Cara Burung Pleci Agar Ngotot dan Gacor

Burung pleci merupakan salah satu jenis burung kicau yang banyak diminati oleh para pecinta burung. Burung ini memiliki suara yang merdu, bervariasi, dan bisa menirukan suara burung lain.

Namun, tidak semua burung pleci bisa tampil ngotot dan gacor di lapangan. Ada beberapa faktor yang mempengaruhi kualitas suara dan mental burung pleci, seperti perawatan, pakan, lingkungan, dan genetik.

Nah, dalam artikel ini admin akan membahasnya yaitu  Cara Burung Pleci Agar Ngotot.

Jika kamu ingin memiliki burung pleci yang ngotot dan gacor, kamu harus memperhatikan beberapa hal berikut yang admin bagikan sampai selesai ya!

4 Cara Mengobati Burung Pleci Ngembung

Pilih Burung Pleci yang Berkualitas

Langsung saja, Hal pertama yang umum dan penting ini harus kamu lakukan dengan baik.

Yaitu kamu harus memilih burung pleci yang berkualitas. Burung pleci yang berkualitas biasanya memiliki ciri-ciri sebagai berikut:

  • Tubuhnya sehat, bersih, dan tidak cacat.
  • Matanya cerah dan tidak berair.
  • Paruhnya kuat dan tidak bengkok.
  • Bulunya lebat dan tidak rontok.
  • Kakinya kuat dan tidak bengkak.
  • Ekor dan sayapnya simetris dan tidak patah.
  • Suaranya merdu, bervariasi, dan keras.

Nah, itulah ciri-ciri burung pleci berkwalitas yang harus kamu ketahui.

kemudian kamu bisa memilih burung pleci yang berkualitas dari penangkar, pedagang, atau pemilik yang terpercaya. dan meminta saran dari teman atau komunitas pecinta burung pleci yang sudah berpengalaman.

Rawat Burung Pleci dengan Baik

Lanjut, setelah kamu memilih burung yang berkualitas, Selanjutnya Hal kedua yang harus kamu lakukan adalah merawat burung pleci dengan baik.

Perawatan burung pleci meliputi beberapa aspek, seperti:

  • Kandang.

Sebagai pecinta burung yang baik, kamu harus menyediakan kandang yang cukup luas, bersih, dan nyaman untuk burung pleci. Kandang harus rutin dibersihkan dari kotoran, sisa pakan, dan air minum. serta harus diletakkan di tempat yang teduh, sejuk, dan tidak berisik.

  • Pakan.

Perawatan yang baik adalah dengan memberikan makanan yang bergizi. berikan pakan yang bergizi dan seimbang untuk burung pleci. yang terdiri dari voer, buah-buahan, sayuran, dan serangga. Voer adalah pakan utama yang mengandung karbohidrat, protein, lemak, vitamin, dan mineral. Buah-buahan, sayuran, dan serangga adalah pakan tambahan yang mengandung air, serat, dan antioksidan. berikan pakan secara teratur dan tidak berlebihan.

  • Air minum.

Selanjutnya kamu harus menyediakan air minum yang bersih dan segar untuk burung pleci. Air minum harus diganti setiap hari dan tidak boleh tercemar oleh kotoran atau pakan. tambahkan dengan multivitamin atau obat-obatan yang sesuai dengan kebutuhan burung pleci.

  • Mandi.

Memandikan burung pleci secara rutin untuk menjaga kebersihan dan kesehatan bulunya. Mandi bisa dilakukan dengan menyemprotkan air bersih ke tubuh burung pleci atau dengan menyediakan bak mandi di dalam kandang. Sebaiknya lakukan di pagi atau sore hari dan tidak boleh terlalu sering atau terlalu lama.

  • Jemur.

Perawatan terakhir yakni kamu harus menjemur burung pleci secara rutin untuk menjaga suhu tubuh dan metabolismenya. lakukan dengan mengeluarkan kandang ke tempat yang terkena sinar matahari langsung atau dengan menggunakan lampu UV. Jemur harus dilakukan di pagi atau sore hari dan tidak boleh terlalu panas atau terlalu lama.

Cara Mengatasi Burung Pleci Diare

Latih Burung Pleci dengan Benar

Lanjut cara yang terakhir yakni ketiga  yang harus kamu lakukan adalah melatih burung pleci dengan benar. Hal ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas suara dan mental burung pleci.

Latihan burung pleci meliputi beberapa hal, seperti:

  • Masteran.

Pertama pemasteran. kamu harus memberikan masteran atau suara burung lain yang ingin ditirukan oleh burung pleci. Masteran bisa berupa suara burung pleci yang sudah gacor, suara burung lain yang memiliki variasi suara yang bagus, atau suara alam yang menenangkan. Masteran bisa diberikan dengan menggunakan rekaman, speaker, atau burung asli. berikan secara teratur dan tidak terlalu keras atau terlalu lama.

  • Pancingan.

Langkah selanjutnya lakukan pancingan atau rangsangan yang bisa membuat burung pleci bersemangat dan berani. Biasanya berupa suara, gambar, atau gerakan yang menarik perhatian burung pleci. Pancingan bisa diberikan dengan menggunakan rekaman, speaker, atau burung asli. berikan secara sesekali dan tidak terlalu sering atau terlalu lama.

  • Lomba.

Yang terakhir  mengikutsertakan burung pleci dalam lomba atau kontes yang bisa menguji kemampuan dan mental burung pleci. Lomba bisa berupa lomba lokal, regional, atau nasional yang diselenggarakan oleh komunitas atau organisasi pecinta burung. Ikuti lomba dengan persiapan yang matang dan tidak terlalu sering atau terlalu lama.

Cara Mengatasi Burung Pleci Serak

Kesimpulan

Demikian artikel tentang beberapa cara burung pleci agar ngotot dan gacor yang bisa kamu coba.

Dengan memperhatikan pilihan, perawatan, dan latihan burung pleci, kamu bisa memiliki burung pleci yang berkualitas dan siap tampil di lapangan.

Terimakasih sudah membaca artikel ini sampai selesai. Semoga artikel ini bermanfaat dan selamat mencoba!