Cara Merawat Kinoi Agar Cepat Gacor

Cara Merawat Kinoi Agar Cepat Gacor РKali ini kami hargaburung.id memberikan tips cara merawat Burung. Burung Kinoi atau Cucak Rante Mas adalah anggota dari keluarga burung Cica Daun. Serta masih berkerabat dekat dengan burung Meranti, Cucak Ijo (CI) serta Cucak Ijo Mini (Jomin).

Bulu-bulu di sekujur kebanggaannya berwarna hijau bening dengan rona kebiruan di dahi, kerongkongan, serta segi bagian kepalanya.

Burung kinoi, atau kerap disebutkan burung Cekcor, tidak begitu dikenal oleh kicauu Mania karena persebarannya yang paling terbatas.

Cucak Kinoi atau Cica Daun Sumatera tidak dikenal disebagian daerah, hanya diketemukan dari Aceh sampai Bukit Barisan, sampai Lampung.

Cara Merawat Kinoi Agar Cepat Gacor

Burung Kuchak kinoi memiliki suara nyaring yang kuat serta tajam hingga benar-benar pas dipakai sebagai burung master.

Burung kinoi tidak begitu depresi serta mudah menyesuaikan diri dengan lingkungan baru. Hingga mudah dipiara serta secara cepat keluarkan suara bahkan juga dari jauh.

Perawatan burung kenoi hampir sama dengan perawatan burung Meranti atau Merak Ejo Mini yang lain setiap hari.

Tetapi untuk mempermudah perawatan harian, burung Cucak Kinoi/Cekcor perlu makan makanan voer (ngevoer).

Panduan latih burung kinoi makan voer (ngevoer):

  • Pisang kepok di kupas dan dilumatkan serta diberi voer halus¬† hingga saat burung kinoi makan pisang maka voer juga ikutan di makan.
  • Kinoy / Cucak Rante Mas, Kerjakan proses ini setiap hari sampai burung ingin makan Voernya biasa juga tanpa pisang atau pakan tambahan (EF).
  • Setelah sesudah makan voer semingguan, tidak boleh memberikannya buah lain dari pagi sampai siang, hanya memberinya voer kering + air minum saja.

Umumnya, saat seekor burung kinoi lapar, dia akan makan juga voer yang ada dalam cepuknya karena dia tidak memiliki makanan lain untuk dimakan.

BACA JUGA :  Cara Merawat Burung Cililin

Beri kinoi voer yang serupa dengan yang dipakai dipisang sebelumnya, agar dia tidak merasa asing deng rasa dan aroma voernya.

Tetapi ia tidak boleh makan buah sepanjang hari, cukup berikan voer, serta air minum agar burung kinoi makan voernya, tapi berikan mereka juga sekitaran 3-5 jangkrik kecil pada pagi serta sore hari.

Perawatan yang pas untuk burung  kinoi agar cepat gacor:

1. Kondensasi

Jika cuaca mendukungnya, berikan makan burung kinoi dengan setiap hari di jam 5:00 atau 5:30 pagi atau pas saat matahari keluar sampai matahari mulai berkilau. Di saat diembunkan, berikan makan sekitaran 3 ulat Hong Kong.

Saat diembunkan, burung cucak kinoi biasanya akan berkicau dengan keras, membuatnya lama lama berbunyi, dan membuatnya semangat menyanyi.

2. Perawatan mandi serta pengeringan

Jam 07.00 atau 08.00 pagi, pakai sprayer untuk menyemprotkan burung kinoi secara halus serta lancar, atau biarkan burung kinoi mandi sendiri didalam cepuk.

Setelah mandi, berikan makan sekitaran 3 jangkrik kecil terus dari tangan supaya burung kinoi mengenal pemiliknya serta selekasnya akan jinak.

3. Kemudian memberikan makan jangkrik

Pertama kali diangin-anginkan sampai semua bulu-bulunya kering, kemudian dikeringkan dengan teratur sepanjang 1-2 jam setiap hari dalam cuaca yang bagus.

Setelah kering, menggantungkan kandangnya pada tempat teduh serta menyediakan sekitaran satu sendok makan kroto segar.

Sekali dalam satu minggu juga, jaga burung kinoi Sobat tetap sehat serta bernyanyi dengan memberikan mereka air minum yang diperkaya vitamin khusus burung.

4. Pemberian makan serta pemberian makanan tambahan (EF)

Berganti-gantian buah-buahan seperti pisang boa serta kepok, pepaya, apel, sawo, atau buah-buahan yang lain tiap hari agar burung kinoi tidak jemu serta penuhi keperluan vitaminnya.

BACA JUGA :  Manfaat Memberi Makan Burung Secara Manual Dengan Tangan

Selainnya memberikan makan daging serta buah, penambahan makanan tambahan (EF) seperti jangkrik, ulat hongkong, cacing kandang, serta cacing hitam untuk penuhi keperluan proteinnya.

Beri sekitaran 3 ekor jangkrik sebelum mandi pagi serta 3 ekor kembali mendekati istirahatnya.

Berikan makan ulat hongkong dengan lebih kurang 3 ekor di saat dia di embunkan pada pagi hari. Serta 3 ekor ulat hongkong kembali di sore hari saat mendekati istirahat.