Cara Mengatasi Burung Kenari Malas Berkicau

Setelah memahami apa yang menyebabkan burung kenari tiba-tiba tidak berkicau, tentunya Anda perlu mempelajari lebih lanjut bagaimana cara mengatasi burung kenari yang malas berkicau ini. Berikut beberapa teknik yang bisa Anda lakukan untuk mengatasi burung kenari yang macet.

1. Mengisolasi Burung Kenari

Cara pertama yang perlu Anda lakukan untuk mengatasi burung kenari yang malas berkicau adalah dengan mengisolasi atau menutup burung kenari tersebut dengana suara kicauan dari burung yang berbeda dari spesies yang sama. Penutupan dimaksudkan untuk memberikan keyakinan bahwa burung kenari yang terdampar tidak melihat burung yang berbeda dari spesies yang sama, meskipun mungkin dapat mendengar kicau burung kenari yang berbeda yang Anda pelihara. Hal ini mendesak dilakukan agar burung kenari tidak merasa tertekan atau ketakutan karena menganggap burung lain sebagai ancaman.

2. Pindah Kandang 

Kandang yang terlalu kecil bisa membuat kenari Anda gugup dan tidak mau berkicau. Oleh karena itu, cara untuk mengatasi hal tersebut adalah dengan mengganti burung kenari ke kandang yang lebih luas, minimal berukuran 35 x 45 cm, agar burung kenari dapat bergerak bebas. Jika ukuran kandang burung Anda kurang dari itu, sebaiknya Anda membuat kandang baru atau membeli kandang lagi untuk beternak burung kenari. Kandang juga penting dalam perawatan burung lovebird yang berbeda seperti pada teknik beternak lovebird berkoloni atau teknik memelihara lovebird sampai berkicau lama, yang juga harus anda pelajari dengan baik jika memelihara kenari.

3. Mandi saat cuaca bagus 

Masih dimungkinkan untuk mandi burung, tetapi juga dalam jumlah terbatas, yaitu dua kali sehari. Anda bisa memandikan burung kenari yang tersangkut dengan suara terus menerus hanya saat cuaca bagus, sedangkan jika cuaca sedang tidak bagus, Anda tidak perlu memandikannya.

4. Keringkan sesuai kebutuhan

Setelah memandikan burung kenari, Anda perlu mengeringkan badan burung kenari dari air cucian yang Anda gunakan untuk membersihkan badan burung kenari. Namun anda tidak perlu menjemurnya dengan cara menjemurnya dalam waktu yang lama, cukup jemur sebentar hingga badan burung kenari agak kering yang terkena air dan terasa hangat.

5. Jemur di pagi hari 

Cara selanjutnya yang bisa anda lakukan untuk membantu burung kenari anda terhindar dari suara macet adalah dengan melakukan penjemuran secara cepat dan singkat pada pagi hari agar burung kenari terkena embun pagi di tempat yang sepi rerumputan individu untuk mengurangi tingkat ketegangan burung kenari.

Berjemur pagi bisa menjadi teknik mengobati ingus pada kenari dengan mudah, meski perlu dibatasi. Selain itu bisa menjadi salah satu metode melatih kenari agar bisa terbang.

6. Memberi makan sayuran segar

Anda harus lebih memperhatikannya Ada beberapa jenis terapi terbatas yang bisa Anda berikan pada burung kenari yang macet dengan cara memberinya buah dan sayuran segar yang berbeda jika dibandingkan dengan kondisi umumnya.

7. Pakan telur puyuh rebus 

Mengkonsumsi makanan tambahan lain yang bisa anda berikan pada burung kenari anda yang merasa mandek suaranya adalah telur puyuh rebus yang bisa anda berikan kira-kira dua kali dalam seminggu untuk mencegah burung kenari anda kepanasan selain dari teknik pengurang ngidam yang sudah terkenal untuk burung kenari, obesitas atau normal. kecemasan dan banyak lagi lainnya.

8. Memberikan tulang sotong 

Anda bisa memberikan tulang sotong sebagai makanan tambahan untuk kenari yang malas bunyi. Walaupun tulang sotong mungkin tidak akan terus dikuras habis oleh burung kenari kesayangan anda, namun anda bisa mengabaikan tulang sotong untuk selalu berada di dalam kandang karena konsumsi makanan tambahan yang bisa ia konsumsi sewaktu-waktu masih ada. Jika sudah habis, Anda bisa menggantinya dengan tulang baru.

Jenis Burung Kenari Lokal

1. Burung Kenari Lokal Putih

Gambar Burung Kenari Lokal Putih
Gambar Burung Kenari Lokal Putih

Nah untuk info macam jenis burung Kenari yang selanjutnya yaitu jenis burung Kenari lokal putih, burung Kenari lokal jenis ini juga merupakan Kenari yang sangat eksotis dan juga sangat istimewa dibandingkan dengan burung Kenari lokal yang lainnya.

Keunggulan atau keistimewaan dari burung Kenari lokal putih ini yaitu dapat mengeluarkan suara yang sangat merdu dan sangat lantang sekali sehingga banyak yang mencari harga burung Kenari lokal gacor dalam istilah bahas Jawanya.

2. Burung Kenari Lokal Sunkist

Gambar Burung Kenari Lokal Sunkist
Gambar Burung Kenari Lokal Sunkist

Untuk Anda yang belum mengetahui atau masih awan akan pengetahuan tentang burung admin akan sajikan info yang sangat menarik yaitu macam jenis burung. Burung yang pertama kali admin akan bahas yaitu burung kenari lokal Sunkist.

Burung kenari meruapakan suatu jenis burung kenari lokal yang sangat di gemari oleh kalangan pecinta burung, disamping warna nya yang sangat menawan yaitu dengan warna orange seperti jeruk menjadikan burung ini sangat cantik dan sangat anggun sekali.

Daftar Harga Burung Kenari Lokal Terbaru

JENIS BURUNG USIA HARGA
Kenari Turunan F1 6 Bulan Rp. 750.000
Kenari Sunkist 3 Bulan Rp. 250.000
Kenari Jambul 3 Bulan Rp. 225.000
Kenari Red Sunkist 6 Bulan Rp. 350.000
Kenari Brown/Bond 2 Bulan Rp. 180.000
Kenari Lokal Super (Loper) 2 Bulan Rp. 250.000
Kenari  Lokal Romeo 3 Bulan Rp. 300.000
Kenari Yorkshire Lokal 4 Bulan Rp. 900.000
Kenari Lokal  Kuning 2 Bulan Rp. 200.000

Nah diatas admin sudah sajikan info mengenai harga burung Kenari lokal dari beberapa jenis. Sebenarnya masih banyak jenis jenis burung Kenari lokal yang terdapat di Nusantara ini. Akan tetapi admin akan membahas jenis jenis burung Kenari lokal di postingan berikutnya.

Untuk harga burung Kenari lokal bakalan mungkin saja bisa lebih murah dari data tabel yang admin buat diatas namun untuk harga burung Kenari lokal anakan juga bisa saja lebih murah.

Baca Juga : Jenis-jenis Kenari Dan Harganya

Tergantung dari usia burung tersebut atau mungkin jika Anda membelinya di harga burung Kenari lokal bandung mungkin bisa saja berbeda dengan yang ada di daerah lain.

Demikian info mengenai harga burung Kenari lokal yang admin bisa sajikan, terima kasih semoga bermanfaat untuk Anda.