Cara Mengobati kaki Burung Tidak Mencengkram

Cara Mengobati kaki Burung Tidak Mencengkram – Tahukah Kamu? Kaki burung yang selalu diangkat serta tidak mencekram bisa saja tanda-tanda ada permasalahan serius. Tetapi, kadang keadaan ini malah disalah artikan oleh pemilik burung sebagai tindakan unjuk kebolehan.

Lalu, apa pemicu hewan bertingkahlaku semacam itu serta bagaimanakah cara mengobati kaki burung yang tidak mencengkram?

Pemicu Kaki Burung Tidak Dapat Mencekram

Berikut sejumlah pemicu yang umum terjadi saat kaki burung tidak dapat mencekram:

1. Kaki Burung Cedera

Saat merasakan burung piaraan selalu mengangkat samping kakinya, Kamu layak curiga. Lihat baik-baik keadaan kaki piaraan Kamu, bisa saja kakinya sedang cedera.

2. Bengkak Lantaran Penyakit Tertentu

Selain cedera, burung yang kerap mengangkat kakinya bisa juga disebabkan karena bumble foot atau lebam bubulan. Saat Kamu mengecek kaki burung dengan cermat, maka kelihatan lebam serta berkerak.

Penyakit ini sering serang burung Kenari. Tetapi, tidak tutup peluang burung Lovebird, Kacer, serta Murai Batu alami penyakit sama.

 

Ciri-ciri penyakit yang dapat membuat kaki burung tidak nyengkram ini berbentuk timbulnya tonjolan seperti jerawat kecil di antara jemari, telapak kaki, serta pangkal kuku. Jerawat kecil ini warna merah muda.

Lebam bubulan dapat karena sebab tangkringan yang tidak sesuai dengan serta kotor, burung terlampau gendut, kekurangan nutrisi, atau kebanyakan konsumsi makanan memiliki serat.

3. Kaki Burung Digigit Nyamuk 

Kamu kemungkinan bingung, nyamuk dapat menggigit kaki burung? Ya, nyamuk dapat menggigit kaki burung serta mengakibatkan lebam. Selaen itu, beragam tipe penyakit yang disebabkan karena virus, jamur, bakteri, serta lainnya bisa juga disebarkan lewat gigitan nyamuk ini.

4. Bengkak di Pembuluh Darah

Apabila Kamu mendapati urat-urat yang mencolok di burung piaraan, itu sebagai tanda ada bengkak pembuluh darah. Walau pemicu tentu lebamnya pembuluh darah ini belumlah diketahui, beberapa pakar menyangka hal itu disebabkan karena bentrokan di kaki burung.

Bentrokan itu membuat ligamen ketekan hingga pembuluh darah jadi mampet.

5. Mengalami Scaly Leg (Kaki Berkerak)

Sudah pernahkah Kamu menjumpai kerak di kaki burung yang tidak ingin mencekram? Keadaan ini disebutkan scaly leg. Pemicu dari kaki burung yang berkerak ini ialah knemidocoptes pilae atau tungau berkaki delapan yang memiliki ukuran benar-benar kecil.

Scaly leg umumnya dirasakan oleh burung Kenari serta sejumlah kecil burung Parkit. Penyakit kaki berkerak ini dapat menyebar ke burung yang lain alami contact terus dengan burung pasien ingin pun di turunkan dari induk ke piyik.

6. Mengalami Kram atau Kejang

Saat kaki burung tidak ingin nyengkram serta kerap diangkat, bisa saja piaraan Kamu alami kram atau kejang di kaki. Kram atau kejang di kaki burung ini biasanya karena sebab kecapekan serta belum dikasih pakan hingga kekurangan gizi (vitamin B1).

7. Timbul Goresan Merah

Lihat kaki burung yang tidak ingin mencekram. Apabila ada goresan merah di kakinya, kemungkinan besar piaraan Kamu alami infeksi karena jamur, cedera tergesek, ingin pun gigitan nyamuk.

Cara Mengobati Kaki Burung Tidak Mencengram

Saat kaki burung piaraan tidak dapat mencekram, Kamu tak perlu cemas. Kamu dapat menanganinya sendiri dengan 7 langkah menyembuhkan kaki burung yang tidak nyengkram berikut ini:

1. Mengobati Kaki Burung yang Cedera

Berikan antiseptik di sekitaran cedera untuk menahan munculnya infeksi. Untuk percepat proses pengobatan cedera, beri pakan yang bergizi serta multivitamin tambahan.

2. Mengobati Lebam di Kaki Burung

Hal pertama kali yang perlu Kamu kerjakan ialah bersihkan serta membenahi tangkringan. Lilit tangkringan itu dengan perban atau kain bersih. Selanjutnya beri pakan burung yang berkualitas serta memiliki nutrisi tinggi.

Jika lebam udah cukup kronis, Kamu dapat memoleskan birdcream serta memberi perban di kaki burung. Saat sebelum memoleskan cream itu, membersihkan kaki burung dengan cairan antiseptik lebih dulu.

3. Mengobati Kaki Burung yang Lebam Karena Digigit Nyamuk

Kamu dapat memoleskan minyak tawon, minyak kayu putih, atau birdcream di kaki burung yang lebam sebab gigitan serangga. Kemudian, beri kain penutup atau kerodong di sangkar burung untuk melindunginya dari gigitan nyamuk. Jauhi pemakaian zat kimia atau obat nyamuk, sebab bisa mengakibatkan burung alami keracunan.

4. Mengobati Pembuluh Darah Lebam di Burung

Pertama, taruh burung di sangkar karantina yang sudah dikasih handuk halus di sisi dasar sangkar. Kemudian, berikan orajel di pembuluh darah yang lebam.

Orajel sebagai obat yang dipakai untuk menggairahkan perkembangan gigi bayi. Tetapi, produk itu dipercaya bisa kurangi ngilu di pembuluh darah burung yang lebam.

Untuk kurangi bengkak, berikan cream vitamin A serta D, dan beri obat Dimethyl sulfoxide (DMSO).

5. Mengobati Scaly Leg

Apabila Kamu merasakan scaly leg di burung, selekasnya oleskan dengan birdcream supaya lesi atau kerak tidak makin melebar. Pakai cotton bud untuk memoleskan cream itu.

6. Mengobati Kram

Kunci menangani kram di kaki burung ialah tidak boleh terlambat memberi pakan. Selaen itu, beri tambahan multivitamin, terutamanya vitamin B-komplek.

7. Mengobati Goresan Merah di Kaki Burung

Selekasnya membersihkan kaki burung dengan cairan antiseptik, selanjutnya berikan birdcream. Tetapi, di keadaan goresan merah udah menyebar ke anggota badan lain, piaraan Kamu tidak bisa sembuh keseluruhan.

P E N U T U P

Itulah pemicu serta langkah Cara mengobati kaki burung tidak mencengram . Maka, tidak boleh kira sepele tingkah laku burung yang selalu mengusung kakinya. Selekasnya bertindak untuk penyembuhan atau membawa piaraan Kamu ke dokter hewan untuk pengobatan yang lebih baik.