BURUNG MANYAR: Cara Menjinakan, Merawat, Makanan Serta Harga Burung (lengkap)

Berbicara tentang burung manyar, tentunya masih banyak lagi jenis burung manyar yang perlu sobat hargaburung.id ketahui. Adapun spesiesnya adalah burung bersayap emas, tempoy manyar, dan tympoy jambul manyar.

Burung manyar merupakan burung dengan ukuran tubuh yang terkecil. Dikarenakan ukuran tubuhnya yang kecil dibandingkan dengan jenis burung lainnya, seperti murai batu, burung lovebird, dan jenis burung penyanyi lainnya.

Burung manyar ini sering dijadikan sebagai burung penuntun bagi burung lain, karena memiliki kemampuan mengeluarkan kicauan yang sangat beragam.

Namun untuk mendapatkan kualitas terbaik, Nyanyian yang dikeluarkan burung tersebut. Tentunya harus dilakukan perawatan rutin setiap hari, agar burung tersebut dapat menghasilkan kicauan yang terbaik.

Langkah-langkah Menjinakkan Burung Kicau Manyar

Sebelum menjelaskan lebih lanjut tentang makanan burung manyar, pastikan burung tersebut sudah benar-benar dijinakkan terlebih dahulu. Agar tidak mengalami kesulitan saat latihan.

Langkah-Langkah Merawat Burung Manyar

Ada kemungkinan beberapa pemilik memiliki burung yang telah atau akan dipelihara sebagai hasil tangkapan liar atau dibeli dari pasar burung.

Intinya, tangkapan dari alam akan sedikit rumit jika dibandingkan dengan yang dibeli dari Pasar atau di penangkaran. Namun, bagaimana dengan melakukan perawatan secara rutin. Karena lebih memakan waktu dan akan berhasil dengan baik, asalkan rajin dan rutin dalam perawatannya.

Pilih Burung Manyar Kecil

Untuk beternak burung manyar sebagai indukan, sobat bisa memilih burung manyar dengan anakannya. Karena akan lebih mudah melatih anak manyar dibandingkan dengan memelihara burung manyar dewasa.

Sangkar Burung 

Kandang adalah rumah bagi burung, karena itulah yang penting bagi Anda dengan mengurus semua kebutuhan yang dimiliki burung manyar. Kenyamanan merupakan hal penting yang harus diterapkan di dalam kandang. Jauh dari hal-hal yang dapat mengganggu dan membuat burung manyar Anda stres.

Sebisa mungkin, jauhi tempat-tempat yang sangat ramai dan dari binatang berisik lainnya yang dapat membuatnya merasa terancam dan membuatnya stres. Selain kenyamanan, kebersihan kandang juga penting diperhatikan karena berkaitan dengan kesehatannya.

Kandang burung manyar cenderung kotor jika sudah sering digunakan. Hal ini disebabkan oleh sisa makanan yang membusuk dan kotoran yang menumpuk, yang dapat mengundang bakteri dan kuman. Yang sewaktu-waktu akan menyerang kesehatan burung manyar Anda.

Memandikan Burung Manyar

Memandikan burung manyar tentunya memiliki banyak manfaat bagi burung tersebut. Karena bulu-bulu yang kotor akibat bakteri dan kuman yang mungkin menempel dapat dibersihkan.

Untuk memandikan burung manyar dapat dilakukan dua kali sehari yaitu pagi dan sore hari. Untuk mandi pagi bisa dimulai dari jam 7 pagi dan sorenya bisa mandi dari jam 2 sampai jam 4 sore.

Menjemur Burung Manyar

Menjemur burung merupakan hal yang wajib dilakukan. Terutama pada pagi hari setelah mandi, selain dapat mengeringkan kembali bulu yang basah kuyup. Juga akan membuat burung manyar menjadi lebih segar dan baik untuk kesehatannya.

Namun, hindari menjemur burung manyar pada jam-jam saat matahari sangat terik, karena dapat menyebabkan sengatan panas yang akan membuat mereka sakit. Di pagi hari, jemur dari jam 7 sampai jam 10, dan jika sangat panas Anda bisa menutupi kandang dengan selembar kain, untuk memberi kesempatan burung berlindung, saat matahari terasa terlalu panas.

Pergantian Air Secara Berkala

Bagi sebagian kicau mania pemula, mereka tidak terlalu mempedulikan ketersediaan air bersih di dalam kandang. Meskipun hal ini sangat penting untuk kesehatan burung manyar mereka, namun ketika air tercemar kuman atau bakteri tentu akan membuat burung sakit.

Ganti air secara rutin 2 sampai 3 kali dalam seminggu, tergantung keadaan bila tidak lebih dari itu, asalkan air di dalam kandang tidak tercampur pakan berjamur di dalam air, bercampur kotoran burung dll.

Makanan Burung Supaya Cepat Gacor

Pakan Burung Manyar

Makanan burung manyar tentu menjadi hal yang perlu diperhatikan setiap hari bagi burung manyar, namun perhatikan asupan makanannya, agar bisa menjadi penyanyi yang sehat dan aktif.

Pada dasarnya Manyar sebagai jenis burung menyukai makanan dari berbagai macam biji-bijian, namun tidak hanya beberapa biji saja, burung manyar lebih menyukai makanan dari serangga-serangga kecil.

Mengingat banyaknya jenis makanan yang disukai oleh burung manyar, anda bisa memberikannya secara bergiliran setiap hari, agar burung tidak bosan hanya dengan makanan yang diberikan dan yang diperlukan dengan memberikan makanan secara bergiliran. Penuhi kebutuhan burung manyar anda dengan nutrisi tepat.

Beras Merah 

Beras memiliki banyak jenis yang dapat dilihat melalui warnanya, terutama beras merah ini memiliki bentuk yang tidak jauh berbeda dengan beras pada umumnya, serta memiliki warna merah yang terlihat tua.

Nilai gizi beras merah ini tentunya sangat baik untuk burung manyar dewasa dan juga bisa dijadikan makanan anakannya, karena memiliki nilai gizi yang baik untuk pertumbuhan tubuh dan tulang burung manyar.

Kandungan fosfor dan selenium yang dilengkapi dengan berbagai nutrisi lain seperti vitamin B, 7% serat, protein, 85% karbohidrat, magnesium, potasium, dan kalsium.

Beras merah memiliki manfaat yang dapat membuat berat badan burung manyar menjadi lebih baik, karena mengandung sedikit kalori dan memiliki manfaat yang dapat menjaga metabolisme burung manyar dalam tubuh.

Jeli

Merupakan pakan yang banyak di gemari oleh burung termasuk pakan burung salah satunya adalah Jeli, dan tentunya manfaatnya tidak dapat dipisahkan, pakan Jeli akan membuat burung semakin giat dan rajin berkicau.

Untuk memberikan Jeli pada burung rangrang, boleh terus diberikan, atau bisa juga di rendam terlebih dahulu, agar menjadi lunak agar bisa diberikan pada burung manyar. Anda juga bisa menambahkannya dengan pakan lain, seperti putih telur.

Sereal atau Nasi

Gabah atau beras tidak jauh berbeda dengan beras merah, perbedaannya hanya beras sebagai pakan memiliki kulit yang belum dipisahkan dari berasnya.

Bicara soal kandungan, tidak jauh berbeda jika sebutir biji-bijian, sebutir beras merah, namun secara umum, sebutir jenis apapun mengandung magnesium, protein, dan karbohidrat yang cukup untuk kebutuhan makan burung manyar.

Makanan Tambahan

Sama seperti yang dipaparkan sebelumnya, kecuali beberapa biji, burung manyar suka diberi makan oleh serangga kecil. Sedangkan makanan yang bisa ditawarkan burung manyar antara lain ulat hongkong, kroto, belalang, dan jangkrik.

Kandungan protein pada hijauan serangga kecil cukup banyak, sehingga baik untuk pertumbuhan burung. Selain nilai gizi lain yang ada dari serangga kecil ini, mereka menjadi sahabat yang tidak dimiliki oleh berbagai sereal. Sehingga burung selain sehat juga bisa membuatnya lebih aktif dan rajin berkicau.

Daftar Harga Burung Manyar Terbaru

JENIS BURUNG MANYAR HARGA
Burung Manyar Gacoran Rp 500.000
Burung Manyar Bakalan Rp 100.000 – Rp 150.000
Burung Manyar Kembang Rp 200.000 – Rp 300.000
Burung Manyar Emas Rp 300.000 – Rp 400.000
Burung Manyar Kepala Emas Rp 250.000 – Rp 350.000
Burung Manyar Full Gacor Rp 600.000
Burung Manyar Jantan Rp 125.000
Burung Manyar Betina Rp 100.000

Akhir Kata

Nah, sekarang anda telah mengetahui mengenai Cara menjinakan merawat burung manyar, cara menjinakkan burung rangrang, cara merawat burung rangrang yang bisa digunakan saat ini untuk burung kesayangannya.