BURUNG POKSAY: Cara Merawat, Makanan, Harga Burung (Lengkap)

Langkah-langkah melindungi burung poksay, halo sobat! Kembali lagi bersama hargaburung.id dimana pada bagian kali ini kami akan memberikan panduan perawatan harian burung poksay. Bagi anda yang masih pemula dan bingung bagaimana cara merawatnya simak penjelasan berikut dibawah ini.

Burung poksay memiliki kicau yang paling menakjubkan, dan kicauannya dapat membuat hati para pecinta kicau mania meleleh, sehingga burung ini semakin digandrungi oleh para sobat kicau mania seantero nusantara, walaupun burung poksay ini bukan burung yang berasal dari indonesia, namun ada banyak sekali. kelompok penghobi tertarik untuk membiakkan sekaligus memelihara poksay ini.

Selain karakter poksay sendiri memang mirip dengan burung jenis jalak, dan masih satu famili dengan burung jalak ya, namun burung poksay ini dikenal sebagai burung impor luar negeri dan banyak diternakan di nusantara kita.

Langkah-Langkah Cara Merawat, Makanan, Harga Burung Poksay

Cara Merawat dan Memilih Poksay Yang Baik

Dilihat dari harga tentunya masih sangat mahal, namun untuk memenuhi kebutuhan para kicau mania para pemula khususnya para sahabat kicau mania rata-rata banyak membeli burung poksay beserta bahan dan cara penanganannya hingga menjadi gacor.

Nah untuk beberapa ciri umum burung poksay yang bagus ini bisa dilihat dari aktivitas dan pergerakan di dalam kandang ya kalau burung ini terlihat aktif dan lincah walaupun sedikit tidak lincah seharusnya tidak masalah, oke?

Yang terpenting kondisi fisik burung normal tanpa cacat, bulu asli mengkilat, bersih, halus, tidak kusam, dan aktif bergerak, dan langkah ini modal dasar anda untuk membeli burung poksay yang sehat .

Memilih Kandang/Penangkaran yang Tepat

Pertama-tama kita harus memilih kandang yang cukup lebar, karena poksay adalah burung yang berukuran besar, maka kita membutuhkan kandang yang cukup lebar atau sangkar yang cukup besar untuk burung tersebut.

BACA JUGA :  Makanan Burung Hantu Celepuk

Tapi kandang yang cocok untuk poksay, bagi kami pribadi menggunakan kandang bulat #1 40×40 yang kebanyakan digunakan untuk burung murai, untuk kami membuat kandang poksay itu ya dan anda bisa menyilangkan poksay tangkringan di dalam kandang dengan 2 buah tangkringan.

Ke arah mana sebaiknya kita memilih sangkar seluas ini, karena agar burung poksay bisa bergerak bebas, dan tidak berbenturan dengan jeruji ya, yang akan menimbulkan luka pada pangkal paruh atau badannya.

Adaptasi Terhadap Lingkungan Sekitar

Anda harus sering membuat poksay sering digulir, agar kenapa? Agar nantinya burung kita bisa cepat beradaptasi dengan lingkungan dengan cepat,

Misalnya dengan aktivitas dengan manusia misalnya meletakkan burung poksay di depan pintu, atau di teras depan rumah, agar saat kita berpapasan dengan burung kita bisa menyesuaikan diri dan belajar tentang manusia agar mereka tidak takut.

Langkah-langkah Memandikan Burung Poksay

Nach Anda harus rutin memandikan burung poksay tapi yang penting kita lihat sebelum kita memandikannya kita harus melihat cuaca dulu.

Saat senang kita harus memandikan burung poksay kita ya, kalau kita memandikan burung poksay minggu pertama sekitar 3 kali sehari pagi sore, dan kadang malam pun kita memandikannya,

Biar mereka beradaptasi dulu dengan lingkungan kita dengan cuaca kita, otomatis saat burung dikirim dari penjual, cuacanya pasti sangat berbeda dengan cuaca di lingkungan kita.

Kondensasi Secara Teratur

Kondensasi secara teratur, burung mana yang lebih suka kondensasi dan manfaat kondensasi ini sangat bagus untuk burung berkicau,

Jika burung sudah baik, pernafasan dilakukan secara rutin setiap pagi, burung berkicau menirukan suaranya agar burung menjauh dari keinginan burung berkicau di pagi hari dan saat mengembun.

BACA JUGA :  Cara Merawat Burung Cucak Ranting

Makanan Burung Poksay

Cara selanjutnya adalah dengan memberikan pakan tambahan berupa tambahan puding, biasanya kita menggunakan jangkrik jika akan memberikan kroto pada burung poksay kita.

Untuk ransum jangkrik kami berikan hanya tujuh kadang 8, tergantung besar kecilnya jangkrik Setiap pagi dan sore hari kami menyokong kebutuhan nutrisi burung poksay dengan menambahkan pakan buah,

Selain itu kami menyediakan voer untuk poksay setiap hari. Karena kandungan voer food juga bermanfaat untuk melengkapi konsumsi nutrisi, protein, mineral dan kaya vitamin. Yang kaya segera diolah agar burung selalu sehat.

Harga Burung Jenis Poksay

Harga burung poksay cukup mahal. Mengenal mereka lebih jauh dapat membantu Anda memahami sifat masing-masing jenis. Apalagi jika saat ini Anda tertarik untuk melestarikannya. Berikut ulasan singkat yang bisa Anda pelajari.

Poksay Jambul Putih

Ia memiliki ciri fisik yang bisa ditebak, yaitu adanya jambul putih bersih di kepalanya. Bulu-bulu yang menghiasi tubuhnya didominasi warna cokelat yang sangat indah. Harga Poksay Jambul Putih di pasaran mulai dari Rp 1.000.000.

Poksay Mandarin/Cina 

Ia memiliki tubuh yang indah, Dengan tubuh yang hampir seluruhnya tertutup warna hitam atau abu-abu. Dan di kepalanya ada sedikit sentuhan warna coklat tua. Poksay Mandarin dibanderol dengan harga di bawah Rp 1.000.000.

Poksay Medan

Dibedakan dari ciri-ciri bulu yang menghiasi tubuhnya, berwarna coklat dan abu-abu dari leher hingga kepala. Volumenya relatif kecil tetapi suaranya keras dan berisik. Saat ini, Poksay Medan dapat dibanderol dengan kisaran harga Rp 300.000 hingga lebih dari Rp 1.000.000 tergantung volume.

Poksay Sumatera

Burung poksay pulau Sumatera, populasinya sangat sedikit dan sulit ditemukan. Penampilan fisiknya sangat menarik karena dari leher hingga kepala dihiasi dengan warna putih bersih, sedangkan badannya memiliki bulu berwarna hitam. Untuk harga, Poksay Sumatera sangat mahal dan bisa dijual lebih dari Rp 1.000.000.

Poksay Hitam

Mereka biasanya ditemukan di daerah pegunungan di hutan Sumatera. Bulunya benar-benar hitam, dari kepala hingga ekor dengan paruh berwarna jingga tua. Black Poksay relatif murah, bagi yang sudah tahu harganya sekitar Rp 300.000.

Poksay Gumball

Ini memiliki distribusi habitat dari sekitar Indocina ke Himalaya. Burung ini sangat cantik dan memiliki jambul dan ekor yang cukup panjang menjadi ciri fisiknya. Jenis ini juga sangat langka sehingga Poksay Jambul harganya lebih dari Rp 1.000.000.

 

BACA JUGA :  Makanan Burung Opior Jawa

Akhir kata

Demikian ulasan singkat dari kami mengenai Cara Merawat, Makanan, Harga Burung Poksay yang dapt kami bagikan untuk anda, semoga bermanfaat.