[Update]Daftar Harga Burung Kemade Terbaru 2022

Harga burung kemade cukup bervariasi tergantung jenis dan faktor lainnya. Maka dari itu, Anda harus mengetahui kisaran harga dari masing-masing jenis supaya ketika membeli tidak tertipu. 

Selain itu, ketahui juga bagaimana tips memilih burung kemade yang bagus. Jadi, bisa mendapatkan burung yang sesuai harapan dan benar-benar berkualitas. Semua informasi tersebut bisa anda dapatkan dalam artikel ini. 

Baca Juga : [Update]Daftar Harga Poksay Mantel Terbaru 2022

Harga Burung Kemade Terbaru

Daftar Harga Burung Kemade Terbaru

Burung kemade disebut juga sebagai aves yang pintar berkicau. Suaranya sangat merdu dan lumayan nyaring, meskipun tubuhnya berukuran mungil. Warna bulunya pun begitu cantik dan didominasi dengan warna hitam merah cabe. 

Oleh karena itu, burung ini juga sering disebut sebagai burung cabe-cabean. Ada berbagai jenis atau spesies burung kemade. Jadi, harga burung kemade pun akan bervariasi. 

Penentuan harganya sendiri bisa dari jenis burung, kelamin, dan faktor lainnya. Jika ingin lebih jelas, maka bisa melihat ulasan berikut. 

1. Burung Kemade Cabean

Jenis ini mempunyai ukuran tubuh yang kecil dan berwarna orange kemerahan. Warna tersebut mendominasi mulai dari kepala hingga pada bagian leher. Kemudian, untuk warna sayapnya berupa agak kehitaman.

Burung kemade jenis ini terkadang disebut burung ceri. Hal itu karena warna merahnya yang cerah dan berbentuk mungil. 

Jika Anda tertarik untuk memilikinya, maka bisa menyiapkan uang sekitar 15 ribu rupiah bagi yang dijual ombyokan. Namun, jika mempunyai potensi gacor, maka akan lebih mahal yaitu sekitar 150 sampai 200 ribu rupiah. 

BACA JUGA :  [Update]Daftar Harga Burung Raja Udang Terbaru 2022

2. Burung Kemade Jawa

Ada pula kemade Jawa yang mempunyai warna bulu orange kemerahan di bagian kepala sampai leher. Kemudian, di dadanya berwarna abu-abu. Sedangkan, untuk sayapnya mempunyai warna kehitaman bercorak orange.

Burung jenis ini populasinya lebih banyak di Jawa. Maka dari itu, harganya tidak terlalu mahal yaitu sekitar 15 sampai 25 ribu rupiah. Sedangkan, yang berpotensi gacor harganya adalah 150 ribu rupiah. 

3. Burung Kemade Anakan

Untuk burung kemade anakan, penjualannya cukup jarang ditemui. Hal itu karena burung ini termasuk hewan liar. Jadi, biasanya yang dijual adalah hasil tangkapan yang sudah besar. 

Namun, ada juga yang ombyokan, tetapi belum bisa dipastikan apakah jenis kelaminnya jantan atau betina. Akan tetapi, jika sudah ahlinya, maka bisa melihat ciri-ciri burung dengan baik.

Harga burung kemade anakan cukup murah, yaitu sekitar 15 sampai 25 ribu rupiah. Harga burung ini biasanya tergantung dari kios atau penjual. 

Namun, Anda harus hati-hati ketika memilih membeli burung kemade anakan. Hal itu karena kondisinya belum terlalu jelas apakah bagus atau tidak. 

4. Burung Kemade Jantan dan Betina

Jika dilihat dari jenis kelaminnya, maka harga burung kemade tidak akan sama antara betina dan jantan. Ketika membeli berdasarkan jenis kelamin, tentu yang dijual bukan berupa ombyokan. 

Pasalnya, ombyokan belum bisa dipastikan apakah jenis kelaminnya jantan atau betina. Burung kemade jantan biasanya mempunyai bulu yang lebih indah dan kicauannya lebih nyaring.

Selain itu, juga mempunyai kicauan yang merdu dan lebih bervariasi. Oleh karena itu, harganya akan lebih mahal, yaitu sekitar 200 sampai 300 ribu rupiah  bagi yang gacor. Sedangkan, untuk betina biasanya ditarif dengan harga 15 sampai 50 ribu rupiah. 

5. Burung Kemade Gacor

Jika Anda lebih suka burung kemade yang sudah jinak dan sering gacor, maka harus menyiapkan budget lebih. Hal itu karena harganya lebih mahal, yaitu sekitar 300 sampai 450 ribu rupiah. 

BACA JUGA :  Cara Ternak Burung Puter Pelung Tahun 2023

Harga kemade gacor lebih mahal karena telah melalui perawatan terlebih dahulu. Mengingat jika burung liar tidak dirawat dengan baik dan benar maka, akan sulit gacor atau bisa menjadi trengginas. 

Maka dari itu, ini menjadi pilihan yang terbaik bagi anda yang belum mempunyai pengalaman merawat burung. 

6. Harga Burung Kemade Bunga Api

Ada juga yang berjenis burung kemade bunga api. Biasanya jenis ini tersebar di di beberapa negara. Diantaranya seperti Indonesia, Filipina, India, Bangladesh, Myanmar, dan Thailand.

Burung ini bisa Anda temukan di alam llia, tetapi bisa juga membeli yang sudah jinak. Kicauan burung ini sedikit lambat dan volumenya sedang. 

Meskipun begitu, durasi kicauannya cukup lama yaitu sekitar 1 menit. Untuk harganya sendiri bisa Anda dapatkan dengan membayar sekitar 100 ribu rupiah per ekornya. 

7. Burung Kemade Bakalan

Harga burung kemade bakalan cukup murah, yaitu sekitar 15 sampai 35 ribu rupiah. Hal itu karena kemade balakan berarti burung yang ditangkap langsung dari hutan. Jadi, perlu perawatan dan waktu ekstra untuk bisa menjinakkannya. 

Selain itu, Anda juga harus membuatkan kandang dengan kesan alam. Dengan begitu, burung akan merasa betah dan tidak stres berada di tempat yang baru. 

Baca Juga : [Update]Daftar Harga Burung Raja Udang Terbaru 2022

Tips Memilih Burung Kemade

Daftar Harga Burung Kemade Terbaru

Setelah mengetahui harga burung kemade, selanjutnya kenali juga berbagai tips jika ingin membelinya. Dengan begitu, tidak akan salah pilih dan Anda bisa menyesuaikan kualitas dengan harganya. 

1. Membeli Burung Kemade yang Masih Muda

Tips yang pertama adalah membeli burung kemade yang masih muda atau trotol. Hal itu karena biasanya lebih mudah untuk dijinakkan dan membuatnya gacor. Berbeda halnya jika membeli yang sudah dewasa, maka akan sulit gacor. 

BACA JUGA :  Makanan Anak Burung Merpati dan Cara Merawatnya

2. Pilih yang Warnanya Cerah

Kemudian, sebaiknya pilih yang warnanya cerah. Pasalnya, jika burung kemade yang warnanya cerah itu lebih bagus dan menarik. Selain itu, juga terlihat lebih sehat dan perawatannya terjaga. 

3. Tidak Cacat

Hati-hati dalam membeli burung, jangan sampai memilih yang cacat fisiknya. Baik itu pada bagian mata, tubuh, kaki, dan lain sebagainya. Jika matanya berwarna putih secara keseluruhan, biasanya burung tersebut buta atau tidak bisa melihat jelas. 

Kemudian, periksa juga bagian jarinya dan area tubuh yang lain. Apakah lengkap dan sehat atau mengalami cacat. 

Jika ada sedikit saja bagian yang kurang sehat, sebaiknya jangan dibeli. Hal itu karena kemungkinan tidak akan bisa bertahan lama dan membutuhkan perawatan ekstra. 

4. Bagian Bawah Perutnya Tidak Botak

Jangan lupa juga untuk memperhatikan bagian bawah perut burung kemade. Hal itu untuk memastikan Apakah burung tersebut suka mencabuti bulunya sendiri atau tidak. 

Jika pada bagian perut mengalami kebotakan, tidak rapi, atau rusak, maka kemungkinan besar burung tersebut sering mencabuti bulunya. Jadi, lebih baik jangan dibeli karena perilaku tersebut biasanya akan terus dilakukan. 

4. Perhatikan Keaktifannya

Daftar Harga Burung Kemade Terbaru

Tips selanjutnya adalah perhatikan keaktifan burung. Hal ini bertujuan untuk memastikannya apakah burung kemade sehat atau tidak. Biasanya burung yang sehat akan lebih aktif dan bermain-main di atas kandang. 

Kemudian, makannya juga lahap. Jadi, jika Anda melihat burung yang kurang berselera makan atau selalu berada di dasar kandang, maka sebaiknya jangan dibeli. 

5. Periksa Ekornya

Anda juga harus memeriksa bagian ekornya. Hal itu karena seringkali terjadi penjual yang memasangkan ekor palsu. Maka dari itu, harus teliti sebelum membeli burung supaya tidak tertipu.

Baca Juga : [Update]Daftar Harga Burung Punai Terbaru 2022

Itulah informasi harga burung kemade dan tips memilihnya yang bisa Anda terapkan. Jadi, akan bisa mengetahui mana burung yang benar-benar berkualitas dan sesuai dengan harga pasaran.