Cara Ternak Burung Puter Pelung Tahun 2023

Cara Ternak Burung Puter Pelung – Nada Suara dari burung puter pelung merupakan pemikat tertentu. Di mana nada suara anggungan serta iramanya menjadikan satu diantara perihal penting. Sebagai pecinta burung puter pelung untuk beternak burung tersebut.

Suara puter pelung kedengar mengalun lama atau melung, serta memiliki irama berlainan dengan suara burung puter lokal. Di mana temponya lebih semakin cepat.

Dengan suaranya yang ciri khas yang di miliki oleh burung puter pelung, serta ditambah lagi harga jualnya yang sangat tinggi. Saat suara alunannya sangat panjang, karena itu harga bakal bertambah mahal.

Cara Ternak Burung Puter Pelung

Untuk Anda yang menyaksikan perihal ini, itu adalah kesempatan buat beternak serta jualan burung puter pelung. Karena itu beternak menjadi satu diantara opsi untuk mengembangbiakkannya.

Tipe Suara Puter Pelung

Nada suara burung puter pelung mempunyai ciri khas serta beberapa karakter yang berbeda. Yang dapat dikeluarkan oleh burung puter pelung tersebut, serta di bawah ini ialah tipe nada suara burung puter pelung.

  • Slendro : suaranya kedengar ngombak atau mengalun bergelumbang.
  • Guguk : suara anggungan burung puter pelung kedengar seperti terputus.
  • Sendaren : Suaranya kedengar masih sedikit bertekanan atau mungkin tidak ngombak, panjang dan hanya datar.
  • Ngelik : tipe suaranya yang sedikit terdengar kecil serta melengking, seperti kedengar bersuara rendah. Kemudian naik tinggi, serta menurun kembali suaranya ke suara rendah lagi.

Cara dan Langkah Berternak Burung Puter Pelung

Buat anda yang ingin membiakkan puter pelung, karenanya Anda dapat mengawalinya dari memutuskan pilih indukkan jantan serta betina, pilih kandang terbaik, memberikan pakan serta lain-lain yang sesaat lagi bisa anda kenali dengan keterangan berikut ini.

Pilih Indukkan Puter Pelung Betina serta Jantan

Pilih indukkan terbaik serta punya kualitas tentu saja bakal dapat memperoleh anakkan terbaik serta punya kulitas bagus, khususnya untuk jenis betina buat burung puter pelung.

BACA JUGA :  [Update]Daftar Harga Burung Puter Terbaru 2022

Memutuskan untuk jenis betina untuk puter pelung yang memiliki kualitas, kedepannya bakal mempunyai pengaruh pada anakannya, di mana kualitasnya untuk indukkan betina akan turun kepada anakannya dengan perbandingan 55% – 65%, serta 35% – 45% mengikut indukkan jantan.

Puter Pelung Bertelur memiliki Kwalitas Hasil dari Keturunannya

  • Buat volume anakkan puter pelung, 80% bakal ikuti jantan
  • Untuk dasar suaranya anakannya puter pelung bakal ikuti indukkan betina sejumlah 80%
  • Untuk suaranya kowak ujung sebagian besar anaknya bakal ikuti indukkan jantan 70% serta 30% indukkan betina

Serta tentu saja, ke-dua indukkan, jantan serta betina mesti memiliki kualitas terbaik, oleh karenanya di bawah ialah ciri-ciri dari indukannya.

Beberapa ciri Puter Pelung Jantan Berkualitas

  • Suara depannya kedengar jelas sekali tekanannya.
  • Dasar suaranya sangat jelas serta bersih
  • Personalitasnya tidak galak, alias sangat baik.
  • Mempunyai ciri-ciri fisik yang sisi tulang supit tak dekat sama dada.
  • Wujud tubuhya serupa dengan jantung pisang.
  • Wujud kepala sempurna, serupa dengan buah pisang.
  • Kaki burungnya sangat kuat serta simetris.
  • Mempunyai suara tengah melung bersih/ngeklik serta lama.
  • Mempunyai nada ujung yang terdengar jelas tekanannya dengan 2 jeda suara ” kooo-waakkkk”
  • ¬†Semestinya, indukkan jantan puter pelung yang hendak di ternakan suaranya mendapat juara perlomba, sebab suara anggungan serta mentalnya telah terbukti di dalam lapangan.

Kandang Ternak Puter Pelung

Kandang ternak yang dapat dipakai buat burung puter pelung dapat memakai ukuran 60 cm, 60 cm, 60 cm. dapat beli kandang ternak langsung atau sobat dapat memakai kawat ram dengan kerangka dibuat dari alumunium, besi atau kayu.

Dengan ukuran yang disebut sebelumnya, cukup untuk ruangan gerak serta kenyamanan burung, serta saat anakan puter pelung telah keluar sarangnya, burung cukup bebas untuk tinggal di kandang itu, tetapi apabila sobat mempunyai kandang yang bertambah luas dari itu, karena itu tinggal pakai saja, yang perlu burung terasa nyaman.

BACA JUGA :  Cara Ternak Burung Mantenan

Selain ukuran kandang ada banyak aksesori yang lain untuk lengkapi keperluan beternak, misalnya :

  • Siapkan sarang untuk bertelur burung yang diletakkan di sudut bawah sangkar
  • Kandang jauh dari hewan predator yang menggangu kenyamanan burung, seperti tikus, ular, kucing serta hewan yang lain, supaya terbebas dari depresi.
  • Beri tangkringan di tengah kandang, sama ukuran tangkringan yang cukup serta memiliki tekstur kasar.
  • Sedapat mungkin, kandang ternak terserang cahaya matahari untuk membikin burung jadi sehat serta produktif, khususnya cahaya matahari pagi hari.
  • Apabila kandang ternak tidak terserang cahaya matahari terus saat di ternak, karena itu burung dapat diberi vitamin, mineral serta vitamin D, sebagai tukar burung tidak memperoleh cahaya matahari pagi.
  • Status tangkringan di tengah-tengah kandang serta yakinkan saat burung nangkrik, ekornya tidak berkenaan ram kawat, sebab dapat menghancurkan ekor burung.

Pakan serta Minuman Puter Pelung Ternak

Untuk pakannya dapat memberi beras merah serta milet putih yang telah di membersihkan, serta saat anakan burung mulai menetas, karena itu dapat menambah voer khusus anakan ayam.

Serta saat anakan puter pelung telah kelihatan besar, karena itu stop pemberikan voer ayam, untuk menghindar burung jadi terlampau gendut.

Pakan yang perlu di jauhi dalam beternak puter pelung, seharusnya tidak boleh memberi jewawut, sebab dapat menyebabkan pita suara terusik serta membuat pita suara burung jadi hancur.

Yakinkan air minum selalu bersih, sebaiknya tukar tiap hari air minumnya serta beri vimtain untuk mempertahankan kesehatan burung.

Beri pakan tambahan berbentuk kacang hijau, vitamin B-komplek serta mineral.

Beri Grit

Memberi grit untuk puter pelung untuk bisa bantu mengolah makanan dari beberapa bijian, sebab burung tipe ini tidak dapat buang kulit beberapa bijian serta akan makan bersama kulitnya.

BACA JUGA :  Makanan Burung Elang Terbaik

Untuk membikin grit untuk puter pelung dapat dibuat dari pasir laut, pasir gunung serta tumbukan batu bata.

Perawatan Anakan Puter Pelung

Saat indukan jantan serta betina lakukan kawin, karena itu untuk sekian hari indukan betina akan bertelur sekitar 2 -3 ekor , kemudian mendekaminya sepanjang 14 – 15 hari.

Saat anakannya telah menetas, karena itu beri pakan voer ayam khusus untuk anak ayam, supaya perkembangan puter pelung anakan cepat besar serta sehat.

Sesudah puter pelung anakan telah berusia 2 – tiga minggu, umumnya indukannya mulai akan kawin kembali serta akan bertelur kembali sesudah sekian hari.

Puter pleung anakan yang telah berusia 1,5 – dua bulan telah kelihatan besar serta dapat terus di pisah dari indukannya.

Dalam penyimpanan puter pelung akanan, dapat digabung dengan anakan yang lain yang seumuran, serta tidak boleh menambahnya dengan puter pelung berbeda usia, untuk menghindar perkelahian serta psikis burung jadi turun.

Perlu untuk dipahami, untuk menjemur puter pelung yang anakan di bawah usia empat bulan, tidak boleh kelamaan, cukup dilaksanakan 1 -2 jam saat matahari mulai ada, sebab tidak begitu terik.

Beberapa ciri Puter Pelung Anakan Yang Bagus 

Puter pelung anakan yang berusia 2 – tiga bulan, akan belajar bunyi, keluarkan suara anggungannya.

Serta di usia begitu, burung akan kelihatan kualitas moralnya bagus atau mungkin tidak.

Untuk menyaksikan kualitas puter pelung anakan bermental bagus di usia 2 – tiga bulan, dapat disaksikan dari burung mulai mbekur, rajin belajar bunyi serta suara anggungan yang baik sama sesuai persyaratan lomba.

Akhir Kata

Demikianlah artikel yang kami sajikan untuk anda, mengenai Cara Ternak Burung Puter Pelung, semoga bisa bermanfaat untuk anda sekalian, Terimakasih.