BURUNG NURI : Cara Merawat, Makanan, Harga Jual (Lengkap)

Burung Nuri Tidak hanya meniru suara burung lain, burung nuri juga memiliki kemampuan meniru suara manusia jika dilatih dengan cermat.

Banyak orang yang menyukai burung cerdas ini, tidak hanya karena kemampuannya menirukan suara burung lain maupun manusia, namun banyak peminat yang menyukai burung ini karena keindahan bulunya juga.

yang tidak anda dapatkan dari tempat lain atau dari alam liar tentunya memerlukan perawatan khusus agar jinak dan mudah untuk dilatih. Langkah terpenting adalah mendekatinya secara berkala. Anda bisa mendekat saat memberi makan burung, cobalah anda menyentuhnya perlahan.

Namun, jika burung masih menghindar atau membangkang, berarti burung belum mau dipegang. Anda bisa memberikan makanan kesukaan burung Anda di luar kandang, Dan jangan lupa untuk terus mengganti air minumnya hingga kebutuhannya terpenuhi. Anda bisa memberinya makan dengan secara teratur, jika Anda ingin, cobalah memberinya makan dengan tangan Anda.

Cara Merawat Burung Nuri Agar tidak Mudah Stress

BURUNG NURI Cara Merawat, Makanan, Harga Jual (Lengkap)

Merawat burung nuri memang sangat menantang, dan burung nuri adalah spesies yang kuat dan tidak mudah sakit. Namun jika burung merasa stress tentu akan sulit untuk diobati. Untuk mencegah hal tersebut terjadi, Anda dapat melakukan beberapa hal yang harus Anda perhatikan.

Hal yang pertama adalah jaga kebersihan kandang, karena kondisi kandang yang kotor pasti akan membuat burung merasa stress dan tidak baik untuk kesehatan burung. Bersihkan kandang setiap hari dan beri makan burung kesayangan Anda. Yang paling penting adalah memberikan sangkar yang agak besar agar burung nuri dapat bergerak bebas.

Jangan memakai rantai untuk burung nuri. Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, penggunaan rantai pada burung nuri dapat membuat burung tidak leluasa bergerak dan dapat menimbulkan lecet pada burung tersebut. Jika perlu, Anda bisa memberikan suntikan anti stres.

BACA JUGA :  [Update]Daftar Harga Burung Cekakak Terbaru 2022

Makanan Burung Nuri

BURUNG NURI Cara Merawat, Makanan, Harga Jual (Lengkap)

1. Bubur Buatan

Bubur yang dimaksud di sini adalah campuran yang dibuat atau dijus dengan berbagai bahan antara lain campuran sayuran, aneka biji-bijian, gandum, beras merah, jawawut, dan lain-lain. Yang nantinya bisa dipersembahkan dalam bentuk cair (minuman) kepada burung nuri.

2. Biji-Bijian

Burung nuri umumnya lebih menyukai biji. Namun burung jenis paruh di bengkok ini lebih menyukai makanan yang disuguhkan oleh pemiliknya saat pertama kali burung ini dengan pemiliknya, nyatanya tidak semua burung nuri ini menyukai makanan seperti beberapa biji ini.

Beberapa biji-bijian tersebut adalah jagung, beras merah, kacang-kacangan, dan lain-lain. Beberapa biji ini memang bisa sangat membantu perkembangan burung nuri agar bisa tumbuh dengan baik, karena biji ini memang mengandung protein, zat besi dan vitamin yang baik untuk tubuh.

3. Sayur dan Buah Segar

Selain hal diatas, kita bisa menyediakan sayur dan buah segar yang bisa kita berikan sebagai makanan tambahan untuk burung nuri ini.

Tentunya anda sudah mengetahui kandungan sayur dan buah yang banyak mengandung vitamin dan mineral aktif, selain itu sayur dan buah sangat bisa membantu mengembangkan bulu burung nuri anda sehingga terlihat lebih ceria dan segar.

Sayur dan buah apa saja yang bisa kita berikan untuk nuri ini, antara lain brokoli, pisang, pepaya, kentang, buncis, wortel, tomat, apel, dan lainnya.

4. Suplemen dan Vaksin

Selain pemberian pakan, sebaiknya kita berikan pakan tambahan berupa suplemen atau vaksinasi, agar pertumbuhan burung nuri dapat terjaga dan terbebas dari berbagai macam penyakit yang dapat menyerang burung nuri secara bersamaan. Umumnya kita bisa mendapatkan vaksin tersebut dari toko khusus pakan burung.

BACA JUGA :  Burung Gelatik Batu : Harga, Makanan dan Suara

5. Voer Burung

Makanan jenis ini merupakan makanan yang dibuat dari berbagai jenis campuran. Seperti buah dan sayur, namun makanan ini lebih bagus karena dibuat dalam bentuk pelet.

Jadi anda tidak perlu repot mengolah pakan burung, namun burung anda tetap mendapatkan nutrisi dari kandungan pakan yang didapatkannya.

HARGA BURUNG NURI SAAT INI

BURUNG NURI Cara Merawat, Makanan, Harga Jual (Lengkap)

Burung nuri terkenal dengan harganya yang mahal karena jenis burung nuri berkisar antara Rp 600.000 hingga Rp 1 juta. Untuk burung nuri ambon ditaksir sekitar Rp 800.000, sedangkan untuk burung nuri papua bisa mencapai Rp 1,5 juta. Harga rata-rata seekor nuri yang dipelihara sebagai hewan peliharaan adalah sekitar 600.000 hingga 2.000.000 rupiah.

 

Akhir Kata

Demikianlah Cara merawat burung nuri, Seta makanan dan harga yang kami bagikan untuk anda. Semoga bermanfaat bagi kita semuanya. Itulah beberapa tips dan trik yang bisa dan bisa anda lakukan agar burung nuri anda lebih aktif dan pintar.