[Update]Daftar Harga Burung Bubut Terbaru 2022

Informasi terkait harga burung Bubut adalah ulasan pilihan bagi Anda yang tertarik untuk memeliharanya di rumah. Karena, sebelum memelihara jenis hewan apapun tentunya Anda wajib menyiapkan segala sesuatunya.

Mengetahui harga hewan peliharaan merupakan salah satu tahap persiapan yang akan Anda lalui. Pasalnya, beberapa hewan peliharaan dijual dengan harga yang lumayan tinggi sehingga Anda perlu menyiapkan budget khusus.

Baca Juga : [Update]Daftar Harga Burung Kedasih Terbaru 2022

Daftar Harga Burung Bubut Tahun 2022

Manfaat mengetahui harga hewan peliharaan yang diinginkan adalah Anda dapat menyiapkan dananya terlebih dahulu. Karena itu, sebelum membelinya langsung, sebaiknya Anda mencari informasi harga terlebih dahulu.

Pada umumnya, harga burung bubut berbeda-beda karena disesuaikan dengan jenisnya. Untuk itu, Anda juga wajib mengetahui fakta burung Bubut agar nantinya tidak ada kesalahan saat membelinya.

Sebelum mengetahui beragam karakteristik yang dimiliki burung Bubut, kini saatnya Anda wajib mengecek daftar harganya. Daftar harga burung Bubut ini nantinya dapat Anda jadikan acuan ketika akan membelinya.

Jenis Burung

Harga

Bubut Jawa Liar Rp50.000
Bubut Anakan Rp50.000
Bubut Bakalan Rp60.000
Bubut Jawa Betina (Dewasa) Rp250.000
Bubut Jawa Jantan (Dewasa) Rp400.000
Bubut Jinak Rp250.000 – Rp400.000

Fakta Terkait Burung Bubut

harga burung bubut
Sumber : Wikimedia

Burung Bubut itu sendiri terkenal sebagai spesies terbatas yang berasal dari pulau Jawa. Maka tak heran burung Bubut banyak diminati menjadi hewan peliharaan di rumah. Sebagai informasi tambahan untuk Anda, simak karakteristik burung Bubut berikut ini:

1. Ukuran Burung Bubut Betina Lebih Besar dari Jantan

Pada umumnya, antara burung Bubut betina dan jantan tidak terdapat perbedaan fisik yang mencolok. Keduanya memiliki ciri fisik yang hampir mirip. Hanya saja, Anda dapat membedakannya berdasarkan ukurannya.

Dalam hal ini, ukuran fisik burung Bubut betina cenderung lebih besar jika dibandingkan dengan jantan. Selain perbedaan ukuran tersebut, diketahui burung Bubut juga memiliki kebiasaan unik yang membedakannya dari spesies lainnya.

Dari sebuah sumber terpercaya menyatakan bahwa burung Bubut memiliki kebiasaan merawat dan mendidik anak yang berbeda dari spesies lainnya. Burung Bubut jantan lebih berperan dalam hal merawat dan mendidik anak daripada betina.

2. Tidak Bisa Bernyanyi

Ketika Anda melihat sekilas, Bubut itu sendiri menyerupai burung Gagak. Karena, burung Bubut memiliki warna bulu yang sama dengan Gagak yaitu hitam dengan corak lainnya. Hal ini menjadi daya tarik tersendiri dari burung Bubut sehingga sangat diminati.

Namun, dari segi suara burung Bubut bisa dikatakan kalah dari jenis lainnya. Karena kicauan burung Bubut lebih terdengar seperti nada rendah berulang dan memiliki tempo yang cepat.

3. Populasi Burung Bubut Makin Berkurang

Perlu Anda ketahui, populasi burung Bubut makin mengalami penurunan. Oleh karena itu, status konservasi burung Bubut sudah berada pada level rentan. Hal ini disebabkan oleh berbagai hal, salah satunya adalah alih fungsi lahan yang tinggi pada habitatnya.

Sementara itu, alasan lainnya yang membuat populasi Bubut semakin menurun karena burung ini sering diburu untuk diambil minyaknya. Bukan tanpa alasan, minyak burung Bubut diyakini dapat mengobati berbagai penyakit antara lain keluhan patah tulang. 

Diketahui dari data populasi burung Bubut Jawa pada tahun 2016 jumlahnya hanya berkisar 250-10.000 individu saja. Bahkan angka tersebut terus merosot hingga tahun 2022 ini.

4. Hewan Pemakan Serangga

Jika tertarik menjadikan burung Bubut sebagai hewan peliharaan di rumah, maka Anda wajib mengetahui jenis makanan yang disukainya. Makanan yang disukai burung Bubut cukup mudah untuk Anda dapatkan.

Karena, burung Bubut berbeda dari jenis lainnya. Mereka tidak mengonsumsi jenis makanan yang aneh. Burung Bubut lebih memilih makanan berupa serangga, ulat, serta hewan kecil lainnya.

5. Burung Pemilik Paruh yang Sangar

Salah satu karakteristik yang dapat Anda temukan pada burung Bubut adalah paruhnya yang sangar dan tajam. Bentuk ini tidak dapat Anda lihat pada jenis burung lainnya. Karena itu, Bubut sering menjadi burung favorit para pemeliharanya.

6. Burung yang Memiliki Mata Berwarna Merah

Jika Anda perhatikan, burung Bubut memiliki mata yang berwarna merah. Hal ini menjadikan burung Bubut memiliki kesamaan dengan Elang. Tak heran kedua burung ini sering dibilang mirip.

Baca Juga : [Update]Daftar Harga Burung Cekakak Terbaru 2022

Cara Merawat Burung Bubut Anakan

harga burung bubut
Sumber : Wikimedia

Memelihara Bubut mulai dari jenis anakan sangat direkomendasikan bagi Anda. Hal ini bertujuan agar Anda bisa membuat burung Bubut tersebut tumbuh menjadi jinak. Alasan lainnya adalah Anda dapat membiasakan burung Bubut memakan pakan jenis lain.

Berikut ini beberapa cara merawat burung Bubut jenis anakan yang dapat Anda aplikasikan. Cara ini cukup mudah dan banyak memberikan keuntungan tersendiri dalam hal pemeliharaan burung Bubut itu sendiri.

– Pakan Burung Bubut

Salah satu hal yang wajib Anda sediakan saat memelihara hewan adalah pakannya. Untuk burung Bubut sendiri, Anda dapat membiasakan jenis anakan untuk memakan pakan buatan. Hal ini untuk meminimalisir penggunaan bahan pakan alami.

Seperti yang Anda ketahui, menyediakan bahan pakan alami untuk hewan peliharaan cukup merepotkan. Oleh karena itu, tidak ada salahnya jika Anda ingin membiasakan burung Bubut memakan bahan pakan buatan sejak dini.

Sedangkan bahan pakan alami masih dapat Anda berikan. Hanya saja, durasi pemberian bahan pakan alami tersebut perlu Anda batasi. Anda juga dapat menjadikan bahan pakan alami berupa serangga, ulat, dan hewan kecil lainnya tersebut sebagai campuran.

– Melatih Burung Bubut untuk Menjadi Jinak

Kelebihan lainnya ketika memelihara burung Bubut jenis anakan, Anda dapat melatihnya untuk menjadi jinak. Caranya cukup mudah, Anda bisa memberikan nama khusus untuk burung tersebut dan biasakan memanggil namanya setiap melakukan interaksi.

Selain pemberian nama, Anda juga dapat melatihnya mendengarkan bunyi peluit atau siulan. Saat memberinya makan, Anda dapat memanggil nama atau memberi kode dengan bunyi peluit ataupun siulan.

Dengan demikian, burung Bubut yang Anda pelihara akan menjadi jinak seiring berjalannya waktu. Cara ini juga diyakini bisa membentuk ikatan antara burung Bubut dan pemeliharanya.

Khasiat Pengobatan dengan Burung Bubut

Sebagai hewan yang dapat dipelihara, burung Bubut sendiri memberikan banyak manfaat. Seperti yang Anda ketahui, burung Bubut dapat dimanfaatkan untuk menjaga kesehatan. Diketahui ada beragam penyakit yang dapat disembuhkan, antara lain:

a. Flu

Burung Bubut dapat Anda konsumsi untuk mengobati flu. Caranya, Anda dapat mengolahnya menjadi makanan berkuah. Tak heran harga burung Bubut cukup mahal karena manfaatnya yang banyak.

b. Asma

Berbeda dengan flu, untuk mengobati penyakit asma Anda membutuhkan minyak burung Bubut. Anda wajib mengolah burung Bubut terlebih dahulu hingga mendapatkan minyaknya agar dapat dikonsumsi secara langsung atau campurkan dengan makanan.

c. Kanker Rahim

Seperti penyakit asma, untuk mengobati kanker Rahim Anda harus menggunakan minyak burung Bubut. Oleskan minyak burung Bubut tersebut di bawah perut dan lainnya dikonsumsi dengan cara diminum.

d. Patah Tulang

Seperti pada pembahasan sebelumnya, minyak burung Bubut juga dapat mengobati patah tulang. Kandungan yang terdapat pada minyak burung Bubut diyakini menjadi obat patah tulang yang mujarab.

e. Luka Bakar

Minyak burung Bubut juga dapat mengobati luka bakar secara cepat serta mampu menghilangkan bekasnya. Anda cukup mengoleskan minyak burung Bubut tersebut pada luka bakar secara rutin.

Mengetahui manfaat burung Bubut maka dapat dipastikan Anda tidak akan berpikir dua kali untuk memeliharanya. Bahkan harga burung Bubut tidak akan menjadi kendala untuk Anda.

Baca Juga : [Update]Daftar Harga Jalak Bali Terbaru 2022

Kesimpulan

Setelah mengetahui fakta Bubut melalui karakteristik dan berbagai manfaatnya, tentu Anda makin tertarik untuk memelihara burung ini di rumah. Harga Burung Bubut tak lagi menjadi kendala karena Anda dapat memilih jenis yang sesuai dengan dana yang dimiliki.