Cara Merawat Burung Cililin

Cara Merawat Burung Cililin – Cililin sebagai burung master menjadi daya magnet bagi para penggemar burung kicauan, utamanya murai batu. Tetapi cukup banyak juga kicaumania yang akui “jera” memiara burung ini, sebab rawan mudah mati dan depresi. Pasti ini tidak sepenuhnya betul. Bagaimana pun, semua tipe burung kicau tidak terkecuali cililin perlu perawatan dan perhatian yang stabil dari pemiliknya. Artikel ini mengenai bagaimana perawatan burung cililin agar tidak mudah depresi, serta tidak membuat sobat bosan memeliharanya.

Cara Merawat Burung Cililin 

Beberapa Masalah Dalam Merawat Burung Cililin

Dalam perawatan burung, tentu ada masalah yang mengikutinya. Tiap masalah tentu ada jalan keluarnya. Begitupun dalam perawatan burung cililin. Berikut beberapa masalah perawatan yang kerap ada dalam perawatan cililin.

1. Burung macet bunyi

Macet bunyi di cililin itu karena penyakit di aliran pernapasan, tapi juga bisa karena stres. Jika burung tidak menunjukkan tanda-tanda penyakit, tetapi sikapnya terlihat resah, burung kemungkinan mengalami stres.

2. Burung tidak ingin makan voer

Saat berpindah lokasi atau ganti pemilik, cililin yang awalnya telah ngevoer beralih sepenuhnya tidak ingin mau makan voer lagi. Apabila didiamkan, hal ini dapat berpengaruh fatal. Ada banyak hal terjadi hingga cililin tidak ingin makan, diantaranya :

  • Burung menolak Voer yang diberikan, karena mereka terbiasa dengan Voer lama. Jika burung itu dibeli dari teman, atau bukan dari pasar, sebaiknya tanyakan kepada pemilik sebelumnya merek/jenis Voer apa yang biasanya diberikan pada burung cililin.
  • Burung merasa tidak nyaman di tempat/lokasi menggantung sangkar. Untuk masalah ini, coba ganti lokasi setiap dua jam sekali. jika Anda melihat burung masih belum menyentuh makanannya.
  • Burung masih menderita stres setelah penerbangan panjang atau jauh. Untuk alasan ini, burung harus disimpan di ruangan/tempat yang teduh dan tenang selama beberapa hari. Biasakan menggunakan BirdFirstAid untuk burung yang baru dibeli yang membutuhkan waktu untuk menyesuaikan.

3. Burung mati karena terlalu lama dijemur

Cililin seharusnya tidak boleh dijemur begitu lama, sebab menyebabkan kematian. Burung ini condong tidak kuat panas. Ketika dijemur dia akan mengalami dehidrasi yang berbuntut kematian.

PERAWATAN HARIAN BURUNG CILILIN

Berikut panduan perawatan harian yang dapat diaplikasikan di burung cililin agar tetap rajin bunyi serta tidak mudah depresi yang berbuntut kematian.

Dalam perawatan sehari-hari, cililin bisa juga menggunakan makan telur rebus sebagai alternatif kroto setiap harinya. Pergantian kroto dengan pakan lain seperti telur rebus dapat mempermudah perawatan. Apa lagi bahan ini gampang sekali didapat di pasaran.

Walau ada asumsi cililin yaitu, burung yang susah dipiara, jika kita teratur serta stabil dalam menjaga, bisa saja membuat lebih sehat, gacor, serta dapat hidup lebih lam.

Langkah Menjaga Cililin

1. Memandikan Burung Cililin

Jika masih giras, mandikanlah memakai menggunakan tangan Anda. Dengan burung dekat tempat air dan selanjutnya lap dengan lembut dan secara perlahan-lahan dengan tangan Anda sampai bersih dan tidak basah.

2. Pengembunan serta Angin-Anginan

Pengembunan serta diangin-anginkan benar-benar baik untuk kesehatan sang cililin. Proses pengembunan bisa dilaksanakan di antara jam 5.00 pagi sampa 5.30 atau 6.00 pagi. Saat sebelum dimandikan, yakinkan untuk diangin-anginkan lebih dulu supaya burung lebih segar.

3. Proses Penjinakkan

Bukan hanya di cicilin saja, semua tipe burung harus melalui penjinakkan appabila sobat membelinya. Biasanya tiap burung yang baru mengenal pemilik baru akan giras. Sudah pasti saat sebelum Sobat beli, harus tahu seperti apakah memilih cililin yang berpotensi baik. Penjinakkan bisa sobat mulai dari tempatnya. Coba untuk memberi lokasi yang baik, jauh dari pengganggu hewan-hewan agar cililin tidak stres.

Cara menjinakkannya ada banyak. Tetapi menurut beberapa pakar cililin, cara yang bagus adalah memakai perilaku Anda. Sering-seringlah ada dalam setiap aktivitas cililin seperti memberi makanan, dengan tangan anda sendiri juga sering memandikannya. Dengan demikian, secara perlahan-lahan cililin mulai sadar jika Anda bukan makhluk menakutkan yang perlu dijauhi olehnya.

4. Beri pakan

Untuk pakannya beragam. Beri voer di pagi hari dibarengi dengan makanan EF seperti ulat hongkong atau jangkrik. kadang-kadang cililin tidak ingin makan voer karena tidak biasa di tempat tangkarangnya dulu. Bila Sobat alam permasalahan ini, coba untuk cari lokasi yang sepi serta biarkan sepanjang 30 menit selanjutnya beri voer lagi. Jika tetap tidak ingin, coba untuk menambah voer serta kroto selanjutnya berikan kepadanya.

Selain voer, ingat untuk memberi makanan EF seperti jangkrik tiap ekor pagi serta sore hari sekitar 3-4, sore dan pagi. Sebagai alternatif selain jangkrik, sobat bisa memberinya ulat hongkong yang juga bisa membantu tingkatkan birahi sang cililin. Sebagai makanan tambahan, sobat bisa memberinya makanan buah, bijjin, sayuran.

Yakinkan untuk penuhi konsumsi BirdVit serta BirdMineral untuk burung sebab dapat membantu dalam membuat tulang serta penuhi konsumsi vitamin sang cicilin. Untuk membuatnya jinak, beri makanan memakai tangan sobat, khususnyak dalam mempersembahkan perut jangkrik.

P E N U T U P

Demikian informasi seputar cara merawat burung Cililin, semoga ada manfaatnya buat Anda dan penggemar burung lainya.