[Update]Daftar Harga Burung Siri Siri Terbaru 2022

Ingin tahu harga burung siri siri? Nyatanya jenis peliharaan yang satu ini memiliki banyak penggemar di antara pehobi, dan bisa menjadi mahal. Di antaranya karena dengan perawatan yang tepat, potensi gacornya cukup tinggi.

Di alam liar, burung ini banyak Anda temukan pada daerah dataran rendah dengan iklim tropis dan subtropis. Namun, untuk dapat memeliharanya, tidak perlu menangkap dari alam, karena sudah banyak yang membudidayakannya.

Baca Juga : [Update]Daftar Harga Burung Kemade Terbaru 2022

Si Kecil Dengan Suara Nyaring

harga burung siri siri

Pada dasarnya, burung siri siri memiliki suara yang kurang bagus. Namun, dengan perawatan khusus dan ketelatenan, saat sudah gacor, suaranya terdengar rapat dan lebih mendesing. Inilah yang membuat banyak pehobi jatuh cinta.

Jenis suara dan lagunya ini jugalah yang membuat harga burung siri siri menjadi cukup tinggi. Pasalnya, saat sudah menjadi gacor, Anda bisa menggunakanya sebagai masteran bagi beberapa burung berkicau lainnya.

Ya, burung lomba memerlukan masteran untuk melatihnya memiliki suara lantang dan lagu bagus. Adapun burung siri siri ini cocok untuk melatih kicauan burung kacer, cucak hijau, pentet, hingga murai.

Bahkan pada murai, suara burung siri siri ini bisa memberikan variasi lagu-lagu kecilnya. Tentu saja jika sudah begitu harga burung siri siri menjadi cukup menjanjikan.

Merawat Dari Awal Atau Membeli Yang Sudah Gacor?

Kendati mahal, harga burung ini masih tergolong terjangkau. Melihat manfaatnya sebagai masteran burung lomba, rasanya harga tersebut seolah cukup worth it. Itulah sebabnya banyak orang berburu siri siri yang sudah gacor.

BACA JUGA :  Cara Ternak Burung Murai Batu Tahun 2023

Kendati demikian, banyak pehobi yang berniat menjadikannya sebagai ladang bisnis. Makanya mereka memilih burung yang masih bahan dan murah untuk dirawat hingga gacor dan menjadi lebih mahal.

Cara Perawatan Burung Siri Siri

harga burung siri siri

Entah itu membeli yang sudah gacor maupun masih bahan, Anda harus memeliharanya dengan baik dan cara tepat. Pasalnya, jika perawatannya kurang baik, tidak menutup kemungkinan, burung siri siri kesayangan menjadi mogok berbunyi.

Adapun langkah perawatan yang tepat adalah:

1. Mengembunkan

Banyak beredar tips untuk mengembunkan burung berkicau. Hal ini berlaku pada burung siri siri. Caranya adalah dengan meletakkan sangkarnya di tempat terbuka pada pukul 05.30.

Cara tersebut untuk membuat si burung bisa mendapatkan asupan oksigen bersih yang akan membuatnya memiliki suara berdurasi panjang. Di samping itu, momen tersebut memberikan kesempatan bagi siri siri untuk berinteraksi dengan burung liar.

2. Memandikan 

Langkah perawatan yang selanjutnya adalah dengan memandikan burung tersebut. Tujuannya untuk membuatnya merasa bersih dan segar. Hal ini bisa membuatnya merasa nyaman

Pada saat sudah nyaman, biasanya burung akan bersemangat untuk berkicau. Maka dari itu, jangan lupa memandikannya setiap hari, di sekitar pukul 07.30.

Cara memandikannya cukup mudah. Tidak perlu menggunakan sangkar khusus untuk mandi. Anda hanya cukup memandikannya menggunakan sprayer. Namun, pastikan untuk mengatur semprotan ke mode pancaran halus saja.

Jangan memilih pancaran yang kuat, karena akan bisa menyakiti burung. Selanjutnya, semprot burung hingga basah kuyup. Setelah itu, angin-anginkan di bawah sinar matahari hingga bulunya kembali kering.

Kendari demikian, jangan menjemurnya di bawah matahari yang terlalu terik agar tidak membuatnya kepanasan. Adapun setelah ritual mandi tersebut, burung siri siri akan merasa segar. Biasanya mereka akan mulai memperdengarkan suaranya.

3. Membersihkan Kandang

Tidak hanya memandikan burung saja, Anda juga harus rutin membersihkan kandangnya. Tujuannya adalah membuat burung merasa senang dan nyaman, sehingga rajin berbunyi.

BACA JUGA :  Makanan Burung Puter Agar Cepat Bertelur

Pada kenyataannya, sangkar yang kotor tidak hanya berisiko membuat burung sakit, melainkan juga membuatnya mogok berbunyi. Maka dari itu, pastikan membersihkan kandangnya secara rutin setiap hari.

Jangan cuma membersihkan kotorannya saja. Anda juga harus membersihkan cup makan dan minumannya. Caranya adalah dengan mencucinya setiap hari. Tujuannya adalah untuk mencegah wadah makanan dan minumannya menjadi berjamur.

Jika Anda terbiasa membiarkan wadah makanan dan tidak mencucinya setiap hari, maka hentikan kebiasaan tersebut. Pasalnya, burung yang terinfeksi jamur bisa menjadi enggan berbunyi.

4. Perhatikan Makanan dan Minumannya

Ingin harga burung siri siri peliharaan Anda mahal karena memiliki suara yang memikat dan lantang? Jangan lupakan untuk memberinya makanan dan minuman terbaik. Untuk makanan, Anda bisa memberikan voer.

Tidak hanya itu saja, jangan lupa memberikan ekstra food berupa buah-buahan dan serangga. Adapun kesukaan si burung siri siri adalah pisang kepok. Jadi, Anda bisa menyediakannya setidaknya tiga kali dalam satu minggu.

Di samping itu, Anda juga bisa menambahkan makanan hidup berupa jangkrik, setiap pagi dan sore hari. Jangan lupa, sebelum memberikannya, lepas dulu bagian kakinya yang keras dan tajam.

Sementara itu, untuk makannya, berikan air yang sudah melewati proses perebusan dan telah dingin. Air matang membuat burung lebih sehat. Pilihan lainnya adalah memberikan air mineral pada cup minumannya.

5. Rutin Memasterkan Agar Harga Burung Siri Siri Meningkat

Satu lagi tips perawatan yang membuat harga burung ini meningkat adalah memasterkan supaya cepat gacor. Lakukan pemasteran saat burung beristirahat dan berada dalam kerodong.

Anda bisa memasterkan setiap siang hari dan malam menjelang si burung tidur. Adapun untuk pemasteran bisa menggunakan burung yang sudah gacor, maupun audio box.

Kendati demikian, memasterkan menggunakan suara asli burung bisa lebih efektif daripada menggunakan audio elektronik. Beberapa pehobi menyadari suara asli dari burung master bisa lebih cepat menjadikan peliharaannya menjadi gacor dan mahal.

BACA JUGA :  [Update]Daftar Harga Burung Bubut Terbaru 2022

Baca Juga : [Update]Daftar Harga Poksay Mantel Terbaru 2022

Harga burung siri siri Di Pasaran

harga burung siri siri

Sudah tertarik untuk memelihara burung ini? Sebelumnya ketahuilah harganya terlebih dahulu. Berikut ini adalah nilainya di pasaran.

  • Harga siri siri sehat dan sudah menjadi gacor adalah minimal Rp 250.000
  • Siri siri jenis kecil, lebih mahal, yaitu minimal Rp 350.000
  • Jenis siri siri besar di banderol minimal Rp 300.000
  • Adapun siri siri besar yang sudah gacor bisa Anda jual seharga Rp 500.000
  • Sementara itu, harga burung yang masih bahan (belum gacor) dibanderol Rp 150.000 jantan dan Rp 100.000 untuk yang betina.

Melihat harga burung siri siri  di atas, tampak bahwa bisnis melatih peliharaan ini cukup menjanjikan. Bahkan jika pernah menjuarai lomba, harganya pun akan meningkat.

Adapun harga burung siri siri betina dan jantan tidak terlalu berbeda, karena keduanya memiliki suara yang setara. Hanya saja, keduanya berbeda dari segi penampilan.

Burung siri siri jantan memiliki jambul yang lebih panjang dan tegak. Sementara itu, jenis betinanya memiliki jambul pendek dan tidak tegak.

Memang hal penyebab harga burung ini meningkat tidak hanya dari posturnya yang tampak sehat saja. Penilaian utama ada pada suaranya. Saat sudah jadi, burung yang masuk dalam famili pycnonotidae ini akan mengeluarkan suara lantang dan nge-roll.

Suaranya yang nyaring dan cenderung rapat ini membuatnya cocok sebagai burung masteran. Cukup dekatkan dengan sangkar murai maupun kacer, maka siri siri akan merangsang kedua jenis burung itu agar gacor.

Baca Juga : [Update]Daftar Harga Burung Raja Udang Terbaru 2022

Ingin harga burung siri siri peliharaan Anda meningkat? Jangan lupa melakukan tips perawatan di atas agar lebih sehat, nyaman, serta cepat gacor. Selanjutnya ia akan efektif sebagai masteran burung berkicau lainnya.