Cara Ternak Burung Blackthroat

Cara Ternak Burung Blackthroat – Blackthroat ialah tipe burung kicauan yang memiliki banyak fans di Indonesia. Daya magnet blackthroat ialah burung ini mempunyai suara yang cukup unik dan corak badannya menarik bagi beberapa pencinta burung kicau. Burung bernama ilmiah Luscinia Obscura ini terhitung burung petengger. Blackthroat datang dari Thailand serta Tiongkok. Burung ini masih berkerabat dengan burung gereja serta kenari.

Ada banyak hal yang penting jadi perhatian dalam ternak burung blackthroat, berikut daftarnya :

  • Menyiapkan kandang untuk penangkaran
  • Perawatan blackthroat dalam penangkaran
  • Cara membandingkan pejantan serta betina
  • Penyeleksian indukan blackthroat yang bagus.
  • Penjodohan

Menyiapkan Sangkar/Kandang Untuk Penangkaran Burung Blackthroat

Sebagian besar cara beternak burung tipe apa saja umumnya merekomendasikan untuk langkah awal ialah mempersiapkan sangkar burung untuk penangkaran. Karena, sangkar atau kandang adalah sebagai suatu hal yang terpenting dalam budidaya atau beternak burung blackthroat. Ada dua tipe sangkar kandang yang pas untuk beternak blackthroat, yakni sangkar kandang diam serta sangkar kandang menggantung.

Koloni blackthroat, Untuk menghindari burung dari depresi seharusnya Sobat memakai kandang diam dan pilih lokasi yang teduh, tenang serta sejuk. Persiapkan tempat sarang dalam kandang, Sobat bisa membeli di beberapa toko burung. Beri ijuk atau sabut kelapa dalam kandang sebagai bahan pembuat sarang oleh burung blackthroat.

BACA JUGA :  Menangkap Burung yang Lepas

Perawatan Burung Blackthroat Dalam Penangkaran

Perawatan saat dalam penangkaran sebaiknya berhati-hati karena bisa berpengaruh fatal contoh:

  1. Indukan betina malas mendekami telurnya, jalan keluar: mengeluarkan pejantan dari kandang itu.
  2. Indukan betina buang telurnya, jalan keluar: mengeluarkan jantan dari kandang itu sesudah betina bertelur. Selanjutnya betina dan kandang penangkaran dipindah ketempat yang jauh dari keramaian.

Membandingkan Burung Blackthroat Jantan Serta Betina

Poin utama yang lain dalam ternak blackthroat ialah membandingkan jantan serta betina. Ketidaksamaan jantan serta betina bisa sobat temukan dengan jelas di beberapa ciri berikut ini:

  1. Jantan mempunyai bentuk tegap, panjang burung sekitaran 12 cm. Betina hampir serupa dengan jantan tetapi lebih condong bundar bentuknya.
  2. Di Jantan dewasa di bagian kerongkongan warna hitam pekat, dan di betina cuma semar-samar hitam saja.
  3. Blackthroat jantan mempunyai kepala yang besar, cukup lonjong. Kebalikannya betina mempunyai kepala yang bundar serta kecil.
  4. Kloaka atau pen di blackthroat jantan mencolok keluar dan ada benjolan sebiji kacang hijau serta bulu-bulu rawis. Dan betina mempunyai kloaka yang datar serta cuma hanya ada lubang untuk keluarkan kotoran.
  5. Paruh blackthroad jantan terlihat tebal, sedang betina paruhnya kelihatan tipis.
  6. Pejantan bernada keras, suaranya variasi serta ngerol. Sedang betina suaranya lirih atau kecil serta nada monoton
  7. Leher pejantan panjang, dan betina lehernya pendek
BACA JUGA :  Cara Membedakan Flamboyan Jantan Dan Betina

Pilih Burung Blackthroat Indukan Yang Baik

Tingkatan penting dalam ternak blackthroat ialah penyeleksian indukan. Penyeleksian indukan yang bagus bisa hasilkan turunan yang bagus juga. Indukan blackthroad yang bagus ialah blackthroad yang berusia minimum satu tahun, fisik normal, tidak mempunyai penyakit.

Penjodohan Burung Blackthroat

Penjodohan burung blackthroat terbilang sangatlah gampang, Sobat cukup tempelkan sangkar burung jantan serta sangkar burung betina sepanjang 7-14 hari. Ke-dua Blackthroat mulai birahi jika sama-sama menjawab kicauan. Seterusnya saran ke-dua burung itu dalam kandang penangkaran. Kerjakan perpindahan di waktu sore hari (mendekati maghrib), ini mempunyai tujuan untuk menghindar depresi sebab perpindahan. Karena, saat sore mendekati maghrib ialah waktu burung istirahat.

Akhir Kata

Demikianlah Cara Ternak Burung Blackthroat yang dapat Hargaburung.id Bagikan untuk kamu semua semoga bisa menjadi suatu pembelajaran dan dapat bermanfaat, Terimakasih.