7 Cara Mengatasi Murai Ngelowo dan Penyebabnya

cara mengatasi murai ngelowo
Sumber : Wikimedia

Burung Murai ngelowo dengan berbagai penyebab menjadi hal yang menyebalkan bagi para pencinta burung. Tapi, biasanya ada beberapa cara mengatasi Murai ngelowo yang mudah dan tepat agar menjadi lebih baik.

Pada dasarnya, Burung Murai yang ngelowo adalah perilaku alami saat ada perasaan yang kurang nyaman. Namun, jika tidak ditindaklanjuti dikhawatirkan menjadi suatu kebiasaan yang sulit ditangani.

Baca Juga :  Cara Menaikan Emosi Murai Batu, Ampuh Pasti Langsung Fight

Penyebab Burung Murai Ngelowo

cara mengatasi murai ngelowo
Sumber : Wikimedia

Penyebab perilaku ngelowo yang biasa terjadi pada Burung Murai berbeda antara satu dengan yang lain. Kemungkinan karena adanya perbedaan karakter dari burung itu sendiri. Berikut beberapa penyebab Burung Murai Ngelowo:

1. Over Birahi

Burung Murai yang ngelowo bisa disebabkan oleh over birahi karena adanya salah pola perawatan dan tidak bisa memantau perkembangan burung. Kondisi birahi tinggi tetapi tidak disertai dengan tenaga yang prima.

Sebenarnya birahi yang tinggi cukup bagus untuk kontes, tapi tetap harus diimbangi dengan power yang kuat agar Burung Murai bisa tampil dengan maksimal. Burung Murai ngelowo sebenarnya wajar, tapi jika keterlaluan termasuk tidak baik. 

Over birahi disebabkan karena kurang konsisten perawatan harian. Misalnya pemberian EF yang sama secara terus-menerus, porsi umbar, dan porsi embun, sehingga membuat birahi Burung Murai jadi naik.

2. Terlalu Sering Dilombakan

Sama seperti manusia, burung juga perlu untuk istirahat dalam bekerja agar mental dan staminanya tetap dalam kondisi yang prima.

BACA JUGA :  Cara Menaikan Emosi Murai Batu, Ampuh Pasti Langsung Fight

Apabila Burung Murai terlalu sering dibawa ke arena lomba, bisa membuat mentalnya down karena terlalu dipaksa untuk berlomba dalam kondisi fisik yang kurang sehat.

3. Mental Belum Siap Tarung

Meskipun Burung Murai termasuk burung tipe petarung, tapi tidak semua memiliki mental bertarung yang baik meski dari trah petarung. Terlebih lagi burung yang masih mudah dan belum cocok untuk dibawa ke arena tarung.

Kondisi mental yang kurang siap tersebut membuat Burung Murai bisa ngelowo saat di trek di gantangan.

4. Burung Murai Terlalu Jinak

Para pecinta burung petarung pasti kurang suka jika Burung Murainya terlalu jinak dan hilang ketampanannya.

Biasanya jenis burung hasil tangkaran yang diloloh secara berlebihan manjanya akan berperilaku ngelowo. Bukan salah tangkaran, salah pemilik yang terlalu dimanja hingga burung suka ngelowo.

5. Mendekati Masa Mabung

Saat Burung Murai ingin mabung, coba berhenti gantang terlebih dahulu dan fokuskan di rumah supaya memesatkan proses ganti bulunya. Ngelowo juga bisa menjadi tanda burung ingin mabung. 

Burung Murai yang mendekati masa mabung akan sering berperilaku ngelowo karena merasakan badan yang kurang sehat dan cenderung sedikit demam. Jadi, lebih baik istirahatkan dan bagikan full extra fooding.

5. Tidak Nyaman Di Sangkar

Burung Murai ngelowo bisa juga disebabkan karena tidak nyaman di sangkar. Coba perhatikan apakah masih ada bau kimia atau tidak. Perhatikan apakah kerodongnya ada jamur atau tidak.

Selain itu perhatikan tingkah lakunya setiap hari. Apabila burung sering melompat ke atas dan ke bawah saat melihat burung lain, maka ganti tangkringannya sebagai cara mengatasi Murai ngelowo.

6. Berlebihan Saat Dijemur

Terlalu lama dijemur juga bisa menjadi penyebab Burung Murai ngelowo. Sesuatu yang berlebihan pasti tidak baik. Kebiasaan menjemur burung terlalu lama akan membuatnya cepat habis tenaga, membuat kondisi burung menjadi tidak sehat.

Burung yang berlebihan dijemur biasanya saat di gantangan cenderung melawan sebentar, lalu paruhnya menganga kecapekan. Selain itu, burung akan menabrak sangkar saat di gantangan hingga akhirnya burung ngelowo.

BACA JUGA :  Ciri Ciri Murai Batu Medan Asli

Baca Juga :  5 Cara Menjodohkan Murai Batu Untuk Pemula, Anti Gagal

Cara Mengatasi Murai Ngelowo

cara mengatasi murai ngelowo
Sumber : Flickr

Setiap penyebab Burung Murai ngelowo pasti ada solusinya. Supaya burung bisa tampil dengan optimal dan tidak ngelowo saat tampil kontes, berikut ada beberapa cara mengatasi Murai ngelowo:

1. Embunkan Burung Murai

Untuk mengatasi Murai ngelowo bisa dengan cara melakukan terapi embun setiap hari. Terapi ini bisa dilakukan setiap hari sekitar jam 5 – 6 pagi secara rutin. Proses pengembunan dipercaya bisa menstabilkan birahi ataupun emosi Burung Murai.

2. Mengurangi Pemberian EF Sementara

Cara mengatasi Murai ngelowo yang pertama adalah dengan memperhatikan pemberian extra fooding (EF). Kurangi pemberian EF sementara waktu karena tujuan utama pemberian pakan tambahan untuk mendukung kesehatan burung.

Kroto dan jangkrik adalah pakan tambahan untuk mendukung kesehatan burung sekaligus meningkatkan birahinya. Jika diberi berlebihan, kadar suhu panas burung tetap terjaga, tapi bisa membuatnya berperilaku ngelowo.

Dengan cara ini, perilaku ngelowo karena over birahi bisa diatasi. Namun, yang perlu diingat pengurangan EF hanya bersifat sementara. Jika kondisi sudah mulai stabil bisa memberikan pakan seperti porsi semula.

3. Masukkan Burung ke Kandang Umbaran

Memasukkan Burung Murai ke dalam kandang umbaran menjadi salah satu cara mengatasi Murai ngelowo. Saat hendak melakukan cara ini, sebaiknya letakkan kandang di tempat yang terbuka supaya terkena sinar matahari secara langsung.

Selain itu, berikan juga air minum dan air untuk mandi di dalam kandang. Bahkan Anda bisa melengkapi kandang dengan bak berisi pasir agar burung bisa bermain, biasanya disebut dengan mandi pasir.

4. Mengurangi Intensitas Berjemur

Berjemur memberi pengaruh besar terhadap kondisi kesehatan tubuh, terutama untuk menghangatkan tubuh Burung Murai setelah kedinginan semalaman.

Meski berpengaruh besar, proses berjemur tidak boleh dilakukan secara berlebihan. Saat burung sedang berperilaku ngelowo, sebaiknya kurangi intensitas berjemur menjadi sekitar 30 menit.

BACA JUGA :  Cara Ternak Burung Murai Batu Tahun 2023

Ingat sebelum berjemur, burung diberikan extra fooding jangkrik sebanyak 5 ekor dan sementara jangan diberi ulat. Bisa juga diberi cacing setiap 2 hari sekali sebanyak 2 ekor. Lakukan hal tersebut selama seminggu.

5. Memandikan Burung Murai di Malam Hari

Memandikan Burung Murai di malam hari bisa membantu untuk mengatasi perilaku ngelowo. Terapi mandi malam hari bermanfaat untuk menjadikan birahi burung kembali normal atau stabil. Hal ini membuat burung memiliki mental yang baik.

Satu hal yang harus dipastikan adalah memastikan kondisi cuaca di malam hari sebelum memandikan burung tidak terlalu dingin.

6. Berikan Batu Cacing

Salah satu cara mengatasi Murai ngelowo adalah memberikan cacing sebagai terapi. Cacing termasuk dalam EF yang bagus untuk Burung Murai yang memiliki kandungan protein cukup tinggi sehingga bagus untuk kesehatan burung.

Tujuan dari pemberian cacing adalah meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan menstabilkan birahi Burung Murai. Anda bisa memberikan cacing sebagai pakan tambahan sebanyak 2 kali seminggu, baik di pagi atau sore hari.

7. Hindari Bertemu Lawan Saat Mabung

Para pecinta burung biasanya memiliki lebih dari satu ekor Burung Murai dengan hormon pertumbuhan dan kondisi tubuh yang berbeda-beda. Ada yang cepat untuk  mabung dan ada juga yang lambat.

Saat proses mabung, burung biasanya terlihat loyo dan tidak berstamina. Jadi, cara mengatasi Murai ngelowo saat mabung burung harus diistirahatkan total dari ketemu dengan burung yang sejenis.

Jika terlanjur melihat, Anda bisa menambahkan jatah EF dan kerodong penuh selama satu minggu, lalu dimaster dengan burung kecil. Disarankan memilih burung kolibri karena suaranya tidak menimbulkan tekanan bagi Burung Murai.

Penutup

Baca Juga : 7+ Cara Merawat Trotolan Murai Biar Fighter Ampuh!

Hal paling penting dari cara mengatasi Murai ngelowo adalah mengetahui terlebih dahulu apa penyebabnya. Jika Anda sudah tahu pasti penyebabnya, maka pastikan untuk memberikan treatment yang sesuai untuk mengatasinya.