Cara Persilangan Kenari dengan Emprit Jepang

Persilangan Kenari dengan Emprit Jepang adalah pertanyaan dari beberapa penangkar. Emprit Jepang memiliki bentuk tubuh yang sangat lembut dan anggun. Daya tariknya bertambah ketika burung ini berkicau. Selain keindahan warna bulunya sebagai ciri khas. Ciri lainnya adalah burung jenis ini dikenal sebagai induk yang baik. Induk Emprit Jepang akan merawat telur-telur itu dengan baik dan mengawasinya. Melihat berbagai kelebihan burung ini, tidak heran jika ada yang mencoba menyilangkan burung Emprit Jepang dengan burung kenari.

Cara Persilangan Kenari dengan Emprit Jepang
Cara Persilangan Kenari dengan Emprit Jepang

Persilangan Kenari dengan Emprit Jepang sebagai upaya untuk mendapatkan burung kenari kualitas hibrid. Namun, apakah kedua jenis burung ini bisa disilangkan? Beberapa peternak kenari sering melakukan percobaan yang tidak biasa pada kenari penangkaran. Dan hal ini harus dilakukan untuk mendapatkan hasil yang sesuai dengan yang diharapkan yaitu burung yang sehat, menarik, berkicau dengan baik, serta dalam kondisi fisik dan moral yang baik. Baru-baru ini, ada kecenderungan menyilangkan burung kenari dengan kutilang untuk menghasilkan keturunan yang dikenal sebagai burung kenari hibrid atau burung kenari mule. Green Finch dan Gold Finch sebagai spesies finch menunjukkan hasil positif saat disilangkan dengan spesies kenari biasa. Jadi, mungkinkah Finch Society atau yang dikenal sebagai Emprit Japan berhasil?

Persilangan Kenari dengan Emprit Jepang

Cara Persilangan Kenari dengan Emprit Jepang

Persilangan antara kenari dan kutilang dapat menghasilkan kenari hibrid yang memiliki kemampuan berkicau dengan irama yang berbeda. Irama bisa lebih panjang dari pada ke dua indukannya. Diharapkan hasil persilangan ini akan menghasilkan penyanyi yang mendekati level pertama, perpaduan antara kemampuan vokal Kenari dan melodi Finch. Burung hibrid ini lebih menarik dan anggun dibandingkan induknya. Lantas, bagaimana hasil persilangan Emprit Jepang dengan Kenari? Emprit Jepang adalah salah satu jenis kutilang yang paling umum. Keinginan para penangkar adalah agar hasil persilangan harus sebaik hasil persilangan dengan spesies Green Finch atau Gold Finch.

Panduan beternak Emprit Jepang dengan mengetahui jenis pakan ternak dan masa produksinya

Cara Persilangan Kenari dengan Emprit Jepang

Jika Anda ingin mencoba mengawinkan Emprit Jepang dengan Kenari, pastikan keduanya sehat dan siap kawin. Kenari yang digunakan umumnya betina, sehingga burung pipit komunitas Jepang atau community sparrow yang digunakan adalah yang jantan. Persiapkan burung kenari jantan untuk memikat hasrat burung kenari betina di awal perjodohan. Pisahkan burung terlebih dahulu, karena makanan dan kebutuhannya berbeda. Anda dapat menggunakan sangkar berinsulasi untuk memisahkan kedua burung tersebut, tetapi biarkan keduanya agar keduanya dapat mengawasi hingga keduanya siap untuk dicocokkan.

Selanjutnya siapkan kotak sarang, dan tempatkan pada kandang tempat kenari betina ditempatkan. Kenari betina akan mulai merapikan sarangnya ketika sudah siap kawin. Untuk mempercepat birahi burung kenari betina, Anda bisa memasang burung kenari jantan di dekat sangkar, namun jangan sampai burung kenari betina melihatnya. Jika burung kenari betina menyiapkan sarang, ini pertanda dia sudah siap untuk kawin. Saat itu, kenari jantan sudah bisa diperlihatkan kepada kenari betina. Ketika birahi betina lebih tinggi, buka penghalang yang memisahkan kenari betina dan kutilang, sehingga ia dapat memulai ritual kawin. Proses melintasi Jepang dengan kacang siap dimulai. Karena kutilang jenis ini pemalu, terutama saat waktunya kawin, Anda perlu bersembunyi agar EmpritJepang tidak melihat Anda.

Jika burung sudah selesai melakukan ritual kawin, pisahkan indukan dari sangkar Kenari, agar indukan betina dapat memulai proses bertelur. Telur menetas dalam waktu dua minggu, dan akan siap meninggalkan sarang saat berumur 16-19 hari. Saat anak ayam sudah berani keluar sarang, inilah saatnya memberi mereka rasa menggunakan kicau burung. Anda dapat menggunakan Kenari atau master pria berkualitas tinggi di media elektronik seperti MP3. Hal ini penting dilakukan agar hasil persilangan kontras dan diisi dengan kicauan ritmis.

Akhir Kata

Demikianlah pembahasan mengenai persilangan Emprit Jepang dengan Kenari. Semoga bermanfaat.