Cara Memikat Burung Pleci Lombok yang Cantik dan Gacor

Cara Memikat Burung Pleci Lombok – Burung pleci lombok merupakan salah satu jenis burung pleci yang memiliki warna bulu yang cantik dan suara yang gacor. Burung ini berasal dari pulau Lombok, Nusa Tenggara Barat, dan termasuk ke dalam spesies endemik Indonesia.

Banyak pecinta burung kicau yang menginginkan burung ini sebagai peliharaan, karena selain memiliki penampilan yang menarik, burung ini juga bisa mengeluarkan berbagai macam lagu dan irama yang merdu.

Namun, mendapatkan burung pleci lombok yang berkualitas tidaklah mudah loh. Pasalnya, burung ini termasuk ke dalam jenis burung yang dilindungi oleh undang-undang, sehingga tidak boleh ditangkap atau diperdagangkan secara sembarangan.

Selain itu, pleci lombok juga memiliki sifat yang liar dan pemalu, sehingga sulit untuk dipikat atau dijinakkan.

Lalu, bagaimana cara memikat burung pleci lombok yang baik dan benar? Tenang saja karena di artikel ini admin akan membahasnya tentang Cara Memikat Burung Pleci Lombok.

Simak ulasan lengkapnya di bawah ini ya!

Baca Selengkapnya Cara Merawat Burung Pleci Supaya Cepat Bunyi

Mengetahui Karakteristik Burung Pleci Lombok

Langsung saja kita mulai pembahasanya, Sebelum memikatnya, kamu perlu mengetahui karakteristik dan ciri-ciri burung ini terlebih dahulu yah. Hal ini penting untuk membantu kamu menentukan lokasi, waktu, dan teknik yang tepat untuk memikatnya.

Berikut beberapa karakteristik dan ciri-ciri burung pleci lombok yang perlu kamu ketahui:

  • Ukuran tubuh yang kecil, sekitar 10-11 cm, dengan berat sekitar 10-15 gram.
  • Warna bulu yang dominan hijau, dengan corak putih di sekitar mata, kuning di dada, dan biru di ekor.
  • Paruh yang pendek dan melengkung, yang digunakan untuk memakan buah-buahan, nektar, dan serangga kecil.
  • Suara yang lantang dan bervariasi, yang bisa menirukan suara burung lain, seperti kenari, ciblek, atau cucak jenggot.
  • Hidup berkelompok dalam kawanan yang besar, dan sering berpindah-pindah tempat mencari makan dan berlindung.
  • Aktif di pagi dan sore hari, sedangkan di siang dan malam hari lebih banyak diam atau tidur.
  • Menyukai habitat yang hijau, lembab, dan teduh, seperti hutan, kebun, atau pekarangan.

Menentukan Lokasi yang Tepat

Setelah kamu tahu karakteristik dan ciri-ciri burung pleci lombok, langkah selanjutnya yakni menentukan lokasi yang tepat untuk memikatnya. Kamu harus mencari tempat yang sesuai dengan habitat dan kebiasaanya, yaitu tempat yang hijau, lembab, dan teduh.

Sebaiknya cari lokasi yang dekat dengan hutan, kebun, atau pekarangan yang memiliki pohon-pohon tinggi, berbuah, atau berbunga. Biasanya, burung ini suka berkumpul di tempat-tempat seperti itu untuk mencari makan atau bermain.

Namun, kamu juga harus berhati-hati dalam memilih lokasi, karena pleci lombok termasuk ke dalam jenis burung yang dilindungi oleh undang-undang.

Kamu tidak boleh sembarangan menangkap atau memikat burung ini di tempat-tempat yang menjadi kawasan konservasi, seperti taman nasional, cagar alam, atau suaka margasatwa.

Pastikan bahwa lokasi yang kamu pilih tidak melanggar aturan yang berlaku, dan tidak mengganggu kelestarian alam dan ekosistem burung pleci lombok.

Setelah menemukan lokasi yang tepat, kemudian amati terlebih dahulu keberadaan burung pleci lombok di sana. Dengan menggunakan teropong, kamera, atau alat bantu lainnya untuk melihat apakah ada burung pleci lombok yang terlihat atau terdengar di lokasi tersebut.

Jika ada, Segera tandai lokasi tersebut dan kembali lagi di waktu yang tepat untuk memikatnya.

Menentukan Waktu yang Tepat

Langkah selanjutnya yaitu menentukan waktu yang tepat untuk memikat burung pleci lombok, yakni ketika burung ini sedang aktif mencari makan atau bermain. Biasanya, paling aktif di pagi dan sore hari, sekitar jam 6-8 pagi atau jam 4-6 sore.

Di waktu-waktu ini, burung pleci lombok akan keluar dari tempat persembunyiannya dan berkicau dengan riang. Kamu bisa memanfaatkan waktu-waktu ini untuk memikat burung pleci lombok dengan menggunakan umpan, pemikat, atau cara lainnya.

Sebaiknya hindari waktu-waktu yang tidak tepat , seperti siang hari yang terik, malam hari yang gelap, atau saat hujan. Waktu-waktu ini akan membuat burung menjadi kurang aktif, takut, atau bersembunyi.

Kamu juga harus menghindari waktu-waktu yang ramai, seperti saat ada orang lain yang juga ingin memikat burung pleci lombok di lokasi yang sama. Hal ini akan membuatnya menjadi stres, bingung, atau kabur.

Baca Juga Cara Merawat dan Mengatasi Burung Pleci Giras

Menyiapkan Peralatan yang Tepat

Langkah selanjutnya adalah menyiapkan peralatan yang tepat untuk memikat burung pleci lombok. Seperti sangkar, umpan, dan pemikat. Sangkar untuk menangkap burung pleci lombok yang sudah tertarik dengan umpan atau pemikat.

Umpan yakni makanan atau minuman yang disukai oleh burung pleci lombok, seperti buah-buahan, nektar, atau serangga kecil. Pemikat adalah alat yang mengeluarkan suara atau gambar yang menarik perhatian burung pleci lombok, seperti kaset, mp3, atau gambar burung pleci lombok.

Berikut ini beberapa tips menyiapkan peralatan untuk memikat burung pleci lombok:

  • Pilihlah sangkar yang ukurannya sesuai dengan ukuran burung, yaitu sekitar 30 x 30 x 30 cm. Jangan pilih sangkar yang terlalu besar atau terlalu kecil, karena akan membuat burung pleci lombok tidak nyaman atau tidak mau masuk.
  • Pilihlah sangkar yang berbentuk kotak atau bulat, dengan jarak antara kawat yang tidak terlalu lebar atau terlalu rapat. Jangan pilih sangkar yang berbentuk segitiga, segiempat, atau lainnya, karena akan membuat burung pleci lombok bingung atau tidak bisa keluar masuk.
  • Pilihlah sangkar yang berwarna netral, seperti hitam.

Memikat dengan Umpan yang Tepat

Nah yang tak kalah penting yaitu memilih umpan yang tepat. Umpan adalah kunci utama dalam memikat burung pleci lombok. Pilih umpan yang disukai oleh burung ini agar tertarik mendekati sangkar. Berikut beberapa umpan yang bisa kamu gunakan:

  • Buah-buahan: Pleci lombok suka makan buah-buahan seperti pisang, pepaya, dan jambu. Potong buah-buahan tersebut menjadi potongan kecil dan letakkan di dalam sangkar.
  • Nektar: Pleci lombok juga menyukai nektar. Kamu bisa membuat campuran nektar dengan mencampurkan madu dengan air hangat. Letakkan di dalam wadah kecil di dalam sangkar.
  • Serangga kecil: Pleci lombok juga memakan serangga kecil seperti jangkrik, ulat, dan belalang. Kamu bisa mencari serangga ini di sekitar lokasi memikat.

Teknik Memikat Burung Pleci Lombok

Setelah menyiapkan umpan kesukaanya, untuk memikatnya kamu bisa menggunakan beberapa teknik antara lain:

  • Memanggil dengan Suara: Gunakan suara pleci lombok atau suara burung lain yang disukai oleh pleci lombok. Gunakan mp3 player atau aplikasi di smartphone untuk memutar suara burung.
  • Gerakan Tangan: Gerakkan tangan secara perlahan di dekat sangkar. Pleci lombok akan tertarik dan mendekati tanganmu.
  • Menyisipkan Gambar: Kamu bisa menyisipkan gambar pleci lombok di dekat sangkar. Pastikan gambarnya menarik dan realistis.

Baca Juga Cara Memikat Burung Pleci Liar dengan Mudah

Kesimpulan

Memikat burung pleci lombok memerlukan kesabaran dan ketelatenan. Pastikan kamu memahami karakteristik burung ini dan memilih lokasi, waktu, dan peralatan yang tepat. Dengan mengikuti tips di atas, kamu bisa berhasil memikat burung pleci lombok yang cantik dan gacor.

Demikian artikel yang admin tulis tentang Cara Memikat Burung Pleci Lombok. Terimakasih sudah membaca artikel ini sampai selesai.