Cara Meloloh Anak Lovebird Dengan Mudah Dijamin Sehat

Bagi Anda yang sedang berencana untuk beternak lovebird, wajib memerhatikan hal-hal penting terkait burung tersebut. Salah satunya adalah cara meloloh anak lovebird yang baik dan benar agar burung tersebut dapat tumbuh sehat dan kuat.

Pada umumnya anak lovebird berusia kurang dari 15 hari memiliki fisik yang belum sempurna sehingga masih rapuh. Karena itu mulut dan lehernya mudah cedera. Maka Anda wajib memololohnya, terutama saat induknya tidak dapat memberi makan.

Baca Juga :  Perbedaan Lovebird Jantan dan Betina Saat Birahi

Alat untuk Meloloh Anak Lovebird

cara meloloh anak lovebird
Sumber : Wikimedia

Selain wajib mengetahui cara meloloh anak lovebird yang baik dan benar, Anda juga perlu menyiapkan peralatan khusus. Hal tersebut harus Anda lakukan jika menginginkan anak lovebird bisa bertahan hidup serta tumbuh dengan sehat.

Simak daftar alat untuk meloloh anak lovebird yang harus Anda siapkan berikut ini agar prosesnya dapat dilakukan dengan mudah.

  • Suntikan tanpa jarum atau botol cuka yang dilengkapi dengan tutup berbentuk kerucut.
  • Karet angin yang akan digunakan untuk menyalurkan makanan, atau Anda dapat menggunakan pentil sepeda.
  • Sendok kecil yang digunakan mengaduk makanan
  • Termometer
  • Wadah
  • Kain waslap atau tisu
  • Inkubator

Setelah menyiapkan alat-alat tersebut, saatnya Anda mempelajari cara meloloh. Simak ulasannya di bawah ini:

1. Menyiapkan Pakan Lovebird Menjadi Adonan

Tahukah Anda bahwa memberikan pakan yang tepat pada lovebird akan membuat warnanya makin menarik? Karena itu, langkah pertama dari cara meloloh anak lovebird yang perlu Anda lakukan adalah menyiapkan pakannya sampai menjadi adonan.

BACA JUGA :  Perbedaan Lovebird Pastel Kuning dan Lutino

Buatlah adonan pakan tersebut dari campuran bubur bayi varian beras merah 2 bungkus yang masing-masing berukuran 120 gram, tambahkan bubur bayi kacang hijau 1 bungkus (120 gram), serta pakan burung fancy rumput laut 1 bungkus (450 gram).

Selain ketiga bahan tersebut, Anda dapat menambahkan pakan burung classic sejumlah 400 gram dan pakan ayam 511/BR secukupnya yaitu 100 gram. Gunakan air hangat dengan suhu maksimal 40 derajat untuk melarutkan semua bahan tersebut.

Jika terdapat pakan yang berbentuk butiran, Anda dapat menghaluskannya terlebih dahulu dengan menggunakan blender. Kemudian campurkan semua bahan sampai menjadi adonan bubur yang lembut.

2. Mengatur Jadwal Makan Lovebird

Ada baiknya Anda membuat jadwal makan lovebird, yaitu mengikuti pembagian waktu pagi, siang dan sore. Selain membuat jadwal, Anda juga harus memastikan waktu pemberian pakan dilakukan pada jam yang sama setiap harinya.

Untuk lovebird berusia 2 minggu sebaiknya diberi makan sebanyak 5 atau 6 kali dalam sehari. Jika usianya sudah 1 bulan, Anda dapat mengurangi pemberian pakan menjadi 3 sampai 4 kali saja sehari.

Perhatikan cara meloloh anak lovebird berikut ini, Anda dapat mengikuti jadwalnya:

  • Berikan pakan untuk lovebird berusia 0-5 hari setiap 4-5 jam sekali. Anda dapat memulainya dari jam 5 pagi sampai dengan jam 10 ataupun 11 malam.
  • Berikan pakan untuk lovebird berusia lebih dari 7 hari dimulai dari jam 6 pagi, kemudian jam 11 pagi dan lanjutkan lagi di jam 4 sore. Lakukan sampai dengan waktu pemberian pakan terakhir di jam 9 malam.

Sementara itu, untuk anak lovebird yang berusia 1,5 – 2 bulan sudah bisa Anda biarkan untuk makan sendiri.

3. Memilih Alat yang Aman Digunakan

Seperti yang telah dijelaskan pada persiapan alat di atas, penting bagi Anda untuk menggunakan suntikan tanpa jarum yang dilengkapi dengan karet angin agar aman untuk meloloh anak lovebird.

BACA JUGA :  Cara Membedakan Lovebird Jantan dan Betina Dewasa

Isi suntikan tersebut dengan adonan pakan, kemudian berikan pada anak lovebird secara perlahan. Pada umumnya 2 sampai 3 kali takaran suntikan 50 ataupun 100 ml dapat Anda berikan untuk seekor lovebird dalam satu sesi makan.

Selain suntikan tersebut, Anda juga dapat menggunakan botol cuka yang sebelumnya harus dimodifikasi terlebih dahulu bagian ujungnya agar dapat digunakan dengan baik dan aman.

4. Menempatkan Anak Lovebird di Inkubator

Langkah selanjutnya dari cara meloloh anak lovebird adalah menyiapkan inkubator untuk ditempati burung itu sendiri. Siapkan inkubator dengan suhu 32 hingga 35 derajat, serta kelembapan mencapai 70 – 85%.

Anda dapat menggunakan termometer yang sudah disiapkan sebelumnya untuk mengukur suhu inkubator tersebut. 

5. Cara Meloloh Anak Lovebird

Setelah adonan pakan dibuat, suntikan tanpa jarum disiapkan, serta inkubator juga siap, selanjutnya Anda sudah bisa mempraktikkan cara meloloh anak lovebird yang baik dan benar.

Caranya, pertama mulailah dengan membuka paruh anak lovebird sampai lebar menggunakan tangan dan tisu. Kemudian masukkan makanan secara perlahan, lakukan hal ini sampai satu takaran makanan tersebut habis.

Perlu untuk diperhatikan, saat menyuapkan adonan tersebut, tahan kepala anak lovebird menggunakan ibu jari dan telunjuk Anda. Lakukan hal ini secara lembut, kemudian dekatkan ujung karet pada paruh lovebird agar makanan dapat tersalurkan dengan baik.

Ketika anak lovebird sudah mencoba memasukkan karet tersebut ke kerongkongan, artinya burung sudah siap makan, selanjutnya Anda hanya perlu mendorong adonan. Pastikan untuk melakukan hal tersebut secara perlahan.

6. Bersihkan Alat Makan Setelah Dipakai

Jika sesi makan sudah selesai dilakukan, sebaiknya Anda langsung membersihkan alat makan anak lovebird yang telah digunakan. Untuk menjaga kebersihan alat meloloh lovebird tersebut, cuci suntikan sampai bersih lalu keringkan.

Sebagai peringatan bagi Anda, saat memberi makan anak lovebird menggunakan spet suntikan ini wajib untuk berhati-hati. Pasalnya, anak lovebird rawan tersedak dan cedera saat proses makan tersebut.

BACA JUGA :  Cara Ternak Lovebird

Cara meloloh anak lovebird dapat Anda lakukan juga dengan menggunakan sendok. Hanya saja, cara ini jarang dilakukan karena meloloh menggunakan sendok membutuhkan waktu yang lebih lama lagi jika dibandingkan dengan spet suntikan.

Karena itu, alat terbaik yang bisa Anda gunakan adalah suntikan tanpa jarum tersebut ataupun botol cuka yang sudah dimodifikasi. Namun, bagi Anda yang masih ragu untuk meloloh sendiri anak lovebird disarankan untuk menggunakan jasa orang lain.

Sudah banyak jasa meloloh anak lovebird yang tersedia, Anda hanya perlu menyiapkan dana khusus untuk itu. Jasa meloloh tersebut dapat disewa hingga anak lovebird bisa makan secara mandiri.

Pakan Anak Lovebird

cara meloloh anak lovebird
Sumber : Wikimedia

Untuk makanan anak lovebird itu sendiri, Anda dapat menggunakan pakan starter burung yang dijual di toko. Selain itu, Anda juga dapat meracik pakan sendiri dengan cara mencampurkan bahan-bahan seperti padi, apel, telur, minyak zaitun dan cangkang telur.

Membuat stok pakan anak lovebird sendiri cukup mudah, Anda dapat menghaluskan semua bahan tersebut menggunakan blender, kemudian jemur hingga kering dan simpan pada wadah khusus.

Dengan demikian, Anda hanya perlu membuat adonan dari campuran pakan yang telah dibuat tersebut pada saat anak lovebird akan diberi makan.

Baca Juga : Makanan Burung Lovebird

Kesimpulan

Tidak mudah untuk melakukan proses meloloh anak lovebird untuk pertama kalinya, Namun, Anda dapat melatih diri sendiri secara bertahap hingga menjadi makin mahir untuk melakukannya.

Anda dapat meminta bantuan orang lain yang telah berpengalaman serta mengetahui cera meloloh dengan baik dan benar pada jadwal makan perdana. Hal tersebut bisa dilakukan sampai Anda dapat mempraktikkan sendiri.

Dengan demikian, Anda akan menjadi lebih percaya diri melakukan cara meloloh anak lovebird secara baik dan benar tanpa bantuan orang lain. Selamat mencoba!