Cara Membedakan Burung Anis Siberia Jantan dan Betina

Cara Membedakan Burung Anis Siberia Jantan dan Betina – Burung anis siberia adalah salah satu jenis burung kicau yang memiliki suara merdu dan bervariasi. Burung ini berasal dari daerah Siberia, Rusia, dan sebagian Asia Tengah.

Burung anis siberia memiliki warna bulu yang dominan abu-abu dengan corak hitam dan putih di bagian sayap, ekor, dan dada. Burung ini juga memiliki alis berwarna putih yang memanjang dari mata hingga ke belakang kepala.

Burung anis siberia sangat populer di kalangan pecinta burung kicau karena suaranya yang indah dan bisa menirukan suara burung lain. Burung ini juga termasuk burung yang cerdas dan mudah jinak.

Banyak orang yang memelihara burung anis siberia sebagai hobi atau untuk kontes. Namun, tidak semua orang bisa bedakan burung anis siberia yang jantan dan betina dengan mudah. Padahal, hal ini penting untuk mengetahui karakteristik dan potensi burung anis siberia yang Anda pelihara.

Lalu, bagaimana cara bedakan antara burung anis siberia jantan dan betina? Apa saja ciri-ciri masing-masing? Simak ulasan lengkapnya di bawah ini.

Cara Membedakan Burung Anis Siberia Jantan dan Betina

Ada beberapa cara yang bisa kalian lakukan untuk bedakan antara burung anis siberia jantan dan betina. Berikut ini adalah beberapa cara yang paling umum  dan mudah dilakukan.

1. Perhatikan Bola Mata

Salah satu cara yang paling mudah untuk membedakan burung anis siberia betina dan jantan adalah dengan melihat bola mata mereka. Burung anis siberia jantan memiliki bola mata yang lebih menonjol dan sorot mata yang lebih tajam.

Sedangkan burung anis siberia betina memiliki bola mata yang lebih datar dan sorot mata yang lebih sayu. Hal ini bisa Anda lihat dengan jelas jika Anda memperhatikan burung anis siberia dari dekat.

2. Perhatikan Postur Tubuh

Cara lain yang bisa dilakukan untukbedakan burung anis siberia jantan dan betina adalah dengan melihat postur tubuh mereka. Burung anis siberia jantan memiliki postur tubuh yang lebih panjang dan serasi.

Sedangkan burung anis siberia betina memiliki postur tubuh yang lebih pendek dan bulat. Anda bisa melihat perbedaan ini dengan membandingkan burung anis siberia yang Anda miliki dengan burung anis siberia lainnya.

3. Perhatikan Warna Bulu

Cara selanjutnya untuk membedakan burung anis siberia jantan dan betina adalah dengan melihat warna bulu mereka.

Burung anis siberia jantan memiliki warna bulu yang lebih mengkilap dan kontras. Sedangkan burung anis siberia betina memiliki warna bulu yang lebih kusam dan pudar. Anda bisa melihat perbedaan ini dengan melihat burung anis siberia di bawah sinar matahari atau lampu yang terang.

4. Perhatikan Bagian Ekor

Nah yang selanjutnya ketika kamu ingin membedkan membedakan burung anis betina dan jantan adalah dengan melihat bagian ekor mereka. Burung anis siberia jantan memiliki ekor yang lebih panjang dan berbentuk seperti awan.

Sedangkan burung anis siberia betina memiliki ekor yang lebih pendek dan berbentuk seperti segitiga. Kalian bisa melihat perbedaan ini dengan melihat burung anis siberia dari samping atau belakang.

5. Perhatikan Suara

Cara terakhir membedakan burung anis siberia betina dan Jantan adalah dengan mendengarkan suara mereka. Burung anis siberia jantan memiliki suara yang lebih keras, bervariasi, dan bisa menirukan suara burung lain.

Sedangkan burung anis siberia betina memiliki suara yang lebih lembut, monoton, dan jarang menirukan suara burung lain. kalian bisa mendengarkan suara burung anis siberia dengan menggunakan rekaman atau video yang tersedia di internet.

Itulah beberapa cara yang bisa dilakukan untuk membedakan burung anis siberia jantan dan betina. Dengan mengetahui ciri-ciri masing-masing, Anda bisa memilih burung anis siberia yang sesuai dengan keinginan dan kebutuhan Anda. Semoga artikel ini bermanfaat untuk Anda. Selamat mencoba!