[Update]Daftar Harga Burung Cabak Terbaru 2022

Pernahkah Anda mendengar nama burung cabak? Burung cabak merupakan salah satu jenis burung yang beraktivitas di malam hari. Biasanya, burung cabak cukup sering dipelihara oleh para pecinta burung. Namun, tahukah Anda berapa harga burung cabak terbaru tahun 2022?

Pada pembahasan kali ini akan dijelaskan beberapa jenis burung cabak dan penjelasan lebih lengkapnya. Selain itu, ada juga beberapa deretan daftar harga terbaru dari burung cabak yang ada di pasaran.

Baca Juga : [Update]Daftar Harga Burung Takur Terbaru 2022

Mengenal Burung Cabak

harga burung cabak

Burung cabak atau dengan nama latinnya yaitu Caprimulgidae dan Podargidae, adalah jenis burung pemakan serangga yang bersifat aktif di malam hari (nokturnal). Ia memiliki beberapa sifat yang berbeda dari setiap jenisnya, mulai dari kebiasaan aktivitas hingga makanannya.

Burung yang biasa mengkonsumsi serangga biasanya melakukan aktivitas sehari­harinya pada siang hari (diurnal), sementara  itu kalau di malam hari disebut nokturnal. Di Indonesia, terdapat beberapa burung yang mempunyai ciri pemakan serangga dan bersifat nokturnal.

Perlu Anda ketahui terlebih dahulu sebelum pada harga burung cabak, bahwa burung cabak memiliki kebiasaan yang unik. Kebiasaan bruung ini yaitu terbang berputar pada waktu sore hari atau dini hari sembari mengeluarkan suara tinggi meratap dan berulang­ulang secara teratur.

Hal ini karena burung cabak tertarik dengan lampu yang ada di perkotaan untuk memburu serangga yang beterbangan di sekitarnya. Ketika siang hari, burung cabak berbaring di atas tanah atau atap gedung.

Burung yang satu ini merupakan burung pemakan serangga yang nokturnal dan terkadang dinilai sebagai burung aneh. Hal tersebut karena bentuknya yang memiliki kaki sangat pendek. Selain itu, kicauannya juga terkesan aneh, bahkan kicauannya pada malam hari menyerupai orang yang sedang mengetuk pintu.

BACA JUGA :  Harga Burung Kicau

Semua jenis burung cabak merupakan pemakan serangga. Uniknya, burung dengan tampilan yang agak berbeda ini memiliki jaring yang terbentuk dair bulu kasar pada sekitar paruh dan berfungsi untuk menangkap serangga saat terbang.

Karakteristik Burung Cabak

Berikut ini merupakan karakteristik yang dimiliki oleh burung cabak.

  • Memiliki panjang sekitar 30 cm dengan rentangan sayap sekitar 50 cm
  • Tekstur bulunya halus, lembut, berbintik, dan berwarna coklat atau abu­abu dan mirip dengan burung hantu
  • Paruhnya berukuran cukup besar

Untuk jenis burung cabak maling, memiliki ukuran tubuh yang agak besar dengan panjang kurang lebih 30 cm dan bulu berwarna coklat keabu­abuan. Lalu, terdapat ciri khas bercak putih pada bagian tengah dari 4 bulu primer terluarnya. Kemudian, ada juga ujung putih yang lebar pada pasangan bulu luar dari bulu ekor.

Pada hewan burung cabak betina, bercaknya berwarna kuning tua, kerongkongan leher bergaris putih dan memiliki suara ketokan sebanyak 3 ketukan. Hal tersebut yang menjadikan burung cabak jenis maling ini cukup aneh.

Mitos Burung Cabak

harga burung cabak

Karena burung cabak memiliki tampilan yang agak nyentrik dan berbeda dari kebanyakan jenis burung lainnya. Maka, tak heran jika burung yang satu ini memiliki harga burung cabak yang bervariasi dan juga mitos yang beredar di masyarakat. Lalu, apa sajakah mitos burung cabak?

1. Pertanda Buruk

Mitos yang pertama ialah ketika ada suara burung cabak terdengar di malam hari, maka menandakan adanya hal buruk yang akan terjadi pada penghuni rumah. Namun, Anda tidak perlu khawatir, karena dalam hal lain menandakan bahwa Anda harus berhati­hati ketika akan melakukan suatu aktivitas.

BACA JUGA :  Cara Mengatasi Burung Kenari Malas Berkicau

2. Kehadiran Hantu

Mitos yang kedua ialah kehadiran hantu atua makhluk halus. Dari bentuk fisik dan suaranya yang agak menyeramkan, ternyata adanya burung cabak di atap rumah menandakan adanya kehadiran sosok makhluk halus.

3. Nasib Buruk

Burung cabak juga dipercaya mendatangkan nasib buruk atau sial kepada penghuni rumah yang memeliharanya. Namun, hal ini pun tidak perlu dikhawatirkan karena ini hanya mitos dan belum tentu terbukti kebenarannya.

Dari penjelasan tersebut, dapat disimpulkan bahwa tampilan buruk cabak yang agak menyeramkan rupanya memiliki mitos tersendiri. Mitos­mitos di atas tidak perlu Anda khawatirkan atau percayai terlalu dalam, sebab beberapa hal tersbeut hanya mitos dan belum tentu terbukti kebenarannya.

Tidak hanya itu saja, mitos di atas juga tidak dapat dijelaskan dengan akal sehat menggunakan logika, sehingga mungkin akan sulit untuk mendapat keterkaitan antara mitos dengan burung cabaknya.

Baca Juga : [Update]Daftar Harga Burung Kemade Terbaru 2022

Daftar Harga Burung Cabak Terbaru

harga burung cabak

Burung cabak memiliki keistimewaan dari warna bulunya yang sangat indah serta kemampuannya ketika terbang yang sangat cepat dan berputar­putar. Dari keistimewaannya tersebut juga yang membuat banyak orang ingin memeliharanya.

Untuk harga burung cabak sendiri berbeda­beda, dan untuk mendapatkannya juga tentu tidak mudah. Berikut ini terdapat beberapa kisaran harga burung cabak yang ada di pasaran.

  • Burung cabak kota anakan : Rp50.000 ­ Rp100.000/ekor
  • Cabak kota betina : Rp150.000 ­ Rp300.000/ekor
  • Burung cabak kota jantan : Rp250.000 ­ Rp600.000/ekor
  • Cabak dewasa : Rp250.000 ­ Rp500.000/ekor

Deretan harga burung cabak di atas merupakan referensi dari toko online yang menjual burung cabak. Harga yang berbeda dipengaruhi oleh sejumlah faktor mulai dari daerah, ukuran tubuh, kualitas burung, dan lain sebagainya.

BACA JUGA :  Cara Membedakan Flamboyan Jantan Dan Betina

Harga burung cabak memang terbilang cukup murah, namun juga tidak terlalu mahal. Burung cabak dengan harga mulai dari 50 ribuan tersebut tentunya sudah menjadikan Anda pemilik burung cabak yang berkualitas cukup baik.

Pastikan ketika Anda sudah memiliki burung cabak di rumah, Anda melakukan perawatan dengan baik dan benar. Hal tersbeut dilakukan agar burung cabak dapat bertahan hidup, tetap sehat, dan juga tentunya tidak mudah cepat sakit.

Makanan Burung Cabak

Burung cabak merupakan burung pemakan serangga, tentu jenis makanannya adalah serangga. Burung yang satu ini sangat menyukai memakan serangga appaun yang ukurannya lebih kecil daripada ukuran tubuhnya sendiri.

Apabila Anda ingin memelihara burung cabak, Anda tidak perlu risau akan pemberian makanannya. Anda bisa memberikan beberapa macam serangga yang biasa Anda temukan di halaman sekitar rumah Anda.

Kunang­kunang adalah serangga yang biasa ditemukan pada malam hari. Berhubung burung cabak merupakan hewan nokturnal, sehingga kunang­kunang menjadi salah satu jenis serangga yang cukup disukai burung cabak.

Selain kunang­kunang, Anda juga bisa memberikannya makanan serangga lain berupa belalang, kupu­kupu, capung, laron, dan jenis serangga lainnya. Pastinya Anda tidak perlu repot­repot untuk mencarikan jenis makanan lain.

Baca Juga : [Update]Daftar Harga Burung Siri Siri Terbaru 2022

Apabila Anda malas mencarikan serangga untuk burung cabak, Anda pun bisa membiarkan burung cabak Anda mencari makanannya sendiri. Jenis makanan burung cabak yang berupa serangga ini tentunya membuat burung cabak menjadi lebih mudah untuk bertahan hidup, sebab memang jenis makanannya adalah yang mudah dan sering dijumpai.

Dari penjelasan tersebut, kini Anda tidak hanya mengetahui informasi mengenai harga burung cabak, tetapi juga lengkap dengan karakter, ciri khas, dan juga jenis makanan dari burnug cabak.