Cara Mengembangbiakkan Burung Kenari

Cara Membiakkan Burung Kenari – Kenari merupakan burung paling cantik buat di pelihara dirumah, sebab gampang di rawat serta relatif suka menyendiri. Akan tetapi, sebuah hal penting terkait burung kenari ialah tak sesimpel itu buat mengembangbiakan burung tersebut. Membiakkan burung kenari membutuhkan rencana yang matang, perlengkapan pribadi, makanan spesial, serta ke beruntungan. Penting buat membiakkan burung ini secara benar sebab Sobat harus pastikan lingkungannya yang bebas dari depresi sehingga kesempatan untuk menghasilkan anakan burung semakin lebih baik. Apabila Sobat merencanakan buat mengembangbiakan burung kenari, kerjakan hal itu apabila Sobat dapat menjaga anakkan dari burung kenari tersebut.

Cara Mengembangbiakkan Burung Kenari

Mempersiapkan Kenari untuk Berkembangbiak

1. Belilah Peralatan Buat Perkembangbiakan Burung Kenari.

Selain mempersiapkan peralatan dasar untuk burung tersebut, Sobat membutuhkan kandangnya yang besar, agar supaya burung kenari berkembangbiak dengan baik. suatu sarang buat kenari berkelamin betina agar supaya bisa bertelur, serta persiapkan bahan sarangnya yang hendak dipakai buat betina agar dirinya membuat sarang sendiri. Sobat juga membutuhkan lampu penerangan supaya bisa mencahayai kandang apabila wilayah Sobat hanya dapat memperoleh cahaya kurang dari 14jam setiap hari.

Adanya kandang khusus untuk perkembangbiakan untuk kenari jantan serta betina buat keduanya terbiasa tanpa adanya kontak. Kandang ini mempunyai pembatas pada bagian tengah yang dapat di lepaskan apabila Sobat telah siap buat membebaskan kenari berkembangbiak keduanya.

Sarang untuk membiakkan kenari ada juga ditoko-toko penyuplai peralatan hewan piaraan khusus. Apabila sobat ingin beli sarangnya yang sudah siap pakai, Sobat perlu membeli juga bahan untuk sarangnya, yang akan dibutuhkan burung kenari ke sarang yang telah siap.

2. Memisahkan Burung Kenari Sampai Datangnya Waktu Buat Berkembangbiak.

Burung Kenari harus di tempatkan didalam kandangnya sendiri, terkecuali ia berkembang biak dengan aktif. Kenari berkelamin jantang condong menyukai perkelahian. satu ekor kenari jenis jantan dapat membunuh kenari jenis betinanya, apabila kenari betinanya itu belum siap buat berkembangbiak. Akan Tetapi, kandangnya dapat diletakkan di ruang yang serupa. Tetapi mempunyai batasan.

BACA JUGA :  Makanan Anak Burung Merpati dan Cara Merawatnya

3. Cermati Tanda-tandanya Kenari Ada Dalam “Keadaan”, Artinya siap buat Berkembangbiak.

Perkembangbiakan umumnya tampak pada musim semi. Kenari menyukai berkembangbiak apabila suhunya sekitaran 21derajat Celsius serta adanya sinar sepanjang 14jam. Keadaan ini dapat dijalankan didalam ruangannya, buat mendorong perkembangbiakannya. Burung Kenari jantan serta betina mempunyai sikap berlainan sewaktu siap buat berkembangbiak.

Kenari jenis jantan umumnya akan masuk ke keadaan siap berkembangbiak sebelum kenari betina. Pertanda kenari jenis jantan ini siap berkembangbiak dengan keadaan menjatuhkan sayap sewaktu berkicau, serta kicauannya dengan suara lebih parau serta semakin keras. Kenari jantan akan menari di sekitar kandangnya serta lebih protektif apabila kenari jantan lainnya ada di dekatnya.

Kenari jenis betina kerap kali mulai akan menyobek kertas, seakan-akan sedang mempersiapkan sarangnya, apabila ada pada keadaan ini maka ia siap berkembangbiak. Akan Tetapi, pertanda kesiapan yang paling meyakinkan ialah saat duburnya terlihat merah serta lebam. Kenari jenis jantan akan menaikkan ekor serta terlihat merunduk apabila kenari jantan lain ada didekatnya.

4. Tempatkan Kenari Jenis Jantan Serta Betina Secara Bersebelahan, Tetapi Tidak Dalam Kandang Yang Sama.

Tempatkan kandang kenari bersebelahan atau taruh keduanya dalam satu kandang untuk proses berkembangbiak. yang ada pembatas di tengah-tengahnya. Ini akan membuat burungnya terlatih antara satu sama lain, serta perilakunya itu bakal memperlihatkan apabila kedua burung tersebut sudah siap berkembangbiak.

5. Tambahkan Sarang disamping Kenari Jenis Betina Didalam Kandang Pengembangbiakan.

Apabila Sobat memanfaatkan kandang yang sedikit besar serta bukan kandang untuk pengembangbiakan, tempatkan sarangnya itu dalam kandang kenari betina. Saat kenari betinanya telah menambahkan bahan sarang kesarangnya, karenanya ini merupakan pertanda jika dia siap buat berkembangbiak.

BACA JUGA :  4+ Cara Merawat Anis Merah Biar Cepat Teler

6. Berikan Makanannya Yang Tepat.

Kenari yang bersarang harus dikasih makanannya yang tepat, yang terbagi dalam beberapa bijian yang telah di perkaya vitamin. Makanan yang lembut, serta kalsium tambahan. Untuk beberapa minggu saat sebelum perkembangbiakan sampai ia usai memberikan makan anaknya. Cangkang keras didalam cumi atau butiran granit (grit) dianjurkan untuk diberi untuk kenari agar supaya memperoleh kalsium tambahan yang dibutuhkan buat menghasilkan telurnya yang sehat. Beberapa makanan khusus ini tersedia dibeberapa toko burung piaraan.

Mengembangbiakkan Burung Kenari

1. Tempatkan Burung Kenari Berbarengan Apabila Adanya Tanda Kedua Kenari Siap Berkembangbiak.

Cara Mengembangbiakkan Burung Kenari, hal ini dapat ditandai dengan kecupan diantara kedua kenari serta kenari jenis betina mulai menempatkan bahan sarangnya didalam sarang. Apabilanya ada pada keadaan siap berkembangbiak, kenari jenis jantan serta betinanya akan mengawali “berciuman” lewat batang-batangnya yang dipartisi kawat dengan menyentuh paruhnya. Kecupan dapat terjadi segera atau sekian hari sesudah kenari di tempatkan bersebelahan. Apabila sudah siap berkembangbiak, Sobat dapat meletakkan keduanya dikandang yang sama.
Simak apabila muncul perkelahian antara keduanya. Segera pisahkan serta lihat tanda-tandanya apakah kedua burung masih juga dalam keadaan siap berkembangbiak. Untuk proses berkembangbiaknya dapat memiliki sifat agresif, jadi yakinkan Sobat melihat pengembangbiakan serta ini bukanlah perkelahian biasa.

2. Perhatikan Tingkah Laku Berkembangbiaknya.

Hal ini diawali kenari jantan yang mesra dengan kenari betinanya. Apabila kenari betina telah siap, dia bakal merundukan kepalanya, mengisyaratkan kesediaan. Dalam keadaan ini Kenari jantan bakal tunggangi kenari betinanya.

3. Carilah Telurnya Didalam Sarangnya.

Kenari betina dapat bertelur antara 2-6butir. Burung kenari bakal bertelur sebutir sehari, umumnya pada pagi hari. Anak kenari umumnya memerlukan waktu 14hari buat penetasannya. Anak kenari bakal menetas tanpa ada bantuan.

BACA JUGA :  Harga Burung Kenari

4. Biarkan Anakan Kenari Bersama Kenari Jantannya Serta Betina Sampai ia Mulai Makan Dengan Sendirinya.

umumnya saat berumur sekitaran tiga minggu. pada mulanya, indukan kenari akan bersama anaknya serta ayahnya akan membawa makanannya untuk kenari betina. Kemudian, dengan bertahap, kenari jantan bakal menggantikan pekerjaan memberikan makan anaknya, untuk meyakinkan anak-anaknya memperoleh makanan yang cukup. Apabila anakan kenari mulai makan dengan sendirinya serta bulu-bulu anak kenari tumbuh, ini memiliki arti bulu pada sayapnya sudah cukup untuk bisa terbang, Sobat dapat mengeluarkannya dari sangkar serta memasukannya ke kandang tersendiri.
pada tahapan ini, Sobat harus juga pisahkan dengan orangtuanya.

Akhir Kata

Kenari bukan burung yang suka bergerombol, jadi tempatkan kenari jantan serta betina dikandang yang sama saat kedua kenari belum siap untuk berkembangbiak. Demikian artikel Cara Mengembangbiakkan Burung Kenari yang kami buat terimakasih, sampai jumpa di artikel selanjutnya.