk ajak kacer latihan. Tujuannya agar kacer punya mental bakalan untuk lomba. Melatih kacer bisa dengan cara berikut ini: 

  • Lakukan trek supaya kacer lebih fighter
  • Taruhlah kacer di lokasi yang ramai supaya kacer tidak jadi penakut. 
  • Tempatkan di lokasi yang bervariasi, jangan hanya di satu lokasi saja. 
  • Jangan Anda ubah model, bentuk, serta isi sangkar kacer tersebut. 
  • Anda buatkan tangkringan yang nyaman.
  • Sebaiknya sering ajak kacer jalan-jalan. 
  • Berikan juga multivitamin dalam proses pemberian pakan, supaya lebih fighter. 

5. Dekatkan kacer dengan betina

Cara menaikkan emosi kacer selanjutnya bisa Anda lakukan dengan mendekatkan kacer jantan dengan betina. Saat umur kacer sudah dewasa dan mapan, ada hasrat kacer untuk berdekatan dengan lawan jenis. Jadi, tidak ada salahnya Anda carikan betina untuk kacer jantan. 

Biasanya saat kacer kurang birahi dan didekatkan lawan jenis, secara tidak langsung kacer yang kurang birahi akan menaikkan birahi dan emosinya. Bukan hanya didekatkan dengan betina saja, supaya kacer punya mental petarung yang baik, bisa didekatkan dengan sesama kacer. 

Biasanya kacer akan semakin fighter jika dihadapkan dengan kacer lain, karena mereka akan saling berlatih, sehingga punya mental kuat satu sama lain. Selain mendekatkan dengan kacer sejenis, untuk menambah variasi suara dan mental kacer. 

Anda dapat memberikan latihan berkicau sesering mungkin. Caranya mudah, Anda hanya perlu memutar kaset suara menggunakan kicauan burung yang lain. Cara ini bertujuan untuk memasterkan kicauan dengan burung yang lain dan untuk memberikan latihan pemasteran burung. 

Jika latihan ini dilakukan secara rutin, maka kacer bisa mempunyai suara yang bervariasi serta bagus, supaya di gantangan  kalah dengan burung lainnya. 

Cara Menaikan Emosi Kacer Dengan Cepat Agar Gacor
Sumber : wikimedia

5 Settingan Burung Kacer Cepat Emosi dan Gacor

Baca Juga : Jenis-jenis Kacer Terbaik (Bagus untuk Lomba)

Cara menaikan emosi kacer bisa Anda kita simpulkan dengan memberikan settingan berikut ini: 

  1. Memandikan kacer setiap seminggu sebanyak 2 kali. Memandikan sebaiknya dalam keramba dan pakailah spray ketika proses memandikan. Cek jika kacer suka dengan air maka bisa dimandikan agar lama. Jika kacer benci dengan air jangan mandikan kacer terlalu lama. 
  2. Kacer harus rutin dijemur setiap pagi hari. Waktu yang cocok untuk menjemur adalah pukul 07.00-08.00 pagi. Anda jemur di depan rumah di lokasi yang ramai. 
  3. Setting di pakan hariannya, berilah EF (makanan ekstra buat kacer) seperti ulang hongkong, jangkrik, serta kroto. 
  4. Ajak latihan kacer setiap hari dengan cara-cara yang mudah. 
  5. Dekatkan kacer jantan dengan kacer betina, bisa juga dekatkan dengan sesama jenis kacer. Anda bisa juga memutarkan kaset suara burung lain untuk membantu kacer semakin gacor. 

Itulah informasi tentang cara menaikan emosi kacer dengan baik. Semoga membantu.