Cara Sukses Ternak Burung Wambi di Tahun 2023

Cara Sukses Ternak Burung Wambi – Wambi atau banyak orang yang menyebutnya dengan nama Hwa Mei. Adalah burung yang begitu langka untuk saat ini, karena burung Wambi ini asalnya dari negri China. Dan didatangkan langsung kenegara lokal seperti Indonesia. Burung Wambi ini sudah dilarang bahkan di hentikan sejak satu kali wabah flu burung melanda.

Burung Wambi ini mempunyai suara kicau yang begitu nyaring. Serta masih begitu sedikit para maniak kicau amatir yang mau mencari keberadaan burung ini. Meskipun sangat sulit untuk ditemukan dan begitu langka. Dengan langkanya burung wambi di pasaran, hal tersebut berimbas pada harga burung yang tak stabil. Tak heran jikalau harga burung wambi ini bisa naik terus ( sangat mahal).

Namun jika kita analisa berdasarkan pada para penyuka burung wambi di Indonesia. Maka burung ini akan memberikan lapangan kerja dan peluang berbisnis yang baik. Jika kita semua mau mencoba belajar membudidayakan burung wambi. Karenanya ini memiliki prospek yang sangat bagus dalam peluang untuk berbisnis yang sangat menjanjikan.

Cara Sukses Ternak Burung Wambi Tahun 2023

Cara Sukses Ternak Burung Wambi
Cara Sukses Ternak Burung Wambi

Trik mudah untuk mengawinkan wambi

Wambi atau Hwa Mei yang dalam bahasa ilmiahnya adalah Garrulax canorus, Atau dalam bahasa Inggris di sebut Melodious Laughing atau Hwamei Tionghoa adalah hewan yang biasanya hidup didalam hutan belantara dan dihutan bambu, Burung Wambi ini adalah burung impor asli yang berasal dari Tiongkok.

BACA JUGA :  4 Jenis Makanan Burung Merak

Pakan yang disukai burung wambi, ia sangatlah suka terhadap buah juga serangga kecil-kecil. Ciri khas dan fisik pada burung wambi ini ialah paling banyak bulu-bulunya warna coklat, didekat garis alis mata mempunyai warna putih. Panjang badan burung wambi ini sekitaran 26cm dan agak sedang, dengan paruhnya dan kaki berwarna kuning.  Burung wambi ini juga termasuk dalam burung yang pintar dan bisa meniru suara burung berceloteh jenis lain.

1. Proses Reproduksi [/H3]

Burung Wambi dewasa siap kawin atau kawin saat berumur sembilan bulan khusus untuk indukan betina, tetapi untuk jantan umur 2-3 tahun sudah siap dan bisa dikawinkan. Dengan menyandingkan wambi, sebaiknya dengan jumlah cara dan tingkatan yang tepat, sehingga Anda berhasil mereproduksi cetakan anakkan Burung Wambi yang berkualitas seperti yang diharapkan tentunya.

Level Awal Sebelum perkawinan antara dua burung/pasangan indukan, sebaiknya mereka dimasukkan ke kandang yang berbeda terlebih dahulu. Tetapi mereka ditempatkan berdampingan agar kedua burung wambi ini sadar akan pasangannya dan terlatih dengan baik terhadap lingkungan dan beradaptasi dengan cepat. dan proses mengenal burung ini membutuhkan waktu sekitar satu minggu (7 hari), analisis dan ketertarikan terhadap hal tersebut. terhadap dua burung tersebut.

Jika ia telah menunjukkan sikap timbal balik yang dekat antara kicau jantan dan betina, dan jika kedua burung beristirahat bersama dan meringkuk bersama dalam tidurnya, kemungkinan besar burung tersebut sudah cocok dan dapat memiliki keduanya di kandang reproduksi yang sama. yang sudah dipersiapkan sebelumnya.

BACA JUGA :  10 Burung Punah Teratas yang Tidak Anda Ketahui

Jika dilakukan perjodohan antara jantan dan betina pasti akan kawin dan menghasilkan telur, dan mengerami (ngngkrem) yang betina mengerami selama 14 hari, jika telur sudah menetas, barulah diberikan pakan yang mengandung protein dan nutrisi yang baik pada inkubator tersebut. Induk burung atau anakkan burung wambi yang diinkubasi oleh betina selama satu hingga dua minggu dapat bertumbuh dengan baik.

Selama masa ini, anakkan burung wambi dapat dipisahkan melalui inkubator yang telah dipindahkan ke kandang pembesaran khusus (inkubator) untuk merawat anakkan burung wambi, dengan tujuan agar indukan tidak fokus merawat anakkannya yang baru pertama kali menetas. Waktu bisa difokus untuk membiakkan telur baru dan bertelur lagi.

2. Pakan yang di Berikan

Burung wambi tersebut termasuk tipe burung omnivora maka dari itu pakan nabati yang diperoleh yang diberi padanya berbentuk : Buah Pepaya, Buah Apel, Buah pir, Buah pisang serta ketimun. Akan tetapi buat makanannya yang punya kandungan hewani yaitu misalnya : Kroto, jangkrik, cacing tanah, belalang, ulat kandang serta ulat hongkong.

Tak cukup hanya itu didalam pemberian pakan alami seperti nabati serta hewani, akan tetapi sobat selaku peternak sebaiknya memberi pakan pokok tiap harinya dengan memakai voer yang terbaik serta banyak. Itu dapat membantu buat tumbah kembangnya pada burung indukan/anakan wambi itu sendiri.

Voer yang di konsumsi burung wambi sangatlah baik serta kaya akan protein, gizi, mineral, nutrisi serta masih ada banyak lagi. hingga sanggup melengkapi keperluan konsumsi burung yang di tangkar (diternak) tersebut, Agar supaya cepat membuahi telur serta aktif untuk selalu berproduksi secara baik.

BACA JUGA :  Mengenal Lebih Jauh Burung Maleo

Bagaimanakah Caranya Memilih Indukan Burung Wambi yang Mempunyai Kwalitas?

Beberapa ciri seperti berikut ini :

  • Sering berkicau dengan kwalitas suaranya yang terbaik, dan gacor pastinya.
  • Burung yang bergerak dengan gesit, lincah serta sangat aktif.
  • Wujud bentuk dari ujung kepalanya sampai ujung kakinya normal, tak ada cacat.
  • Mempunyai bulu-bulu yang rapi serta bersih.
  • Mata burung apabila di lihat bersih, bening, sangat jernih serta tak terkena penyakit katarak.

3. Penyiapan Kandang Burung Wambi

Langkah pertama buat ternak burung wambi, yaitu tentukan kandangnya yang memiliki kualitas supaya bisa menjadi lancar proses ternak burungnya itu. Tapi adanya faktor-faktor yang bisa memastikan kwalitas dari kandang, yang pantas buat di jadikan kandang ternak burung itu yakni :
Tipe bahan berkualitas yang akan dipakai untuk membuat kandang ternak burung ini, dengan memakai bahan-bahan yang kuat dan baru, yang tak gampang lapuk, seperti kayu-jati, kayu-kaso yang kuat, kawat yang tebal dan baja ringan alumunium, buat fondasi serta sket kandang burung wambi itu.

Cara Membuat kandang burung Wambi: bikinlah 3 tipe model kandang dengan tujuan serta fungsi yang tidak sama, seperti kandang ; Pembesaran burung wambi, Reproduksinya serta Pendewasaan Burung.

Akhir Kata

Demikianlah artikel yang kami tulis mengenai Cara Sukses Ternak Burung Wambi, Semoga bisa bermanfaat untuk kita semua khusnya untuk anda yang sedang mencari artikel cara beternak burung wambi. Terimakasih sampai jumpa kembali di artikel berikutnya.