[Update]Daftar Harga Poksay Mantel Terbaru 2022

Banyak pencinta jenis burung kicau yang menanyakan harga Poksay Mantel. Poksay sendiri merupakan salah satu jenis burung kicau yang fenomenal di Indonesia.

Peminat burung Poksay ini cukup banyak, karena beberapa kelebihan yang dimilikinya. Selain penampilannya yang cantik, burung ini juga mempunyai suara kicauan yang bagus dan patut untuk diperhitungkan.

Umumnya, Poksay memiliki suara kicauan yang keras, melodius dan memainkan yang indah saat didengar. Oleh sebab itu, suara burung ini sangat cocok dijadikan sebagai mahakarya kicau burung.

Poksay ada beberapa jenisnya, salah satunya Poksay Mantel. Nah, jika Anda penasaran dengan harga Poksay Mantel, silakan simak penjelasannya sampai selesai.

Baca Juga : [Update]Daftar Harga Burung Raja Udang Terbaru 2022

Burung Poksay Mantel

harga poksay mantel

Poksay Mantel atau disebut juga dengan burung Poksay Medan adalah burung lokal yang berasal dari Indonesia. Poksay jenis ini mempunyai ciri khas suara yang tajam, kasar, keras dan monoton.

Karakter suara Poksay Mantel yang kasar, keras dan tajam dapat dimanfaatkan untuk memaster jenis burung lainnya. Tujuannya, agar burung yang di master menghasilkan suara yang sangar dan unik, terutama untuk burung lomba.

Mungkin poksay mantel mempunyai suara monoton, namun burung lainnya jika memiliki karakter suara isian Poksay Mantel akan menjadi suara yang unik. Untuk harga Poksay Mantel sendiri mungkin terbilang terjangkau.

Perbedaan Poksay Mantel Jantan Dengan Betina

Burung Poksay Mantel jantan betina sekilas memang terlihat sama, sehingga tidak semua orang dapat membedakannya. Nah sebelum mengetahui harga Poksay Mantel untuk Anda beli, kenali beberapa perbedaan Poksay jantan dengan betina berikut ini:

BACA JUGA :  Makanan Burung Puter Agar Cepat Bertelur

1. Postur Tubuh

Anda dapat membedakan Poksay jantan dari segi postur tubuhnya. Postur tubuh Poksay Mantel jantan lebih besar dibandingkan dengan yang betina.

2. Karakter

Kalau dari segi karakter, Poksay Mantel jantan cenderung lebih jinak, sehingga akan lebih mudah dipegang. Sedangkan yang betina cenderung lebih giras, sehingga sulit untuk memegangnya.

3. Bulu

Burung Poksay Mantel jantan bisanya akan ada bulu lembut berwarna kuning kemerahan pada bagian ekor. Sedangkan, pada Poksay betina, tidak terdapat bulu tersebut di bagian bawah ekornya.

4. Leher

Anda juga bisa membedakan antara Poksay Mantel jantan dengan betina dari lehernya. Posisi leher Poksay Mantel jantan cenderung tegak dan tampak gagah. Sedangkan, Poksay betina mempunyai leher dengan posisi yang hampir sejajar dengan punggung.

5. Kepala

Perbedaan selanjutnya dapat dilihat dari posisi kepala Poksay Mantel. Poksay jantan mempunyai posisi kepala yang tegak dan tampak gagah. Sebaliknya, Poksay Mantel betina mempunyai posisi kepala yang tidak tegak.

6. Pakan

Selain dari segi fisik, Anda juga bisa membedakan Poksay jantan dengan betina dari pakannya. Poksay Mantel jantan suka makan voer kasar dan tidak suka mengacak-acak makanannya.

Lain halnya dengan Poksay Mantel betina yang tidak menyukai voer kasar dan sering mengacak-acak voer ataupun menghancurkannya menjadi halus.

Baca Juga : [Update]Daftar Harga Burung Punai Terbaru 2022

Cara Menjinakkan Poksay Mantel Agar Cepat Gacor

harga poksay mantel

Agar burung Poksay Mantel cepat gacor dan berani berkicau meski di tengah-tengah keramaian, Anda perlu menjinakkannya terlebih dahulu. Berikut ini cara menjinakkan Poksay Mantel yang perlu Anda ketahui:

BACA JUGA :  Burung Gelatik Batu : Harga, Makanan dan Suara

1. Terapi Lapar

Poksay termasuk jenis burung yang sangat rakus, yaitu memakan serangga dan buah yang ada di alam liar ataupun diberikan oleh pemiliknya. Untuk cepat menjinakkan burung Poksay, bisa dengan memberikan terapi lapar selama beberapa jam setiap hari dengan cara berikut ini:

Saat malam hari, ambil cepuk tempat pakan dan biarkan burung Poksay Mantel beristirahat hingga keesokan paginya. Kemudian saat pagi hari, berikan cepuk pakan untuk memberikan kesempatan burung sarapan.

Ketika Poksay dimandikan dan dijemur, tempat pakannya diangkat kembali dan burung dibiarkan tanpa pakan selama 3-4 jam. Burung hanya diberi pakan serangga setiap satu jam sekali.

Setelah 3-4 jam, pakan dan buah dapat disajikan kembali selama 30-45 menit. Lalu pakan kembali diangkat, sambil tetap memberikan pakan serangga setiap satu jam sekali menggunakan tangan Anda.

Setelah terapi lapar berjalan beberapa hari, biasanya burung akan mulai mau mengambil pakan langsung dari tangan Anda. Apabila burung sudah tidak terlalu giras, cepuk pakan dapat Anda berikan seperti biasanya.

2. Memandikan Sampai Basah Kuyup

Cara menjinakkan Poksay selanjutnya, yaitu dengan memandikan burung Poksay Mantel sampai basah kuyup. Cara ini diyakini mampu menjinakkan Poksay Mantel dalam waktu singkat, tanpa menimbulkan akibat fatal. Tidak seperti terapi lapar yang bisa saja membuat burung menjadi sakit dan sebagainya.

3. Memberikan Pakan dengan Tangan

Cara penjinakan yang ketiga, yaitu memberikan pakan Poksay Mantel menggunakan tangan secara langsung. Metode penjinakan ini dipercaya mampu berpengaruh terhadap proses menjinakkan burung Poksay Mantel.

Sudah banyak pencinta kicau yang menggunakan cara ini dan hasilnya dapat dijadikan sebagai opsi saat Anda memiliki Poksay Mantel yang giras. Pemberian makan menggunakan tangan sebaiknya Anda lakukan setiap hari, agar burung dapat lebih mudah beradaptasi dengan pemiliknya.

4. Menempatkan Sangkar di Tempat yang Rendah

Selain penasaran dengan harga Poksay Mantel, tidak sedikit pula orang yang ingin tahu cara menjinakkan burung tersebut. Cara satu biasanya dapat mengolah mental burung supaya dapat berkicau, meskipun di tengah-tengah keramaian.

BACA JUGA :  BURUNG NURI : Cara Merawat, Makanan, Harga Jual (Lengkap)

Burung Poksay yang mendapatkan perawatan ini biasanya memungkinkan burung mampu berkicau dengan lantang dan mengeluarkan variasi suara isiannya. Tanpa rasa takut ataupun malu, Poksay Mantel dapat berkicau dengan prima.

Cara perawatan ini, yaitu dengan menempatkan sangkar di tempat yang rendah. Jika diletakkan di tempat yang tinggi dan jauh dari keramaian, burung akan sulit beradaptasi dengan lingkungan ataupun kondisi situasinya.

Selain itu, Poksay Mantel juga akan tetap merasa takut, sehingga kondisinya tetap giras meski sudah lama dipelihara. Sebaliknya, jika sangkar di tempatkan di posisi rendah, akan membantu burung untuk beradaptasi dengan lingkungan dan keramaian.

Sangkar bisa diletakkan di lokasi ramai, seperti di depan rumah. Namun, pastikan kondisi tidak terlalu berisik, misalnya di dekat jalan raya yang cenderung ramai dengan suara bising kendaraan.

Harga Poksay Mantel

harga poksay mantel

Setelah mengetahui tentang Poksay Mantel, sekarang saatnya Anda ketahui harga Poksay Mantel. Namun, sebelum membelinya, Anda perlu perhatikan ciri fisik burung ini.

Poksay Mantel memiliki bentuk tubuh besar dengan panjang sekitar 27. Bulunya berwarna coklat dan kepala berwarna abu-abu. Mata Poksay Mantel berjejer biru muda dengan bola mata hitam dan tajam, serta paruh berwarna hitam.

Baca Juga : Harga Burung Cendrawasih

Jika Anda melihatnya, betapa lucunya penampilan burung Poksay Mantel ini. Nah, untuk bisa memilikinya, Anda harus mengeluarkan uang berkisar Rp. 250.000 sampai 1,2 juta rupiah.

Demikian informasi tentang harga Poksay Mantel serta bagaimana cara menjinakkannya agar cepat gacor. Setelah membelinya, pastikan Anda melakukan perawatan pada Poksay Mantel dengan cara yang tepat, agar Poksay Mantel tetap sehat.