Makanan Anak Burung Merpati dan Cara Merawatnya

Cara yang harus anda perhatikan dalam perawatan anakan merpati adalah ketersediaan pakan agar keturunannya tidak merantau jauh untuk mencari makan di luar kandang. Selain memiliki cukup makanan, Anda perlu memperhatikan penyediaan air untuk minum. Mulai dari kebersihan air hingga kebersihan tempatnya. Pada umumnya sumber penyakit yang menyerang burung merpati anakan berasal dari air yang kurang jernih.

Makanan Anak Burung Merpati dan Cara Merawatnya oleh Indukannya

Makanan Anak Burung Merpati dan Cara Merawatnya

 

Saat anakan berumur satu minggu, induknya biasanya sudah memberikannya makanan bijian. Komposisi pakannya tetap sama, hanya jika jagungnya besar, maka sebaiknya cari yang sudah berbentuk emping. Hal ini dimaksudkan untuk memudahkan anak merpati diberi makan. Pemberian millet memang baik untuk pertumbuhan bulu pada bayi burung merpati. Pemberian voer akan dapat membantu memenuhi kebutuhan protein agar bayi merpati Anda tumbuh dengan cepat.

Langkah Perawatan Merpati Muda (parental landing)

Makanan Anak Burung Merpati dan Cara Merawatnya

Langkah menyiapkan makanan. Untuk setiap 1 kg pakan, Anda bisa menambahkan sekitar 1/2 sendok makan conditioning oil. Aduk rata hingga kacang tidak berminyak dan terlihat mengkilat. Jangan terlalu sering menggunakan minyak pengkondisi. Anda bisa memberikan minyak pelembab 2 hingga 3 kali hanya dalam satu minggu untuk makanannya. Untuk memenuhi kebutuhan protein burung merpati, tambahkan susu bubuk pada pakan yang sudah anda campur dengan minyak kasing, susu bubuk akan menempel pada pakan karena terserang minyak, dan aduk hingga rata.

BACA JUGA :  [Update]Daftar Harga Burung Kemade Terbaru 2022

Perawatan Mandi Anakan Merpati 

Selanjutnya pantau secara rutin perubahan anakan bayi  merpati Anda, mulai dari tumbuh kembangnya, kesehatan bayi anakan merpati, hingga kebersihan lingkungan kandang. Waktu calving adalah masa dimana kandang merpati anda relatif pendek dan sarangnya cepat lembap karena kotoran. Untuk itu penataan harus dilakukan secara intensif agar dapat mengetahui kapan harus membersihkan kandang dan berganti sarang.

Nutrisi Anakan Merpati

Kebutuhan nutrisi bayi anakan merpati Anda tampaknya akan meningkat setelah usia dua minggu. Anak merpati akan merasa lapar dan induknya akan kesulitan memenuhi kebutuhan makan bayinya. Saat bayi merpati baru lahir malas berganti kulit, Anda perlu memastikan bahwa mereka tetap perlu diberi makan di malam hari. Selama indukan, tidak perlu diberikan antibiotik. Ini dimaksudkan agar anak merpati membuat mekanisme kekebalannya sendiri. anakan merpati didiamkan untuk beradaptasi dengan bakteri yang ada di lingkungan sekitar. Namun jika ada keturunan yang sakit maka perlu diisolasi dari kandang agar yang lain tidak tertular.  beternak merpati di usia dua tahun harus dilakukan dengan penuh perhatian.

Cara-Cara Beternak Burung Merpati

Makanan Anak Burung Merpati dan Cara Merawatnya

Secara umum, ada cara-cara beternak burung merpati yang dilakukan para peternak. Salah satunya adalah memisahkan anak merpati dari induknya sebelum waktunya. Tujuannya agar tukik cepat bertelur kembali. Hal ini dapat membuat anak merpati Anda merasa tertekan. Piyik merasa tidak aman karena tidak ada perlindungan dari ibunya. Depresi berat pada anak merpati mempengaruhi perkembangan pesat bakteri dalam tubuh. Sehingga anak merpati mudah terserang penyakit. Selain itu, semangat juga akan turun dan mereka tidak akan memiliki jiwa ketika diadu dengan merpati lainnya.

BACA JUGA :  5 Makanan Terbaik untuk Memberi Makan Burung Emprit Anda

Perawatan Mandi Saat Anak Merpati

Perawatan mandi Saat anak merpati sudah besar dan bisa mencari makan sendiri dengan menempatkannya di kandang yang lebih besar. Mereka ditempatkan terpisah dari kawanannya. Jika Anda ingin terus menghasilkan satu induk dan dua anak, yang terbaik adalah cukup betina saja. Jika Anda menggabungkannya dengan pejantan, ada kemungkinan akan terjadi perebutan makanan. Agar memiliki anak merpati yang tidak liar, cara merawat mandi yang harus anda lakukan adalah sering-seringlah bermain dengan anak merpati tersebut. Anda bisa memegangnya dan memandikannya. Kandang terkena sinar matahari yang cukup.

Pakan Untuk Anakan Merpati

Pakan untuk anak merpati sama dengan pakan untuk merpati dewasa dengan penambahan kerikil. Sekali seminggu, Anda bisa menambahkan cuka sari apel ke dalam air minum merpati Anda. Pemberian suplemen nutrisi penting untuk perkembangan struktur tubuh anakan merpati hingga dewasa. Suplemen yang baik adalah Centrum tipe 1/2 tablet, dapat diberikan 2x seminggu. Pada dasarnya tingkat bagaimana agar merpati muda tidak tumbuh dewasa, anak merpati perlu merasa aman dan nyaman, serta kebutuhan protein dan nutrisinya selalu terpenuhi.

Pada anakan burung merpati yang dirawat oleh induknya, mereka akan mendapat makanan dari “susu” yang dibuat di tembolok burung merpati.

“Susu” ini dibuat lewat cairan sel lapisan tembolok yang banyak protein serta lemak. Cairan ini penting untuk perkembangan serta perubahan merpati muda. Oleh karena itu sangat penting untuk memberi makanan burung merpati berkualitas, ditambah saat mereka sedang menjaga anakan merpati.

BACA JUGA :  BURUNG KOLIBRI: Cara merawat, Makanan, Harga Burung (Lengkap)

Kemudian anak burung merpati makan apa apabila tidak dirawat induknya? Sebagai alternatif “susu” tembolok, Kamu dapat meloloh serta menyuapi mereka dengan voer atau bubur bayi yang teksturnya halus. Pakai kontribusi suntikan tanpa jarum (spuit) untuk bisa bantu anakan merpati konsumsi makanan mereka. Kerjakan ini sampai anakan merpati siap makan beberapa bijian, sama seperti merpati dewasa.

Demikianlah beberapa referensi Makanan Anak Burung Merpati dan Cara Merawatnya secara kualitas yang perlu Anda ketahui dan untuk mengontrol keadaan tubuh burung masih tetap sehat serta fit. Pastinya untuk tipe merpati balap atau merpati hias, perlu perlakuan khusus di mana alternatif makanan dapat disamakan berdasar keperluan.