Burung Tengkek Udang : Karakteristik, Perawatan & Makanan

Burung tengkek udang merupakan hewan yang terkenal saat ini. Dimana dia memiliki warna bulu biru kehijauan dan keadaan menukik pada aliran air. Burung ini semakin terlihat mempesona sekaligus dengan bayangan biru kehijauan dari bulunya. 

Menarik bukan? Tak hanya warna bulu yang cantik. Burung ini juga mempunyai suara bagus. Tak salah jika burung ini dijuluki sebagai burung masteran. Sebab burung ini memiliki suara yang mirip dengan burung jalak yang menjadikan ngekek berkelanjutan. 

Baca Juga : [Update]Daftar Harga Burung Takur Terbaru 2022

Biasanya orang yang memiliki burung tengkek udang ini adalah mereka yang ingin memaster burung kicauan kesayangan. Seperti burung anis merah, murai biru, cucak ijo, dan lovebird. Dengan memiliki burung unik ini, semua burung kesayangan Anda akan ikut ngekek setiap harinya. 

Burung unik satu ini juga dikenal sebagai burung pemburu yang cerdik. Hal ini disebabkan karena sifat burung adalah sabar dalam menunggu makanan ataupun yang lain untuk ditunggu. 

Keistimewaan burung tengkek udang ini mempunyai mulut seperti anak panah yang siap mengejar mangsa. seperti jika ada ikan yang berada diair maka akan diintai dengan jeli. Burung tahu kapan waktu ikan tersebut muncul dipermukaan. Selepas itu, dengan cermat akan menangkapnya. 

Tingkah menggemaskan burung tengkek udang

Burung Tengkek Udang

Berbicara tingkah dari burung ini, Anda bisa memperhatikan dari caranya setelah mendapatkan mangsa. Seperti caranya mendapat ikan yaitu akan digigit ekor ikan kemudian memukulnya. Selepas itu ikan akan dibawa ke area bebatuan untuk kepala ikan akan dipukul ke arahnya. 

Burung ini tidak bisa menelan bagian tertentu dari ikan seperti tulang dan durinya. Maka burung tengkek udang dengan keahliannya akan memuntahkan organ tersebut. 

Yang lebih menggemaskan dari burung ini adalah kebiasaan setelah makan yaitu berdandan. Penasaran bagaimana tengkek udang berdandan? Burung ini akan mengolesi bagian bulu-bulunya dengan menggunakan minyak. 

Adapun minyak tersebut diperoleh dari tubuhnya sendiri yang bersifat anti air. Sehingga dapat mengurangi risiko tenggelam pada saat memburu mangsa. 

Sifatnya teritorial maka setiap hari harus mengkonsumsi makanan dengan porsi jumbo yaitu 60 persen dari berat badannya. Maka burung ini lebih suka menyendiri untuk fokus mencari makanan.  

Nah itu alasannya kenapa burung ini tidak dipelihara dalam sangkar tertentu yang ukuranya kecil. Dengan caranya mempertahankan hidup dan mencari makan sebanyak-banyaknya. Maka apabila asupan burung kurang juga akan mudah mati. 

Apalagi dari sifatnya yang teritorial maka burung tidak kuat dalam menyaksikan burung lain. Jika rasa lapar menguasai tubuhnya, bisa jadi burung yang ada di depannya akan dimangsa. 

Karakteristik burung dan cara merawat dengan benar

Burung Tengkek Udang

Burung tengkek udang memiliki ukuran yang tidak sama antara spesies nya. Ukuran terkecil dari burung ini 13 cm hingga 15 cm. Dan yang paling besar berukuran 20 cm hingga lebih dari 20 cm.

Karakteristik lain pada bagian tengkeng udang ekor dan sayap terdapat warna metalik hitam dan biru laut. Hal ini yang menjadikan banyak orang tergila-gila ingin memiliki burung tersebut. 

Tetapi, karena perawatnya yang lumayan sulit maka burung  dihargai juga dengan standar mahal. Apalagi dengan karakteristik unik yang menjadi pembeda dengan burung langka lainnya adalah memiliki garis biru kehijauan pada bagian dada.

Burung tengkek udang merupakan burung yang memiliki penutup sayap dan mahkota. bergaris hitam dan kebiruan adalah karakteristik unik darinya hingga menjadikan perut dari burung berwarna putih. 

Termasuk pada bagian kaki berwarna merah dan paruhnya berwarna hitam. Unik sekali dan Anda pasti merasa gemas saat pertama kali berjumpa dengannya. Memelihara burung ini sebaiknya dilakukan mulai dari anakan. 

Alasannya, burung akan mudah bertahan hidup lebih lama. Selain itu waktu untuk beradaptasi dengan lingkungan juga lama. Jika dibandingkan Anda beli burung yang dewasa, burung anakan mudah sekali untuk dikondisikan. 

Maka burung akan merasa betah dengan kondisi baru dirumah Anda. Tetapi ingat, Selain memiliki sifat agresif, tengkek udang juga kabur dari sangkar nya. Jadi lebih diperhatikan lagi untuk makanan dan minuman juga harus sesuai. 

Burung tengkek udang merupakan hewan yang cara merawatnya harus membutuhkan nutrisi setiap harinya. Jadi, pilihlah burung yang cara merawatnya masih dengan diloloh. Cara ini akan memudahkan Anda saat memberi nutrisi. 

Anda boleh membeli burung jantan dan betina dari tengkek udang. Pastinya juga pilihlah burung yang belum dewasa artinya masih dalam anakan. Jadi, jika sudah dewasa nanti, Anda bisa memperanakkan burung tipe tersebut dengan sendirinya. 

Baca Juga : [Update]Daftar Harga Burung Siri Siri Terbaru 2022

Cara Membuat Makanan Burung Tengkek Udang 

Burung Tengkek Udang

Makanan burung ini bersifat lolohan atau makanan yang hanya diberikan untuk burung yang usianya masih anak-anak. Dibandingkan beli, makanan lolohan lebih tepat untuk dibuat sendiri. Tentunya dengan cara mudah berikut ini.

  1. Pakan voer burung atau voer ayam broiler (BR1).
  2. Siapkan 3 butir telur puyuh dan ambil bagian kuningnya saja. 
  3. Siapkan minyak ikan secukupnya. 
  4. Masukkan ketiga bahan tadi dan blender hingga tercampur rata. 
  5. Apabila menghendaki menambahkan potongan daging ikan juga boleh. 
  6. Kemudian masukkan burung dengan kroto. 
  7. Dan campur serta aduk sampai merata dengan sendok. 
  8. Teteskan minyak ikan bada olehan yang sudah jadi. 
  9. Campurkan air panas kedalamnya dan aduk lagi hinga memenjadi burbur kental. 
  10. Diamkan adonan tersebut lalu pindahkan ke dalam wadah kecil untuk tempat makanan yang akan diberikan pada burung. 

10 langkah di atas perlu Anda perhatikan dengan betul dan usahakan semua bahan digiling. Tujuannya agar makanan lolohan burung tadi menjadi bubur dan memudahkan burung untuk menelannya. Jangan sampai menyisakan bahan yang utuh karena bisa menyebabkan burung tersedak. 

Baca Juga : [Update]Daftar Harga Poksay Mantel Terbaru 2022

Lakukan cara diatas hingga burung berusia satu tahun hingga bisa dikawinkan. Jangan takut untuk mencoba merawat burung tengkek udang yang katanya mudah mati apabila tidak ditaruh di perairan. Memang sifatnya cocok dipelihara di alam terbuka seperti daerah danau atau wilayah air. 

Untuk minumnya, berikan saja air putih dan taruhlah pada tempat yang bisa digantungkan pada sisi kandang. Dengan langkah yang urut dan baik tersebut semoga burung tengkek udang mampu bertahan hidup dilingkungan Anda semua.