Cara Merawat Burung Cucak Ranting

Cara Merawat Burung Cucak Ranting Tahun 2023 – Burung Cucak Ranting atau sering disebut dengan nama Cucak Rante. Adalah jenis burung yang punya ciri-ciri fisik yang hampir serupa dengan tipe burung cucak ijo. Karena, tipe burung satu ini termasuk juga dalam kelompok spesies yang serupa. Akan tetapi yang bisa membandingkan kedua tipe burung itu yakni warnanya yang kuning pada bagian kepalanya dan bentuk badannya yang sedikit terlihat kecil dibandingkan burung cucak ijo. Dan, harga dari burung cucak ranting tersebut sedikit murah dibandingkan pada harga burung cucak ijo.

Bagi sobat sebagai pencinta burung kicau ini, karenanya penting dipahami jika tipe burung cucak ini banyak pula yang menggemarinya. Karena, kicauannya burung cucak ranting ini. Sangat serupa suaranya dengan kicauan yang di keluarkan oleh burung cucak ijo. Burung cucak ranting ini kerap di sebut juga burung cica daun sayap biru. Tipe burung cucak ranting tersebut dapat ditemui di beberapa toko burung atau pasar burung. Umumnya, sobat bisa mendapatinya mempunyai supa seperti burung bakalan.

Burung ini memiliki bentuk badan sampai 17cm. Bulu-bulunya burung ini warnanya hijau terang dengan sayapnya berwarna biru serta bagian tenggorokannya berwarna hitam jika jenisnya jantan. DiKalimantan mempunyai tipe spesies yang serupa dengan burung cucak ranting. Burung ini sering dinamakan cica daun Kalimantan. Namun yang membedakannya yakni ukuran badannya yang lebih besar serta performa burung tipe jantan dan betina ini hampir serupa.

Cara Merawat Burung Cucak Ranting

Agar burung cucak ranting tersebut semakin sehat dan rajin mengeluarkan bunyi, karenanya sobat wajib melakukan perawatan harian secara teratur. Beragam jenis pola perawatannya agar burung cucak ranting tersebut selalu sehat, rajin bunyi serta aktif, caranya sebagaimana berikut ini.

Pertama, sobat diwajibkan melakukan pengembunan secara teratur dan rutin serta harus tetap mencermati keadaan cuaca ketika itu. Setelah mataharinya mulai muncul, mandikanlah burungnya dengan memakai cara penyemprotan atau dikaramba.

Sembari di mandikan, sobat bisa melatih burungnya supaya cepat jinak dengan memberinya serangga. Misalnya jangkrik atau ulat bulu. setelah itu, sobat harus juga membersihkan sangkar burungnya dari bermacam-macam kotoran yang melekat didalam sangkarnya.

Sesudah sobat memandikannya. burung itu, selanjutnya beri ia buah pisang kepok putih dan sesendok teh kroto. Selain itu, sobat bisa juga memberinya 2-3ekor jangkrik serta jemurlah burung tersebut dibawah cahaya matahari pagi. Dan Sobat bisa menjemurnya selama sejam.

Menjelang siang, Bole pindahkan burung ke tempat yang terlihat teduh, dan selalu dimaster dengan memutarkan suara masterannya. Selain dari pada itu sobat bisa menyandingkannya dengan burung masteran. Di waktu sore hari, sobat mesti memberinya makanan tambahan yang berbentuk jangkrik atau ulat bulu.

Pada waktu malam hingga pagi harinya, sobat bisa menkerodong sangkarnya dengan penuh. Agar burung cucak ranting sobat bisa istirahat secara keseluruhan.

Makanan Burung Cucak Ranting

Makanan untuk burung cucak ranting harus sering bervariasi. Salah satunya berbentuk buah-buahan segar, ulat serta serangga. Buah-buahan itu salah satunya buah pisang kepok.

Burung cucak ranting ini pula bisa diberikan makanan yang berbentuk ulat atau serangga. Serangga adalah salah satu sumber protein buat burung peliharaan sobat. Dan untuk buahnya kaya akan vitamin dan serat yang baik bagi pencernaan burung peliharaan sobat.

Umumnya tipe burung cucak ranting ini kerap terbang serta kerap dijumpai dalam hutan. Dalam keseharian burungnya, tipe burung ini sering menyukai berada didalam puncak pohon yang besar. Hidupnya kerap berpasang-pasangan serta nampak soliter. Burung cucak ranting ini jarang sekali terlihat berbaur dengan tipe burung yang lain.

Agar dapat membuat burungnya cepat berkicau, sobat harus mencegah dari menjauhkan dari tipe burung besar. Dikarenakan burung yang besar itu bisa membuat burung cucak ranting terlihat ketakutan dan tak mau mengeluarkan suara burungnya.

Akhir Kata

Demikianlah artikel ini kami buat untuk anda yang sedang mencari cara merawat burung cucak ranting, terimakasih. dan sampai bertemu kembali di artikel selanjutnya.