Cara Ternak Burung Mantenan

Ternak Burung Mantenan ditahun 2023 – Halo Sobat, hari ini masih Tetap dengan info mengenai beternak burung. Saat ini kami Hargaburung.id, menulis tentang burung mantenan. Untuk saat ini belumlah banyak pelaku usahawan ternakan burung ini. Walaupun tak setenar burung lovebird, kenyataannya mantenan tengah jadi target kawan-kawan pencinta burung semuanya. Mantenan mempunyai panjang tubuh sedang sekitaran 19cm. ia sebagai burung yang suka makan serangga kecil serta ulat di sekitarnya.

Ciri-ciri burung mantenan jenis jantan adalah, dia mempunyai bulu dada yang warnanya jingga atau warna oranye. Serta di bagian perutnya, memiliki warna kuning agak keoranyean. Dan di bagian kepalanya, punggungnya sampai ke ekornya punya warna abu-abu agak kehitaman. Untuk Jenis kelamin betinanya punya warna berlainan, dengan didominasi bulu warna abu-abu. Serta di bagian perutnya dan sayap punya corak atau paduan yang berwarna kuning keoranyean.

Burung mantenan ini lebih banyak dijumpai dibeberapa negara asia tenggara seperti Vietnam,Thailand, Filipina juga di Indonesia. Dinegara kita banyak dijumpai pada wilayah Bali dan kalimantan, jawa, Lombok, sampai ke pulau Sumatra.
Yang memang sedikit penangkar burung ini. kemungkinannya lantaran populasi burung tersebut dirasa masilah aman pada alam liar. Tapi jika terus-terusan ditangkap bukan tidak akan mungkin punah, Akan punah dan habis habitatnya di suatu hari kelak. Untuk kalian semua yang berminat untuk menangkar atau usaha beternak burung mantenan ini. Berikut apa saja yang perlu dipersiapkan unutk dilakukan pemeliharaan ternakan burung mantenan ini.

Cara Ternak Burung Mantenan

1. Menyiapkan Kandang

Bahan-bahan yang dipakai untuk membuat kandang burung pada umumnya. Kayu yang sangat kuat atau bisa juga dari bahan ram kawat yang umum bentuknya kotak. Kandang burung ini dibentuk berlainan berdasar pada fungsi, serta kegunaan seperti berikut ini :

Kandang Untuk Reproduksi Burung : sebagai tempat reproduksi burung atau kawin burung mantenan jantan serta betina. Tidak hanya itu kandangnya ini pun diisi sarang buat burung untuk menempatkan telur-telur burungnya kelak. Dengan tujuan hendak dierami hingga sampai menetas, maka dari itu kalian mesti menempatkannya di tempat yang nyaman. Dan juga jangan lupa menempatkan perabotan seperti cepuk makan serta minum yang lebih besar. Sebab bakal ditempati sepasang burung mantenan. Ukuran kandang kurang lebih 60cm X 60cm dengan tingginya 60cm, atau dibentuk sama sesuai keperluan jika ingin kalian bikin sendiri.

Kandang Pembesaran Mantenan : ini merupakan tempat membesarkan anakannya burung mantenan ini, yang harus dipisahkan dari indukan burungnya buat di loloh. umumnya mantenan berumur satu minggu ditambahkan dengan penghangat ruang atau lampu pijar yang agak besar.

Besar kandang ini sesuai keperluan terkait jumlah anakan burung yang hendak menempatinya kelak. selain itu berilah alas yang dirasa nyaman sebab anakan burung belum punya bulu-bulu tentunya.

Kandang Pendewasaan Mantenan : sesudah di besarkan sekitaran 1 bulanan lebih, burungnya tadi dipindah tempatkan kekandang ini buat dilatih untuk makan dengan sendirinya. umumnya ditempati maksimal 2 burung mantenan saja.

2. Menyiapkan Makanan serta Vitaminnya

Sebab mantenan sebagai burung yang suka makan serangga, jadi burung mantenan makanan intinya adalah voer. yang seperti biasa dikonsumsi. Makanan voer bisa juga untuk burung breeding yang banyak di jual dipasaran.

Untuk tambahan makanan burung, harus semakin banyak dari jumlah makanan yang biasa diberikan. sebab memanglah dalam masa ini burung mantenan benar-benar membutuhkan tambahan makanan yang dikonsumsinya. Seperti kroto, ulat hongkong,jangkrik, serta beberapa tambahan multivitamin khusus burung.

Agar burungnya masih tetap ada pada kondisi bugar. bisa juga ditambahkan buah-buahan seperti pepaya serta pisang jika ia senang. kadang ada pula burung mantenan yang menyukai makanan buah-buahan.

3. Memilih Indukan Mantenan 

Seterusnya tentukan mantenan jantan serta betina yang siap dikawinkan. seperti apa? di mana ia tidak mempunyai cacat fisik serta mentalnya yang baik. Dan ia pun tak terkena penyakit pada burung umumnya.

Mempunyai selera makan yang bagus serta pergerakannya gesit. ini bisa bakal menciptakan anakan burung yang sehat serta bekualitas. sehingga kalian harus pandai-pandailah memilih indukan terbaik ya kawan-kawan.

4. Proses Reproduksi Burung Mantenan

Untuk proses reproduksinya dekatkanlah burung jantan serta betina yang di kandangkan terpisah. sampai mereka memberikan minat yang mengisyaratkan ke-2 nya siap di jodohkan. untuk jadi pertanda ini umumnya tiga hari atau maksimalnya 7hari.

Jika sudah mengeluarkan tanda kalian langsung bisa memasukannya ke kandang reproduksi dan perkawinan akan berlangsung selama 7 sampai 10 hari sampai akhirnya burung akan membuat sarangnya yang menandakan sudah isi.

Biasanya telur akan keluar dari ibunya kurang lebih 15 hari dan akan menetas di durasi 1 bulan. setelah itu biarkan seminggu bersama indukannya sampai akhirnya anakan dipisah dari indukannya. lalu pisah indukan dikandang yang berbeda dan rawat seprti biasa sampai nantinya akan siap dikawinkan kembali.

Akhir Kata

Rekan-rekan kicau demikianlah serangkaian dari cara ternak burung mantenan yang sebetulnya tidak begitu susah, tapi jika tidak dikerjakan secara benar maka tidak berhasil dan tak berbuah hasil. Mudah-mudahan info ini berguna bagi kalian serta kita, Terimakasih sampai berjumpa kembali di artikel seterusnya.