Cara Ternak Burung Jalak Suren

Cara Ternak Burung Jalak Suren, – Burung jalak mempunyai beberapa macam jenis burung selain jalak suren. Untuk anda yang inin mengetahui lebih detilnya baca secara lengkap di Jenis Burung Jalak Bersama Keterangannya secara Komplet.
Saat ini kita akan mengulas mengenai Cara ternak Burung Jalak Suren, untuk memperjelasnya silahkan baca ulasan di bawah ini.

Jalak Suren (Sturnus contra) adalah tipe burung jalak yang mempunyai ukuran kurang lebih 24cm. Untuk burung dewasa, jalak ini mempunyai sayap yang lumayan besar. Namun kemampuan terbang burungnya, tidak jauh berbeda dengan seekor kupu-kupu. Penyebarannya mencakup Pulau Sumatera, pulau bali serta pulau Jawa untuk burung jalak suren tersebut.

Cara Ternak Burung Jalak Suren

Penyiapan Kandang Penangkaran Burung Jalak Suren 

Kandang yang bagus untuk melaksanakan kegiatan beternak jalak suren ialah mempunyai panjang ukuran kurang lebih dua meter, lebar lebih kurang satu mtr., serta tingginya sekitaran 2,25mtr., jika dirasakan area atau tempatnya yang bakal jadi tempat ternakan burung tidak terlalu baik. Anda dapat membuat kandang dengan berukuran 1x1x1 mtr.. Kandang itu dapat dibentuk dengan konstruksi

  • Bagian Sisi atap kandang dibikin setengah terbuka serta setengah tertutup. Pada sisi bagian terbuka, buat atap memakai kawat ram serta pada bagian tertutup buat atap dengan memakai asbes.
  • Sisi kiri serta kanan kandang tersebut dapat di buat dindingnya dengan memakai batu bata ataupun batako serta agar supaya kelembaban kandangnya terjaga, tidak boleh membuat plester dengan semen. Dan Sisi depan kandang burungnya harus terbuka sehingga dapat di tutup memakai kawat ram.
  • Sisi lantai tak perlu di plester, hanya memakai lantai tanah saja sudah bagus. Maksud penggunaan lantai dari tanah ialah supaya kandang masih tetap lembab serta kotoran jalak suren cepat teresapi.
  • Janganlah lupa bikinlah tangkringan atau tempat bertenggernya burung jalak suren, yang memakai balok dari kayu persegi, tempat untuk mandi jalak suren. serta janganlah lupa juga bikinlah sarang buat burung jalak suren. Sarang itu bisa dibikin memakai triplek atau kayu. Dengan bentuknya persegi serta ukuran kurang lebih 25 x25 x35 cm2, selesai sarang maka letakkan sarang tersebut di sisi atas pada kandang.

Pilih Indukan 

Calon indukkan jalak suren jantan serta jalak suren betina yang bagus ialah berusia sekitaran satu atau dua tahun, sebab di usia satu tahu atau dua tahun jalak suren siap kawin. Yakinkan calon indukan jalak suren pada kondisi baik atau mungkin tidak cacat serta calon indukannya pun telah jinak atau mungkin tidak liar lagi. agar supaya gampang untuknya saat proses reproduksi burungnya.

Memasangkan Calon Indukan

Dalam memasangkan jalak suren tidak begitu berbeda, melalui cara memasangkan burung kicau lainnya, misalnya burung kenari. Untuk memperjelasnya baca di sini Langkah Serta Panduan Ternak Atau Budidaya Burung Kenari Bagi Pemula Supaya Sukses

Harga Burung Jalak Suren Gacor

burung yang sudah terbiasa untuk berkicau dalam hal ini berarti sudah fasih mengeluarkan nada kicauan bisa dihargai cukup tinggi yaitu Rp 1.300.000 hingga Rp 1.500.000

Burung Jalak Suren Jawa

Hingga saat ini dijual di bawah Rp 1.000.000. Bila beruntung Anda bisa mendapatkan harga cukup murah, paling tidak harganya mulai dari Rp 800.000-an.

Burung Jalak Suren Anakan

Bisa dibandrol jauh lebih murah karena ukurannya yang masih kecil dan notabene belum bisa melakukan apa-apa. Masih perlu perawatan agar bisa berkembang hingga menjadi burung gacoran. Nominal yang dipasang berada pada kisaran angka Rp 350.000 sampai Rp 400.000.

Burung Jalak Suren Bakalan

Jalak suren yang masih calon gacor atau dalam proses untuk mengikuti kontes dipatok sekitar Rp 350.000.

Burung Jalak Suren Malaysia

Tidak semahal yang dari Jawa, meski berasal dari negeri seberang tapi harganya relatif murah yaitu kira-kira Rp 650.000.

Burung Jalak Suren Bahan

Jika burung masih dalam kondisi bahan, sedikit lebih murah dari yang bakalan yaitu hanya Rp 300.000-an saja.

Gambar Burung Jalak Suren
Gambar Burung Jalak Suren

Daftar Harga Burung Jalak Suren Terbaru

JENIS BURUNG JALAK SURENHARGA
Jalak Suren GacorRp 1.450.000
Jalak Suren Bakalan Atau BahanRp 330.000
Jalak Suren Jawa GacorRp 875.000
Jalak Suren Jawa JinakRp 700.000
Jalak Suren LokalRp 500.000
Jalak Suren Lokal AnakanRp 350.000
Jalak Suren MalaysiaRp 350.000
Jalak Suren Malaysia Siap BudidayaRp 650.000

Baca Juga : Harga Burung Kacer

Akhir kata

Demikianlah cara ternak  dan beberapa jenis jalak suren yang bisa Anda temukan, dengan cermat memilih bukan tidak mungkin Anda bisa mendapatkan yang unggul dan performanya mumpuni dengan harga burung jalak yang relatif miring.

Nantinya saat mulai memelihara lakukan perawatan burung jalak suren yang sesuai standar dengan pemberian makan dan kandang yang layak. Jangan lupa untuk terus melatihnya setiap hari agar dapat menjadi burung kicau yang handal.