Burung Gelatik Batu : Harga, Makanan dan Suara

Pecinta kicau mania pasti sudah tidak asing dengan burung yang satu ini, yakni burung Gelatik Batu. Spesies dari burung gelatik ini secara keseluruhan jumlahnya mencapai 24 dan masuk genus parus di seluruh dunia. 

Salah satu yang paling populer dari spesies tersebut yakni gelatik batu sejati. Nama ilmiahnya adalah paruh major dengan 14 subspesies. Ada 3 jenis gelatik batu yang ada di Indonesia, seperti gelatik wingko. Inilah nama jenis burung gelatik batu dan habitatnya di Indonesia. 

Parus cinereus cinereus, berhabitat di Pulau Bali, Jawa, serta Nusa Tenggara. Parus cinereus ambiguus, berhabitat di Semenanjung Malaysia dan Sumatera. Ada juga Parus cinereus sarawacencis, berhabitat di Pulau Kalimantan, utamanya di wilayah Barat Laut. 

Baca Juga : Makanan Burung Opior Jawa

Makanan Burung Gelatik Batu

Burung Gelatik Batu
Sumber : https://id.wikipedia.org/wiki/Gelatik-batu_kelabu

Menjaga kesehatan burung gelatik batu tidaklah mudah. Anda harus memberinya makan yang sesuai. Inilah makanannya : 

1. Biji Oat 

Makanan ini diberikan saat burung sakit, biji oat mempunyai kandungan karbohidrat, kalor, serta protein yang sangat bagus untuk burung. Makanan ini bisa meningkatkan mood baik burung tersebut agar tidak gampang stres. 

Membantu pertumbuhan bulu, menjaga kesehatan pencernaan burung, mencegah iritasi kulit, kolesterol juga meningkatkan pertumbuhan anak gelatik batu.  

2. Millet

Tambahan makanan ini harus Anda berikan setiap hari. Berikan millet putih yang sifatnya netral atau millet merah yang berfungsi menjaga kestabilan birahi burung. 

3. Jagung Manis

Kandungan pada jagung manis adalah vitamin B, C, beda karoten serta cryptoxanthin. Vitamin ini berguna menambah kekebalan tubuh dan otot burung. 

BACA JUGA :  Cara Merawat Cucak Ijo Trotol Agar Cepat Bunyi

Sebelum memberi makanan ini ke burung, Anda hancurkan jagung menggunakan mesin pembersih biji-bijian yang bisa membuang kotoran dan bahan berbahaya untuk pencernaan burung. 

4. Biji Kenari

Jenis makanan tambahan yang bisa bikin gelatik batu lebih gacor. Manfaat biji kenari adalah bisa memperbaiki suara yang serak berubah nyaring. Bisa meningkatkan stamina serta menyegarkan tubuh burung. 

5. Polen Atau Serbuk Sari

Makanan ini asalnya dari tumbuhan dan bunga, bentuknya tepung atau serbuk. Polen mempunyai kandungan gizi tinggi dan bisa diberikan dengan mencampurkan pakai pakan biji bisa juga di pisah. Sesuaikan dengan selera burung. 

6. Buah-Buahan Yang Manis

Memberikan buah-buahan seperti pisang, mangga, pepaya, dan sebagainya sangat dianjurkan. Namun sebelum memberikan makanan ini ke burung, Anda rendam dahulu buah-buahan tersebut pakai air garam. 

Hal ini bertujuan menghilangkan sisa toksin juga pestisida di buah yang dibeli dari pasar. Anda juga harus mengirisnya terlebih dulu. Sisa air rendaman yang ada di buah bisa meningkatkan daya burung supaya semakin aktif dan rajin berkicau. 

7. Biskuit Bayi

Jenis makanan satu ini juga cocok diberikan ke burung gelatik, seperti sereal, bubur bayi, dan biskuit bayi. Makanan ini juga bisa sebagai pakan tambahan burung gelatik. Ada banyak kandungan nutrisi dalam makanan ini yang bisa membuat burung semakin aktif berbunyi dan sehat. 

Anda bisa memberikan makanan ini dengan dicampur air, aduk hingga jadi bubur. Bisa juga diberikan dalam bentuk remahan. Intinya sesuaikan dengan cara makan burung. 

8. Sayuran Segar

Kandungan pada sayuran segara memang banyak mineral dan vitamin yang sangat bermanfaat dalam menjaga kondisi tubuh supaya tidak mudah terkena penyakit. Anda Bisa berikan wortel, kangkung, seledri, tauge, kacang panjang, dan sawi yang sangat disarankan untuk burung. 

BACA JUGA :  Jenis Burung Murai Populer Asli Indonesia

Pakan ini cukup mudah diberikan ke burung, cukup dicuci bersih lanjut dipotong kecil-kecil halus supaya burung mudah memakannya. 

9. Voer

jenis pakan burung gelatik batu ini super praktis dan punya kandungan mineral, vitamin, hingga protein yang khusus didesain supaya burung bisa berkicau lebih gacor. Anda bisa temukan banyak merek voer burung sekarang ini yang bisa dibeli di toko pakan burung baik online maupun offline. 

10. Nektar Serta Air Gula

Sari bunga atau nektar adalah cairan yang punya rasa manis seperti gula yang ada di dalam tumbuhan atau bunga. Nektar ini bisa jadi makanan alami untuk burung gelatik yang hidup di alam liar. 

Tenang saja, pakan ini bisa dibeli online maupun offline di toko pakan burung. Nektar bisa diberikan ke burung dengan mencampurkan air mineral dan gula perbandingannya 1 : 4. Supaya hasil lebih maksimal bisa diberikan pada burung 2-3 kali seminggu. 

Harga Burung Gelatik Batu Terbaru

Burung Gelatik Batu
Sumber : https://id.wikipedia.org/wiki/Gelatik-batu_kelabu

Burung gelatik per jenisnya punya harga yang berbeda. Hal ini disesuaikan dengan kualitas dan ciri masing-masing. Untuk harga gelatik batu ombyokan jelas lebih murah dibandingkan dengan jenis burung gelatik yang lain. 

Melihat harganya yang cukup terjangkau, banyak pecinta burung kicauan yang memilih beli burung yang masih bahan. Burung bisa dirawat dengan sabar untuk membuahkan hasil yang lebih bagus dan jika perawatan benar burung akan semakin gacor. 

Baca Juga : Harga Burung Gelatik

Perkiraan harga dari satu daerah dengan daerah lain tentunya berbeda-beda, Hal ini wajar karena dihitung dari biaya perawatan yang berbeda juga. Inilah perkiraan harga dari burung gelatik yang bisa Anda jadikan referensi sebelum membeli : 

1. Burung gelatik batu kisaran harga Rp 100.000 – Rp 150.000

2. Burung Gelatik Jawa kisaran harga Rp 100.000 – Rp 300.000

3. Burung Gelatik Wingko kisaran harga Rp 80.000 – Rp 300.000 

BACA JUGA :  Manfaat Memberi Makan Burung Secara Manual Dengan Tangan

4. Burung Gelatik Putih kisaran harga Rp 1.000.000

5. Burung Gelatik Belong kisaran harga Rp 150.000 – Rp 250.000

6. Burung Gelatik Gacor kisaran harga Rp 500.000

7. Burung Gelatik Silver kisaran harga Rp 750.000

8. Burung Gelatik Batu Gacor kisaran harga Rp 500.000

Suara Burung Gelatik Batu

Suara burung gelatik yang indah sangat di idam-idamkan oleh pecinta burung kicau. Meski gelatik batu punya ukuran tubuh yang kecil dan terlihat lucu. Tetapi suara yang dihasilkan tidak kalah dengan burung kicau yang lain. 

Cek Sound Suara Burung Gelatik Batu Gacor

Burung ini mudah dikenali sebab punya ciri tubuh warnanya putih dan hitam. Burung gelatik batu mudah dirawat di lingkungan baru, jadi sangat cocok digunakan untuk jadi burung masteran.  

Agar suara burung gelatik semakin indah, Anda bisa merawat dan melatih burung gelatik supaya lebih gacor dengan cara berikut : 

  1. Memandikan burung setiap pagi, biasanya pukul 7 atau tergantung situasi. 
  2. Jemur kurang lebih 1-2 jam, tergantung cuaca. 
  3. Berikan makanan yang cukup. Jangan sampai telat atau lupa memberi burung pakan. 
  4. berikan makanan tambahan yakni Extra Fooding. Contohnya jangkrik, berikan yang ukuran kecil di sore dan pagi hari 1-2 ekor. 
  5. Lakukan pemasteran suara. Bisa melalui suara burung langsung, seperti dengan didekatkan pada burung yang sudah punya suara unik dan indah. Usahakan burung tersebut sudah gacor, misalnya sesama burung kenari, gelatik, serta burung lain. Anda bisa juga pakai suara burung dengan bentuk MP3 
  6. Buatlah suasana sekitar rama dengan burung jadi burung merasa aman. 

Itulah Informasi tentang perawatan hingga suara burung gelatik batu yang bisa Anda coba dengan mudah. Perawatan burung yang baik juga menentukan kualitas gacor tidaknya si burung, bahkan semakin gacor burung harganya pun juga semakin mahal. Semoga membantu.