Cara Ampuh Menghilangkan serta Mengobati Kutu Lovebird 

Lovebird adalah tipe burung yang disukai belakangan ini, Dia mempunyai suara yang unik serta bulu-bulu yang cantik. Keelokan warna bulu-bulu lovebird menjadi satu diantara daya tarik bagi beberapa pencinta burung piaraan. Burung berparuh bengkok ini mempunyai bermacam macam tipe warna bulu-bulu yang cantik, tetapi bagaimanakah apabila bulu-bulu cantik itu dicabuti oleh si burung?.

Tingkah laku burung lovebird yang mengambili bulu-bulu terjadi karena di sebabkan adanya beberapa faktor, diantaranya ada kutu yang melekat di bulu-bulu, kurangnya vitamin, dan sebab factor fisiologis di mana burung lovebird memerlukan pasangan. Lovebird yang terserang kutu dapat menyebabkan kesehatannya serta membuat burung tidak optimal, sebab burung akan rajin menggaruk-garuk tubuhnya yang gatal, jadi tidak ada waktu untuk berkicau apa lagi ngekek: Lovebird Ngekek Panjang.

Cara Ampuh Mengobati serta Menghilangkan Kutu Lovebird 

Cara Ampuh Menghilangkan serta Mengobati Kutu Lovebird 

Bukan hanya itu lovebird yang diserang kutu dapat juga mempunyai kebiasaan yang tidak bagus yaitu mengambili bulu-bulunya sendiri dan bulu-bulu rawan rontok,  Untuk masalah yang kritis lovebird dapat letoi karena kekurangan darah dan infeksi karena gigitan kutu. Ada beberapa tipe obat atau ramuan pembasmi kutu yang dikategorikan ke obat herbal dan racikan sendiri. Selain untuk obat kutu lovebird,  perlu kita lakukan usaha untuk menghalangi kutu burung. Oke baiklah kita riset satu-satu.

Menghilangkan Kutu Lovebird

Untuk menghilangkan kutu di lovebird yang biasa kita pakai ialah menambah obat atau ramuan di air yang dipakai lovebird mandi. Apabila kutu lovebird telah banyak, oleh karenanya mandikan lovebird satu hari sekali sepanjang 1 minggu sama air yang sudah digabungi obat anti kutu.

Selain memandikan lovebird dengan obat anti kutu optimalkan dengan pembersihan kandang, membersihkan kerodong, bersihkan tempat pakan sama air sabun/sampo. Obat anti kutu yang dapat dipakai dapat kita pelajari jenisnya di bawah ini.

Menghilangkan kutu dengan obat buatan sendiri 

Ramuan kutu atau dapat kita peroleh di beberapa toko pakan burung. Mereknya banyak juga tetapi kami referensikan untuk obat semprot, mandikan burung, bersihkan tempat pakan dapat kita pakai rodalon. Tetapi apabila rekan-rekan lebih sukai merek lain silakan. yang terpenting untuk membaca ketentuan dalam penggunaan paket obat yang diambil.

Menghilangkan kutu dengan obat herbal 

Ramuan atau obat herbal yang dipercayai bisa menghilangkan kutu lovebird diantaranya ialah :

  •  Air cucian beras
  • Rebusan daun sirih

Mencegah kutu lovebird

Ada banyak hal yang penting dilaksanakan atau persisnya kita menjaga supaya kutu tidak kembali dateng pada burung lovebird. Berikut salah satunya.

  1. Jemur burung dengan teratur
  2. Tidak boleh ganti kerodong dari burung lain
  3. Tidak boleh pakai tempat pakan dari burung lain
  4. Menjaga kebersihan kandang, membersihkan minimum tiga hari sekali.
  5. Bersihkan secara teratur kandang, perlengkapan lovebird, kerodong minimum satu minggu sekali dengan sabun atau obat basuh (rodalon)

Ciri Fisik Lovebird

Cara Ampuh Menghilangkan serta Mengobati Kutu Lovebird 

Ciri fisik lovebird dapat kita ketahui dari tubuhnya namun ada juga hal lain yang dapat kita ketahui seperti :

1. Bentuk Tubuh

Jika diperhatikan bentuk tubuhnya, lovebird akan terlihat sehat jika memiliki bentuk tubuh yang proporsional tidak terlalu besar dan jugatidak terlalu kecil jika ingin memilih burung lovebird untuk ajang lomba.

2. Bentuk Paruh

Bentuk paruh Anda dapat melihat kualitas burung lovebird, apabila kita hendak membeli lovebird berkualitas tinggi kita harus melihat dan melihat bentuk paruhnya terlebih dahulu. pasalnya paruh sangat mempengaruhi kualitas dari kicauan lovebird.

3. Leher dan Mata

Lovebird  biasanya memiliki mata yang cenderung cerah dan memiliki warna yang Cantik. Begitu juga dengan leher burung tersebut yang berkualitas baik dan bisa ngekek panjang memiliki leher yang gempal juga panjang. Sehingga dapat memudahkan burung lovebird kesayangan kita untuk berkicau dengan suara yang panjang berterusan sekalipun.

Akhir Kata

Demikianlah Cara Ampuh Mengobati serta Menghilangkan Kutu di Lovebird. Mudah-mudahan berguna bagi Anda dan Kita semua.